Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:33 WIB | Jumat, 05 April 2019

Acara Akhir Pekan 6 –7 April 2019

Pergelaran Wayang Roro Jonggrang oleh Wayang Suket, di Galeri Indonesia Kaya pada Sabtu (6/4). (Foto: indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Pergelaran wayang, teater, drama musikal, wedding festival (IIWF) 2019, kidz station warehouse sale 2019, bazaar buku, pameran Smart Home & City 2019, pameran Indo Beauty Expo, Kowani Fair 2019, akan memeriahkan akhir pekan Anda di awal bulan April ini. Selain itu ada beberapa acara di luar Ibukota yang tidak kalah menarik, yakni festival kuliner di Solo dan Bandung, festival sejuta buku Jateng 2019 di Semarang, dan festival Pesona Teluk Tomini 2019.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 6 April 2019

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pergelaran Wayang Roro Jonggrang oleh Wayang Suket

Pementasan Wayang Suket membawakan cerita rakyat dari Jawa Tengah yang berjudul “Roro Jonggrang”, kisah tentang seribu candi di balik cinta seorang pangeran kepada seorang putri cantik jelita, yang berakhir dengan dikutuknya sang putri akibat tipu muslihat yang dilakukannya.

Pementasan ini akan dikemas dengan menampilkan pertunjukan Wayang Suket dengan teknik bayangan (Shadow Art Techniques), menggabungkan perpaduan antara Wayang Suket dan seni visual bayangan.

Wayang Suket terbuat dari rumput mendong yang dianyam hingga membentuk karakter-karakter dan tokoh-tokoh yang dibutuhkan dalam cerita Roro Jonggrang yang akan dibawakan. Selain bentuk karakter dan tokoh, juga akan dibuat wayang dengan bentuk candi dan properti lain yang dibutuhkan dan digunakan untuk dapat lebih mendukung visual art yang ditampilkan. Visual art yang ditampilkan, akan menggunakan teknik bayangan, menggunakan over head projector (OHP) sebagai medianya. Material yang digunakan untuk pembuatan properti pada visual art juga sebagian besar menggunakan rumput, namun juga menggunakan material lain yang dapat memberikan efek-efek tertentu seperti air, plastik mika berwarna, tinta, dan lainnya.

Musik yang mengiringi pementasan ini adalah jenis musik kontemporer, yang memadukan beberapa jenis alat musik modern dan tradisional, seperti gitar, synthesizer, perkusi, suling, karinding, dan lainnya.

Kelompok kecil “Wayang Suket Indonesia”mencoba mengangkat kembali dan melestarikan Wayang Suket yang merupakan salah satu warisan kesenian budaya dan kearifan lokal Bangsa Indonesia. Visi yang diemban kelompok ini adalah menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mempunyai Wayang Suket - sebuah warisan kesenian budaya dan kearifan lokal bangsa yang sangat mengagumkan.

Jakarta Convention Center (JCC), Indonesia International Wedding Festival (IIWF) 2019

Acara berlangsung pada Jumat (5/4) – Minggu (7/4).

Weddingku bekerja sama dengan Dyandra Promosindo menggelar Indonesia International Wedding Festival untuk ketiga kalinya, di Jakarta Convention Center.

Indonesia International Wedding Festival ini akan memfokuskan diri sebagai pameran pernikahan dan bulan madu terbesar di awal tahun. Kesemuanya bertujuan membantu para calon pengantin dalam mempersiapkan kebutuhan utama pesta pernikahan mereka.

Lebih dari 300 vendor pernikahan dari Jakarta dan Bali akan berpartisipasi dan meramaikan pameran pernikahan ini. Dan, awal tahun menjadi momen yang tepat bagi para calon pengantin yang sedang mempersiapkan pesta pernikahan mereka di tahun 2019 atau tahun berikutnya.

Semua kebutuhan pesta pernikahan dapat terpenuhi, dengan hadirnya vendor-vendor pernikahan terpercaya. Calon pengantin dapat mencoba lebih dari 200 gaun pengantin, terinspirasi oleh dekorasi-dekorasi menawan, berkonsultasi langsung dengan hotel-hotel bintang lima dan beragam venue pernikahan lainnya, mencicipi menu katering terbaru atau mencoba lebih dari dua ribu koleksi cincin pernikahan yang ditawarkan oleh Frank & Co. Jewellery.

Bagi Anda yang akan menikah dengan adat tradisional, IIWF2019 bekerja sama dengan Yayasan Merajut Nusantara akan mendatangkan ahli-ahli pernikahan tradisional dari beragam tradisi sehingga Anda dan pasangan dapat berkonsultasi untuk menjadikan pesta pernikahan sesuai dengan adat istiadat yang digunakan.

Info dan kontak: Instagram: @weddingku, Website: indonesiainternationalweddingfestival.com

Info dan kontak: Telp: 0817-442-206, Instagram: @solobakerybeverage

The Hall Senayan City Lantai 8, Jakarta, Kidz Station Warehouse Sale 2019

Acara berlangsung pada Senin (1/4) – Sabtu (6/4).

Kidz Station Warehouse Sale berlangsung di The Hall Senayan City lantai 8. Beragam mainan dengan discount up to 90 persen bisa didapatkan mulai tanggal 1-6 April 2019.

Info dan kontak: Facebook: Senayan City, Twitter & Instagram: @senayancity

Lobby Kompas Gramedia Palmerah Barat, Pukul 8.00 – 17.00 Jakarta, Bazaar Buku Murah Gedebuk (Get the Book) Komik Gramedia

Acara berlangsung pada Selasa (2/4) – Minggu (7/4)

Promo Gedebuk Komik 4 pcs only Rp10.000! Koleksi komik-komik kesukaanmu! Pada tanggal 2-7 April 2019 disediakan produk-produk komik pilihan dari penerbit Elex Media dan M&C! dengan harga fantastis. Customer akan dimanjakan, hanya dengan 10.000 saja sudah bisa memilih 4 produk komik pilihan dan bisa membeli dengan kelipatan 10.000 (tidak bisa satuan).

Bazaar akan diadakan di area Lobby Kompas Gramedia Palmerah Barat dan buka sesuai dengan jam kantor yaitu 08.00-17.00 WIB, untuk para agen juga bisa mendapatkan paket-paket produk spesial pada jam-jam tertentu.

Produk-produk dengan harga 10.000 dapat 4 berlaku hanya untuk produk yang tersedia di area bazaar, sehingga customer dipersilakan untuk berburu dan memilih sendiri komik-komik yang diincar pada saat event berlangsung.

Info dan kontak: Website: gramedia.com

JIExpo Kemayoran, Jakarta, Pameran Smart Home & City 2019

Acara berlangsung pada Kamis (4/4) – Sabtu (6/4).

Pameran diadakan bersama dengan Inalight 2019, Solartech Indonesia 2019, Inagreentech 2019, Inatronics 2019, Battery Indonesia 2019, Cable & Wire Indonesia 2019 dan PowerGen & RE Indonesia 2019. Pameran ini menampilkan spektrum penuh produk, teknologi dan inovasi IoT, data besar, sistem cloud, analisis video, sistem keamanan rumah dan bangunan, pengawasan video, pengenalan biometrik, rumah pintar dan kota, sistem manajemen bangunan, sistem bangunan listrik, kabel dan kawat, dan banyak lagi. 

Info dan kontak: Telp: 021-54358118,  Facebook: PT Global Expo Management, Website: smarthomecity-exhibition.net

@america, Pacific Place Mall 3rd Floor Jakarta Selatan, Nial Djuliarso Swing Machine and Indoswing!

Bergabunglah dengan Nial Djuliarso's Swing Machine saat mereka memperingati 70 tahun hubungan AS – Indonesia. Mereka menampilkan lagu-lagu oleh legenda jazz Amerika.

Jangan lewatkan diskusi informatif tentang musik swing ini dan berdansa semalaman bersama komunitas Indoswing!

JIExpo Kemayoran, Pameran Indo Beauty Expo

Acara berlangsung pada Kamis (4/4) – Sabtu (6/4).

Pameran dan Konferensi Internasional ke-10 tentang Kosmetik, Perawatan Kulit, Wewangian dan Produk Rambut, Peralatan dan Teknologi Pengemasan

Kecantikan dipelajari sebagai bagian dari estetika, budaya, psikologi sosial, filsafat dan sosiologi. Pengalaman "keindahan" sering melibatkan interpretasi dari beberapa entitas sebagai keseimbangan dan harmoni dengan alam, yang dapat menyebabkan perasaan ketertarikan dan kesejahteraan emosional. Karena ini bisa menjadi pengalaman subjektif, sering dikatakan bahwa "kecantikan ada di mata yang melihatnya".

Info dan kontak: Telp: 021-6345861, Email: info@kristamedia.com, Situs web: indobeautyexpo.com

SMESCO Exhibition Hall, Jakarta, Kowani Fair 2019

Acara berlangsung pada Kamis (4/4) – Minggu (7/4).

Kongres Wanita Indonesia (Kowani) kembali menggelar Kowani Fair 2019 dengan tema: “Dengan Semangat Ibu Bangsa Kowani Mempersiapkan Generasi Masyarakat Industri 4.0”.

Kowani Fair ini sebagai upaya untuk mewadahi dan memfasilitasi kepentingan wirausaha perempuan untuk lebih maju dan berkembang, sehingga dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional.  

Daftar kegiatan: Seminar dan Talkshow, Lomba Line Dance Kreasi Tobello, Kowani Idol, Lomba Ngadi Saliro Ngadi Busono, dan lain-lain.

Info dan kontak: Facebook: Kongres Wanita Indonesia, Instagram: @kowani1928, Website: kowani.or.id/kowani-fair-2019

Gedung Wanita Semarang, Pukul 09.00-21.00 WIB, Festival Sejuta Buku Jateng 2019

Acara berlangsung pada Rabu (3/4) – Selasa (9/4).

Festival Sejuta Buku Jateng 2019 digelar pada tanggal 3 sampai 9 April 2019 di Gedung Wanita yang beralamat di Jalan Sriwijaya Nomor 29 Kota Semarang. Pameran buku kali ini mengambil tema Buku Sebagai Pandora Ilmu.

Banyak sekali kegiatan yang akan digelar di Festival Sejuta Buku Jateng 2019. Yang sering langganan sebagai pengisi acara Festival Sejuta Buku Jateng 2019 ini adalah serangkaian perlombaan-perlombaan sebagai berikut: Lomba Menyanyi SD-SMA, Lomba Tari Kreasi Jawa, Lomba Ibu Mendongeng, Lomba Mewarnai, Lomba Rumah Pintar Perpustakaan, Lomba Story Telling, Lomba Band Pelajar, Lomba Stand up Comedy, Lomba Menggambar, Lomba Review Buku

Perlombaan di atas dalam rangka memperebutkan Trophy Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Selain itu para pemenang tentunya kan diberikan uang pembinaan dan piala sesuai dengan perolehan juaranya.

Info dan kontak: Facebook: Sejuta Buku, Twitter & Instagram: @sejutabukuid, Website: sejutabuku.com

JX International Convention Exhibition, Surabaya, REI Expo Jatim 2019

Acara berlangsung pada Rabu (3/4) – Minggu (7/4).

Anda bingung mencari hunian baru? Atau ingin berinvestasi?

Datang dan kunjungi pameran perumahan “REI Expo Jatim 2019” di JX International Convention Exhibition.

Ada ratusan pengembang dengan proyek di sejumlah kota di Jatim. Diikuti oleh Pengembang Perumahan, Apartemen dan Kondominium, Rumah Toko dan Rumah Kantor, Area Pergudangan, Villa, Golf dan Resort, Property Management dan Brokerage, Lembaga Keuangan Penyedia KPR, Komponen Bahan Bangunan, Desain Interior/Eksterior, dan Produk-produk Penunjang Property.

Peserta pameran merupakan anggota REI Jatim, jadi tidak perlu khawatir kena pengembang fiktif. Selain itu dapatkan harga spesial dan cashback ratusan juta rupiah. Pameran ini juga dimeriahkan berbagai acara menarik.

Info dan kontak: Telp 1: 087840751022 (Diaz), Telp 2: 0817826681 (Hadi), Instagram: @jxinternational

Atrium Solo Paragon Lifestyle Mall, Pukul 10.00-22.00 WIB, Solo Bakery and Beverage 2019

Acara berlangsung pada Kamis (4/4) – Minggu (7/4).

Perhelatan pameran bahan baku kue dan minuman terbesar se Jawa Tengah kembali hadir di Kota Solo. Siapkan diri kamu, akan ada berbagai acara, produk berkualitas dari brand-brand nasional, workshop, demo masak dan berbagai kompetisi menarik di sini. Gratis!!

presented by @solo_bakery & organized by @kabisatproduction

Benteng Vastenburg Solo, The 5th Solo Indonesia Culinary Festival 2019

Acara berlangsung pada Kamis (4/4) – Minggu (7/4).

Siap kulineran? Dimeriahkan 206 Booth Food And Beverage, gratis 7000 porsi tengkleng, nasi timlo, sosis solo dan berbagai acara menarik lainnya.

Info dan kontak:  Telp 1: 081228546638 (Citra), Telp 2: 082138113859 (Claudia)

Minggu, 7 April 2019

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Teater Klawu oleh I-Pedalangan

Pertunjukan karya teater pakeliran, yang berpijak pada nilai-nilai kesenian tradisi pewayangan Bali yang dikombinasikan dengan Boneka Gendong sebagai bingkai cerita.

Klawu adalah abu-abu yang mempertanyakan kapan keabu-abuan itu akan berubah menjadi putih yang terang, atau hitam yang pekat. Karena warna putih dan hitam mulai pudar, semakin hari semakin tidak jelas dan menjadi Klawu. Orang-orang mulai mempertanyakan kepastian langkah pemimpinnya. Klawu semakin jelas tampak menyamarkan suatu kepastian.

“Klawu” berawal dari kisah hidup salah satu tim Komunitas I_Pedalangan sebut saja Sembroli (nama panggung), ketika ia lahir di tengah keluarga petani. Kehidupannya selalu dalam ruang pengekangan orang tua (ayah dan ibu), yang selalu berbeda pendapat. Kehidupannya di rumah jauh dari kata nyaman, sehingga ia mencari kenyamanan di luar. Prinsip hidup orang tua itu, tidak membangun kepastian apa-apa, kehidupan itu menanamkan ketidakjelasan prinsip hidup si anak (Sembroli)

I-Pedalangan didirikan pada Bulan Januari 2016 di Denpasar, Bali yang digagas oleh I Putu Gede Indra Parusha, dengan CO Produksi I Putu Ardiyasa (Ardi). Sejak itu mereka menggali, memelihara dan mengembangkan seni pertunjukan wayang bersama seorang seniman dalang Boneka Gendong I Gusti Made Aryana (Sembroli), yang fokus menggeluti dunia seni pewayangan Bali Utara.

Di antara dalang yang ikut menyelenggarakan komunitas ini, meliputi  sekelompok dalang, seperti I Kadek Bhaswara Dwitya, I Made Georgiana Triwinadi, I Putu Agus Widya Purnamia. Dan, ditemani dua perancang boneka dan wayang yaitu I Kadek Jefri Wibowo dan I Putu Rekayasa.

Ciputra Artpreneur Theater, Pukul 16.00 – 18.00, Pertunjukan Drama Musikal Jack Tarub And Seven Angels

Saksikan drama musikal cerita rakyat “Jaka Tarub dan 7 Bidadari” persembahan Singapore School. “Jaka Tarub dan 7 Bidadari” menceritakan tentang ulah Jaka Tarub yang ingin memiliki istri secantik bidadari, dengan cara mencuri selendang salah satu bidadari bernama Nawang Wulan, sehingga ia tidak bisa pulang ke kahyangan. Pada akhirnya Nawang Wulan bertemu Jaka Tarub dan menikahinya. Akhir cerita, Nawang Wulan menemukan selendangnya dan memutuskan untuk kembali kekahyangan, meninggalkan Jaka Tarub dan anaknya. Namun ia akan tetap kembali hanya untuk merawat anak mereka.

Penasaran akan seperti apa pementasan drama musikalnya? Jangan lewatkan pertunjukannya di Ciputra Artpreneur!

Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta International Jewellery Fair 2019

Acara berlangsung pada Kamis (4/4) – Minggu (7/4).

Jakarta International Jewellery Fair 2019 adalah pekan raya perdagangan perhiasan yang paling glamor dan komprehensif, yang menyediakan pengusaha dan pemilik bisnis untuk berkumpul, berdagang, dan bertukar informasi pasar terbaru dalam industri perhiasan di Indonesia Barat.

Tahun ini 13 thJakarta International Jewellery Fair 2019 (JIJF ke-13 2019) mengadakan dan memperluas pameran dagang tahunannya di Indonesia.

Pameran ini memberikan peluang besar bagi produsen, distributor, grosir dan pemasok berlian, emas, perak, mutiara, batu mulia dan semi mulia untuk berkumpul dan menjalin hubungan bisnis dengan banyak perhiasan Indonesia yang belum dimanfaatkan dan pedagang perhiasan regional. Tidak ada cara yang lebih baik untuk memperluas jaringan bisnis Anda di Indonesia selain ikut serta dalam pameran ini.

Peserta pameran dari JIJF ke-13 2019 akan memamerkan berbagai pilihan emas, perak, mutiara, berlian, batu mulia dan semi mulia, batu kasar, dan perhiasan dan kerajinan halus lainnya dengan desain terbaru dan mesin perhiasan berteknologi tinggi yang menetapkan tren mendatang bagi konsumen dan pasar perhiasan. Merchandise menarik lain, seperti: aksesoris perhiasan, mesin, peralatan dan alat, display dan packaging juga akan ditampilkan di pameran.

Info dan kontak: Facebook: Indonesia Jewellery Fair, Twitter: @jewelryfair, Instagram: @indojewelleryfair, Website: indonesiajewelleryfair.com

Area parkir Masjid Agung Trans Studio Mall – Bandung, Pukul 11.00 – Selesai, Festival Kuliner Jesscool Pesta Pedas

Acara berlangsung pada Sabtu (6/4) – Minggu (7/4).

Hai JessCoolers Bandung dan sekitarnya.

Bingung mau ngapain pas weekend?

Yuk datang ke Jesscool Pesta Pedas, menghadirkan 40 menu makanan pedas serba Rp 10.000. ⁣

Banyak menu seru yang bikin weekend kalian makin asiikkk!

Masuk ke areal gratis! ⁣

Info dan kontak: Instagram 1: @jesscool_id, Instagram 2: @pestapedas_jesscool

Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Festival Pesona Teluk Tomini 2019

Acara berlangsung pada Senin (1/4) – Senin (22/4).

Kegiatan kepariwisataan bertajuk Festival Pesona Teluk Tomini (FPTT) di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, dihelat kembali pada April 2019 sesuai kalender nasional Kementerian Pariwisata.  

Penyelengaraan Festival Pesona Teluk Tomini 2019 diawali dengan pemilihan putra putri bahari 19-22 April 2019

Pelaksanaan kegiataan itu bertepatan dengan pembukaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Sulawesi Tengah yang akan dipusatkan di Parigi. Setelah pemilihan putra putri bahari 2019, berdasarkan jadwal dilanjutkan dengan lomba Fotografi objek wisata 22 April, Festival Musik Tradisional 19 - 21 April, Festival Kuliner 19 - 22 April, dan Tomini Feshion Carnival 22 April 2019.

 

 

 

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home