Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:52 WIB | Jumat, 29 September 2017

Acara Akhir Pekan 30 September - 1 Oktober 2017

Ilustrasi. Flyer undangan pertunjukkan orkestra Most Favorite Opera Arias oleh Orkestra Simfoni Nusantara. (Foto: ciputraartpreneur.com)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan di akhir September akan diramaikan dengan berbagai acara, antara lain pertunjukkan tarian, perunjukan orkestra opera, festival film internasional, festival kuliner, belajar merangkai terrarium festival budaya, dan yang menyukai kerajinan asli indonesia akan ada pameran kerajinan nusantara 2017 yang tentunya akan menampilkan karya-karya unik dari berbagai darah di Indonesia.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu 30 September

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00 WIB, Pertunjukkan Tarian dan Nyanyian Rindu Langkah Pulang oleh Ningrum Syavkat Bersama Memed Junio dan Cindy

Ningrum adalah seorang wanita dengan wajah Jawa yang kental, tetapi Jawa tempat ia tinggal saat ini bukanlah “Rumah” yang sesungguhnya ia rindukan. Ia lahir dan besar di Papua. Dengan beragam budaya lokal yang ia kenal, yang ia ketahui dan ia rindukan, ia merasa sangat ingin melangkah pulang.

Dalam pertunjukan ini, Ningrum akan bercerita dalam narasi, nyanyian dan tarian tentang Papua, Indonesia bagian timur dengan segala macam keindahan dan ciri khas masyarakat beserta tradisinya. Pulau yang terletak di ujung Timur Indonesia, yang mempengaruhi diri dan jiwanya dalam proses pendewasaan untuk menjalani hidupnya di bagian barat Indonesia untuk hidupnya saat ini. Hingga akhirnya ia menyadari bahwa kekosongan dalam diri dan jiwanya dikarenakan kerinduan untuk pulang ke rumahnya, yaitu Papua.

Sekretariat Baru Sobat Budaya, Jalan Tebet Barat Dalam IV No. 6, Jaksel, Pukul. 13.30– 16.00 WIB, Diskusi dan refleksi “Sewindu Hari Batik Nasional”

Refleksi “Sewindu Hari Batik Nasional” ini akan dibawa dalam diskusi Omongan Budayo vol. 12. Acara ini diselenggarakan oleh  Sobat Budaya, yakni sebuah komunitas pemuda yang berupaya melestarikan budaya tradisional Indonesia melalui gerakan sejuta data budaya (GSDB). GSDB merupakan suatu upaya gotong royong untuk membangun perpustakaan digital budaya Indonesia (PDBI) dengan alamat situs www.budaya-indonesia.org.  Juga oleh Bandung Fe Institute (BFI) yang merupakan lembaga riset kompleksitas pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2002. Bandung Fe Instutite telah menghasilkan puluhan hasil riset kompleksitas yang bisa dilihat di laman http://bandungfe.net/ dan jurnalisme data sains Indonesia yang bisa dibaca di https://bfinews.com/.

Nara Hubung: Regina (Networking Sobat Budaya), Ph.0878-0726-7067

Ciputra Artpreneur Theater, Pukul 20.00 WIB, Pertunjukkan  Orkestra Most Favorite Opera Arias oleh Orkestra Simfoni Nusantara

Orkestra Simfoni Nusantara menyajikan malam the Most Favorite Opera Arias, seperti Johan Strauss, Verdi, Bizet, Mozart, Puccini, dan Wagner. Dilakukan oleh American Guest Conductor ternama, Robert Nordling. Menampilkan salah satu soprano terbaik di Indonesia, Aning Katamsi, dan juga Anna Migallos (penyanyi sopran asal Filipina), Diani Sitompul, Untung Siahaan, dan Harland Hutabarat.

Harga tiket: Platinum Rp 1.500.000, Emas Rp 750.000, Perak Rp 500.000, Perunggu Rp 250.000, Pelajar Rp 150.000.

Untuk membeli tiket, silahkan hubungi: Thina: 085781436755, Minnie: 08161828174

Teater Cinemaxx Lippo Mall Kuta, Festival Film Internasional Balinale 2017

Acara berlangsung pada Minggu (24/9) – Sabtu (30/9)

Balinale dengan bangga mempersembahkan 108 film dari 42 negara mulai dari fitur, film dokumenter dan pendek, dengan kualitas sempurna dan mengisahkan cerita yang unik dan terinspirasi oleh pembuat film berbakat,  dengan tema  tahun ini  adalah  Connecting Communities from the World of Film.

Tahun ini, Festival Film Internasional Bali kembali untuk tahun ke 11 membawa film nasional dan internasional yang terkenal ke permukaan. Balinale 2017 akan membawa lebih banyak pecinta layar lebar, ke festival spesial ini, di mana sutradara, aktor, penulis naskah, dan lebih terkenal berkumpul dan menikmati seni film.

Diakui secara internasional untuk keragaman pemrogramannya yang terdiri dari film fiksi, dokumenter, film pendek dan fiksi. Festival Film Internasional Bali yang dikenal sebagai Balinale, merupakan acara yang berkualitas di mana para pembuat film internasional dapat menikmati cara santai dan akrab di festival ini sambil mendiskusikan film, tren, peluang produksi bersama dan tuntutan industri yang semakin cepat.

Info dan kontak: Telp: 0361-270908, Facebook: BALINALE International Film Festival, Twitter: @BALINALE, Instagram: @ bali.nale Website: balinale.com

F3 Atrium fX Sudirman, Jakarta, Pukul. 10.00-21.00 WIB, Festifal Kuliner  Food Galore

Acara berlangsung pada Kamis (14/9) - Sabtu (30/9)

Masih bingung mau makan siang dimana? Yuk ke f3 fX Sudirman, ada Food Galore yang berisi berbagai macam makanan dan minuman, salah satunya Sate Padang Ajo Ramon yang sudah terkenal karena kelezatannya.

Daftar kuliner: Cilok, Tahu Gejrot, Bakso Mas Gendats, Sate Padang Ajo Ramon, Pempek Kenten, Siomay Salmon, Kue Rangi, Kue Lekker, Toge Goreng, Arumanis Kerupuk, Tape Uli, Rujak Bebek, Rujak Aceh, Kerak Telor, Ayam Gepruk Mbok Kriwil, Tahu Bakso, Gudeg Pejompongan, Serabi Solo Notosuman dan masih banyak lagi.

Info dan kontak: Telp: 021-25554600, Facebook: fX Sudirman, Twitter & Instagram: @fxsudirman, Website: fXSudirman.com

CO&CO Space, Dipati Ukur no. 5, Bandung,  Workshop Belajar Merangkai Terrarium Sendiri

Apa saja yang dipelajari? Pengenalan dasar mengenai terrarium, pengenalan dasar perbedaan kaktus & Sukulen, pemilihan media tanam yang baik, langkah-langkah merangkai tanaman di terrarium (dapatkan tips gratis). Belajar estetika dari merangkai terrarium untuk membuatnya sesuai selera seni anda (anda dapat memilih tanaman yang anda sukai dari yang kami sediakan & sesuai jumlah yang ditentukan), belajar mendekor terrarium, cara merawat terrarium, dan praktik membuat terrarium (saat di kelas workshop).

Apa saja yang anda dapatkan? Workshop Modul, Air Mineral, Wadah Kaca (Terrarium), Tanaman (Kaktus, Sukulen) & Dekorasi Material (termasuk huruf scrabble dari kayu), Voucher Exclusive dari Luxeova Atelier untuk membelanjakan produk mereka, Terrarium yang anda buat bisa dibawa pulang (alat tidak di bawa pulang), Alat & bahan disediakan oleh Luxeova Atelier.

Biaya Pendaftaran: Rp 500.000/orang

Info dan Kontak: Website: www.luxeova.com, mail: workshop@luxeova.com atau info@luxeova.com, Line id: @luxeova (with @), Instagram: @luxeova, Facebook Page: Luxeova Atelie

Lotte Mart Lt. 2 Bintaro Jakarta, Pukul 09.00 -21.00, K-Fish Korea Seafood Festival 2017

Acara ini akan menyuguhkan hidangan seafood terbaik dari Korea. Selain mencicipi makanan khas Korea, pengunjung juga bisa berfoto di photo booth dan menyaksikan cooking show.

Untuk keterangan lebih lanjut soal agenda acara sepanjang gelaran K-Festival 2017, kamu bisa mengakses id.korean-culture.org.

Ajang tahunan yang menyuguhkan beragam kekayaan budaya, kuliner hingga industri hiburan Korea Selatan kembali digelar. Korea Festival atau K-Festival 2017 akan mulai digelar pada 2 September hingga 1 Oktober. Selama sebulan penuh, masyarakat Indonesia bisa menikmati begitu banyak aktivitas berbau Korea.  

Minggu 1 Oktober 

Jl. Batu Ampar 1, Condet – Jakarta Timur, Pukul: 08.00-22.00 WIB, Festival Budaya Gebyar Budaya Condet 2

Acara berlangsung pada Sabtu (30/9) – Minggu (1/10)

Acara : Pageralan seni budaya Betawi, Rekreasi anak, dan keluarga, Bazaar produksi Betawi, Bazzar kuliner Betawi dan nusantara, Bazaar unik dan fashion, Bazaar UKM dan multi produk.

Booth Reservation !! Price : Rp.2.000.000, Stand Terbatas. Lestari 0838.9134.0811 (Hp/Wa), Ulan 0838.0690.1642 (Hp/Wa), Ofiice 021. 8430 7613

Balai Sudirman, Jakarta Selatan, Pameran IT Main Event CompFest 9

Main Event CompFest 9 akan diselenggarakan pada Sabtu (30/9) -  Minggu (1/10)

Acara:  Pameran IT berkonsep gamifikasi dengan 60++ exhibitors, seperti Agate Studio, AR&CO, dan lainnya. Disini, dapat bermain dan  mencoba teknologi terbaru dan membawa pulang berbagai merchandise gratis. Akan ada 3 Seminar dengan topik Social Startup, Digital Marketing, dan Creativepreneur yang dapat kamu ikuti. Untuk mengikuti Seminar, daftarkan dirimu di https://compfest.web.id/event/seminar.

Kamu juga dapat menikmati berbagai hiburan di panggung Main Event CompFest 9. Akan ada penampilan dari Eupho, Starcruise Enterprise, Mafia Pemantik Qolbu, The Cleantones, The Tremolo, dan lainnya. Jangan lewatkan juga penampilan spesial dari Maliq & D'Essentials.

 Main Event CompFest 9, gratis dan terbuka untuk umum.

 Untuk info lebih lanjut, klik https://compfest.web.id

JCC Hall A dan B Senayan Jakarta , Pukul 10.00-21.00 WIB, Pameran KiyaNusa 2017

Acara pada Rabu (27/9) – Minggu (1/10)  

Kriya Nusa memang merupakan ikon pameran kerajinan yang digelar oleh Dekranas. Para peserta pameran adalah Dekranasda, perajin binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), peserta mandiri, dan perwakilan perajin negeri sahabat anggota World Craft Council.

Tema Pameran Kriyanusa Tahun 2017 adalah meningkatkan kreativitas wirausaha muda dalam hal kriya Indonesia.

Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta juga peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM). Sejak berdiri pada 3 Maret 1980, Dekranas menjadi elemen penggerak di industri kerajinan, serta telah menjalankan perannya sebagai mitra pemerintah dalam membina juga mengembangkan tradisi dan warisan budaya dalam membuat kerajinan yang semakin bermutu dan berdaya saing di seluruh wilayah nusantara.

 

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home