Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:53 WIB | Jumat, 06 Desember 2019

Acara Akhir Pekan 7 – 8 Desember 2019

Batam International Culture Carnival 2019. (Foto: travesia.co.id)

SATUHARAPAN.COM – Akhir pekan di awal bulan Desember 2019 ini akan dimeriahkan oleh beberapa acara. Di antaranya, pertunjukan tari dan musik, Pukat Christmas Concert 2019, Festival Budaya Jepang Klikspot: Yuki Matsuri 2019, Irress Urban Bazaar, Pameran Seni Rupa.

Selain itu kemeriahan yang berlangsung di beberapa daerah, yaitu International Culture Carnival 2019 di Batam dan Festival Danau Toba, Sumatera Utara.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 7 Desember - Minggu, 8 Desember

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Tari Hajat Dalam Selimut oleh Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK)

Hajat Dalam Selimut, menantang seniman untuk membicarakan tentang ruang publik sebagai ruang bersama. Ruang publik juga memiliki kelonggaran aturan yang dapat dimanfaatkan tiap individu untuk kepentingannya sendiri.

Hal inilah yang terkadang menimbulkan berbagai permasalahan dalam masyarakat. Proses negosiasi antarindividu dan kelonggaran sistem yang ada menghasilkan toleransi, penyalahgunaan, dan perlawanan. Kontestasi ini biasanya melibatkan strata atau tingkatan sosial yang dimiliki tiap individu.

Hajat Dalam Selimut diartikan sebagai upaya individu untuk mempublikkan segala hal yang intim ataupun privat, melalui sebuah pertunjukan yang mengeksplor bebunyian, baik dari tubuh, ataupun teks itu sendiri.

Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) dibangun dan didirikan pada tahun 1978 oleh Bagong Kussudiardja di Bantul, DI Yogyakarta. Melanjutkan spirit Bagong Kussudiardja sebagai art-center. PSBK mempunyai misi mendukung proses pelestarian budaya masyarakat Indonesia melalui pendampingan praktik seni sebagai bagian penting proses pembelajaran. Program Seniman Pascaterampil merupakan residensi seniman selama 9 bulan dari berbagai latar belakang disiplin seni, dengan fasilitas belajar dan praktik kerja kolaborasi seni untuk pengembangan kapasitas diri.

Ciputra Artpreneur Theater, Pukul 16.00 – 21.00, Pukat Ding Dong Silver Bells Christmas Concert 2019

Untuk ke-25 kalinya, Kelompok Profesional dan Usahawan Katolik Keuskupan Agung Jakarta (Pukat-KAJ) mempersembahkan Pukat Christmas Concert 2019, dengan tema "Ding Dong of Silver Bells" di Ciputra Artpreneur Jakarta.

Anda dapat berdonasi dan menikmati pertunjukan drama musikal dengan Music Director Avip Priatna, bersama Jakarta Concert Orchestra Batavia Madrigal Singers, The Resonanz Children's Choir, dan Armonia Choir Indonesia.

Juga para solis bertalenta Bams, Dira J Sugandi, Farman Purnama, Aning Katamsi, dan Valentina Nova.

Hasil bersih dari acara ini akan digunakan untuk biaya pendidikan dan kesehatan di Sumba dan Agats.

Sogo Atrium, Mall Alam Sutra, Tangerang, Festival Budaya Jepang Klikspot: Yuki Matsuri 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (7/12) – Minggu (8/12).

Terinspirasi dari festival tahunan di Sapporo, Klikspot Yuki Matsuri, menghadirkan acara yang meriah dan menyenangkan lengkap dengan nuansa dan aktivitas khas Jepang. Mulai dari bermain aneka permainan khas Jepang, mempraktikkan kemampuan bahasa Jepang langsung dengan orang-orang Jepang, mengasah kreativitas dalam seni kaligrafi Jepang (Shuji), dan membuat aneka kreasi menarik yang bisa dikonsumsi.

Klikspot Yuki Matsuri bukan sekadar festival biasa, festival ini penuh dengan suka cita dan kehangatan. Sangat pas diikuti bersama keluarga, kerabat, atau sahabat tersayang. Pastikan Anda tidak melewatkannya! Daftar sekarang dan dapatkan hadiah asli Jepang dengan cuma-cuma!

Klik link untuk registrasi: bit.ly/yukimatsuritix

Info dan kontak: Instagram: @klikspot.id

City of Tomorrow (CITO), Surabaya, Expo Property 2019

Acara berlangsung pada Minggu (1/12) – Minggu (8/12), masuk gratis.

Pasar properti akan kembali bangkit pada 2019. Tekanan ekonomi secara eksternal sudah mulai melandai. Begitu juga Pemerintahan Indonesia, juga mengeluarkan berbagai kebijakan moneter dan fiskal guna penguatan fondasi perekonomian dalam negeri, sehingga banyak pengembang yang mulai menyiapkan produk terbarunya. Begitu juga masyarakat mulai melirik berbagai produk investasi untuk mengucurkan dananya yang semula ditandon secara konvensional.

Sejalan dengan semangat di atas Commercial Property Associates (CPA), kembali ambil bagian menyemarakkan geliat pertumbuhan properti Indonesia di tahun 2019, dengan menggelar pameran properti yang berharap untuk bisa menjadi wadah dalam mempertemukan antara pengembang dan masyarakat, dalam membantu menemukan hunian terbaik yang paling menguntungkan.

Bagi para pengembang yang ingin memasarkan produk propertinya, baik yang berlokasi di Jawa Timur maupun luar Jawa, begitu juga lokasi hunian yang berada di luar negeri, silakan bergabung dengan pameran kami.

Info dan kontak: 031 8417788, 031 8477788

Whatsapp: 085785707567, 081357311028, 081858718

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Musik Meraga Mantra oleh Jatiraga

Pertunjukan musik bertajuk Meraga Mantra oleh Jatiraga, menyajikan komposisi musik berbentuk perjumpaan musikal yang dibungkus dalam sebuah pembacaan narasi sastrawi tentang kebangsaan. Narasi dan repertoar yang tersaji, diandaikan sebagai sebuah kesatuan mantera yang dirapal demi menjaga suburnya cinta kasih dan kemanusiaan di hari-hari bangsa Indonesia yang semakin sesak dengan pertikaian.

Meraga mantra, merupakan suatu doa yang ingin sampaikan untuk mewakili berbagai kemungkinan akan keberagaman dan kebersamaan. Jatiraga berharap, pertunjukan tersebut bisa diapresiasi oleh berbagai komponen masyarakat dan para pegiat kebudayaan demi terbangunnya dialektika dan hubungan kreatif.

Jatiraga merupakan band asal Yogyakarta yang dibentuk pada tahun 2016, bertepatan dengan ujian akhir pemain gitar elektrik Jatiraga, Ragipta Utama, di Institut Seni Indonesia Yogyakarta. Jatiraga adalah band dengan spiritualitas kontemporer yang menggabungkan musik tradisional dengan yang modern.

Nama Jatiraga diartikan sebagai ‘kesejatian diri’, yang mencerminkan dinamika kehidupan masyarakat di era kontemporer. Dengan bertolak dari gagasan bahwa realitas tak lain merupakan sebentuk percampuran (hibriditas) berbagai elemen sosio-kultural yang berbeda, setidaknya modernitas dan tradisionalitas.

Jatiraga meyakini, setiap bentuk budaya mana pun yang kita pelajari, selalu menyatu dengan semangat hidup yang kita warisi dari tradisi dan laku hidup masyarakat yang melahirkan dan membesarkan kita. Dilatari dari semangat tersebut, musik Jatiraga menghadirkan keragaman pertemuan antara musik modern dan tradisional, antara synthesizer dan gendang, scream vocal dan seruling bambu, dan banyak lainnya.

Personel Jatiraga terdiri atas Zuhdi Siswanto (vokalis), Yulius Andar Prabowo (drummer), Ivan Hendriansyah (pemain serompet atau alat tiup lainnya), Rudy Yatmoko (pemain kendang/perkusi), Antonius Ragipta Utomo (gitar elektrik/backing vocal), M Sutan Mulia Harahap (pemain bass elektrik), Alfius Charis Juliantara (road manager), dan Christian Pisteosa (soundman).

Trans Studio Mall Cibubur, Pukul 10.00 – 22.00, Irress Urban Bazaar  

Acara berlangsung pada Rabu (4/12) – Minggu (8/12), masuk gratis.

Irress Urban Bazaar merupakan rangkaian acara bazaar yang diselenggarakan oleh Irresistible bazaar (IB), dengan melihat minat dari kaum urban terhadap fashion. Irresistible bazaar adalah sebuah market place produk preloved bermerek, yang terpercaya dan terbesar di Indonesia, dan selalu meluncurkan inovasi baru meluncurkan market place yang sangat cocok bagi kaum urban, untuk selalu terlihat fashionable.

Irress Urban Bazaar merupakan market place produk fashion branded mulai dari tas, sepatu, aksesoris hingga make up, baik merek international maupun lokal, yang terjamin keaslian produknya. Harga barang-barang yang ditawarkan di Irress Urban bazaar ini juga sangat cocok dengan kaum urban.

Produk-produk branded yang akan ada di Irress Urban Bazaar antara lain Torry Burch, Marhaen, Furla, Bimba Y Lola, Hers, Find Kapoor, dan Bonia. Produk branded tersebut pastinya akan membuat tampilan kaum urban menjadi lebih fashionable.

Irresistible bazaar sendiri merupakan market place dan platform bertemunya trusted online branded sellers dan buyers di beberapa lokasi di area, dan luasan yang berbeda dengan set up ala “market” yang friendly, ditambah dengan program-program menarik.

Bazaar ini telah menjadi agenda pertemuan tetap dari sellers dan buyers. IB sebagai sebuah bazaar yang solid telah membuktikan eksistensinya dengan mendatangkan lebih dari 24K visitors dalam 5 hari di event sebelumnya, menjadikan IB sebagai bazaarauthentic preloved branded yang terbesar di Indonesia dan trusted, dengan segment B to A+ (core age 25 to 45 yo).

Di tahun 2019 ini penyelenggaran Irress Urban Bazaar sudah dilaksanakan yang ketiga kalinya.

Info dan Kontak: Renaningtyas (Rena), Phone : 0821 – 98888898, Email : Ningtyas.rena@gmail.com

Jakarta Convention Center (JCC), Global Sources Electronics Indonesia

Acara berlangsung pada Kamis (5/12) – Sabtu (7/12).

Pameran perdagangan elektronik terbesar di dunia, datang ke Indonesia pada bulan Desember 2019. Nikmati kenyamanan kelas dunia akan peralatan elektronik untuk konsumen, peralatan elektronik untuk seluler dan komponen-komponen elektronik tepat di depan pintu Anda di Jakarta.

Pameran produk elektronik tahunan asal Hong Kong, Global Sources Electronics, digelar di Indonesia, memamerkan produk elektronik dari beragam kategori segmen consumer. Mulai dari produk audio, outdoor, komputer dan gaming, smart home atau smart living, hingga komponen yang dibutuhkan manufaktur dipamerkan. 

Bertajuk Global Sources Electronics Indonesia 2019, pameran berkonsep B2B ini digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran ini diklaim diisi oleh 350 pemasok (supplier) produk dari Tiongkok, Korea Selatan, Taiwan, dan Hong Kong.

Pameran konsep B2B ini, digelar untuk menjadi kesempatan bagi para pelaku bisnis di Indonesia menjalin kerja sama dengan 350 pemasok dari berbagai negara tadi.

Penyelenggara mengklaim acara ini didukung oleh Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI), Indonesia E-Commerce Association (idEA), Asosiasi Sistem Integrator dan Sekuriti Indonesia (ASISINDO) dan lainnya.

Info dan Kontak: Facebook: Global Sources Exhibition Channel, Website: globalsources.com

Bentara Budaya Jakarta, Pukul 10.00 – 18.00 WIB, Pameran Seni Rupa Karya Pupuk DP Kerak Residu

Acara berlangsung pada Junat (29/11) – Sabtu (7/12).

Bentara Budaya Jakarta menghadirkan pameran seni rupa karya Pupuk DP yang bertajuk “Kerak Residu“.

Mengambil judul “Kerak Residu“, pameran kali ini adalah refleksi dari keadaan atau situasi dari perjalanan hidup Pupuk DP. Karya-karya yang ekspresif, mendominasi dalam pameran ini. Teknik campuran lukisan dan benda-benda tiga dimensional seperti boneka-boneka yang diletakkan di etalase menggambarkan sebuah narasi dan memberikan kesan personal dari setiap peristiwa yang ia alami.

Pupuk Daru Purnomo, lahir di Yogyakarta tahun 1964. Menyelesaikan pendidikan S1 di Fakultas Seni Rupa ISI Yogyakarta pada tahun 1994. Telah aktif berpameran baik tunggal maupun kolektif sejak tahun 1993. Tahun 2018, ia berkesempatan melakukan pameran di Mizuma Gallery Singapura. Pernah mengikuti residensi seniman di India-ASEAN Artists’ Residency “Merging Metaphors“ di Darjeeling India tahun 2012.

Nuvasa Bay sampai dengan Nongsa Feri Terminal, Batam Kepri, International  Culture Carnival 2019

Acara berlangsung pada Sabtu (7/12) – Minggu (8/12).

Batam International Culture Carnival (BICC), kembali digelar. Bukan diselenggarakan di Nagoya seperti tahun-tahun sebelumnya, karnaval yang sudah masuk kalender wisata tahunan Indonesia ini diadakan di Nongsa, sebelah barat pusat pemerintahan Kota Batam.

Puncak acara digelar  Minggu, 8 Desember dari pukul 13.00 WIB hingga 17.00 WIB. Start dari Nuvasa Bay, Nongsa, dan finish di Nongsa Pura Fery Terminal.

BICC digagas Badan Pengusahaan (BP) Batam bekerja sama Asosiasi Karnaval Indonesia (Akari) Kepri sejak tahun 2017.

International  Culture Carnival 2019, menampilkan 500 talent carnaval dengan rangkaian acara: Kids Carnaval, Artwear Carnaval, International Family Carnaval, Mr & Ms Republik International, Asosiasi Karnaval Indonesia DPD Kepulauan Riau (Batam, Tg Pinang, Lingga, Karimun, Bintan), Poso Tourism Carnaval, Busana pengantin Nusantara, Kesenian tradisional dari berbagai culture di Indonesia, Kesenian Kabupaten & Kota di Indonesia

follow instagram @akarikepulauanriau , tag foto & video di sekitar lokasi acara di ig @akarikepulauanriau

Venue : @agnydevan : +62 811 7000 612, @qudratina : +62 812 7660 0598

Event ini dipersembahkan oleh : DPD Asosiasi Karnaval Indonesia Kepulauan Riau, Silhouette Model & Event Organizer, Nuvasa Bay, Nongsa Pura Feri Terminal, Nongsa Sensation

Didukung oleh: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Parapat, Kabupaten Simalungun Provinsi Sumatera Utara, Festival Danau Toba, Sumatera Utara

Acara berlangsung pada Sabtu (9/12) – Selasa (12/12)

Festival Danau Toba (FDT) kembali digelar di Parapat, Kabupaten Simalungun. FDT 2019 mengusung tema “Inspiring Toba”, yang akan melibatkan banyak masyarakat lokal. Kegiatan pra FDT terdiri atas Lomba Solubolon, penanaman pohon, kegiatan sosial berupa pembersihan Danau Toba, diskusi kelompok terarah Geopark, lomba lari 10 K.

Adapun kegiatan inti FDT terdiri atas penampilan tari kolosal, hiburan rakyat lokal dan nasional, beragam lomba, fashion show busana etnis, demo kuliner dan lainnya.

Jadwal pelaksanaan kegiatan FDT 2019 sebagai berikut:

Minggu, 8 Desember, lomba Lari 10 K, Senin, 9 Desember, lomba Paduan Suara dan lomba Fotografi. Lomba Solu Bolon (perahu besar) dilaksanakan pada Selasa 10 Desember. Pada hari terakhir, Rabu 11 Desember digelar lomba vocal group dan lomba Ucok Butet.

Di event FDT 2019 ini, peran serta kabupaten/kota sekawasan Danau Toba diundang mengikuti pameran, kegiatan lomba-lomba, menampilkan seni budaya masing-masing. Kegiatan puncak adalah penampilan Koor Raksasa dan Penganugerahan Muri Seni Melipat Kain si Bulang Sulappei yang diikuti 1000 sampai 1500 orang. Sedangkan kegiatan inti FDT 2019 terdiri atas penampilan tari kolosal, hiburan rakyat lokal dan nasional, beragam lomba, fashion show busana etnis, demo kuliner dan lainnya.

Editor : Sotyati

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home