Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 00:13 WIB | Sabtu, 07 Oktober 2017

Acara Akhir Pekan 7 – 8 Oktober 2017

Ilustrasi. Pameran Grafis Boundary of Freedom Karya Pemenang II Kompetisi International Trienal Seni Grafis Indonesia. (Foto: bentarabudaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Acara akhir pekan di awal Oktober akan diramaikan dengan berbagai acara, antara lain pertunjukkan  konser musik keroncong, konser  piano, dan festival wisata dan film, fashion show, pameran make up dan grafis kreasi anak muda.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu 7 Oktober

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00, Konser Musik Keroncong Indahnya Kebersamaan oleh Sinten Remen bersama Millane Fernandez

Konser musik keroncong kekinian ini dikemas dengan musik yang menampilkan nuansa Nusantara, baik lagu yang terdahulu maupun yang kekinian namun masih berbau dengan lagu-lagu Nusantara, serta lagu-lagu Sinten Remen. Seperti lagu Sumatra, Jawa, Indonesia Tengah maupun Indonesia Timur.

Orkes Sinten Remen kembali mengaransemen lagu-lagu daerah untuk didedikasikan pada bangsa pada acara Ulang Tahun Galeri Indonesia Kaya.

Sinten Remen kali pertama dibentuk di Jalan Bibis Raya, Gang Nusa Indah 146 Kembaran RT 04 RW 21 Tamantirto, Kasihan, Bantul. Sinten Remen sendiri sebenarnya merupakan tindak lanjut dari Orkes Keroncong Taman Budaya (OKTB) yang berdiri kurang lebih pada tahun 1980-an.

Orkes Sinten Remen bisa dikatakan urakan dan ndhugal, bahkan sering disebut kenthir atau gila ini, mencoba mengolah kembali musik keroncong yang semula mapan dan cenderung menjadi klangenan (kegemaran) itu, menjadi musik yang lebih progresif. Aransemen “dikopyok”, itulah konsep bermusik orkes Sinten Remen. Yaitu, cara bermusik yang tidak ikut aturan main yang berlaku. Konsep bermusiknya didasarkan dari musik keroncong. Jenis musik yang pernah amat populer pada zamannya. Semula keroncong memiliki kekayaan model tetabuhan, seperti keroncong stambul, keroncong langgam, keroncong moresko, juga jenis keroncong tugu yang kini berhenti sebagai musik kelangenan. Dan dalam Orkes Sinten Remen diambil unsur-unsurnya saja. Yakni, instrumen cello, cuk, dan gitar. Juga beat, melodi dan temponya. Di tengah pendekatan country, reggae dan jazz tadi, ditambah alat musik pendukung seperti kendang dan drum, identitas keroncong tetap nyata hadir. Dan kini Sinten Remen lantas menjadi funky, berdarah anak muda.

@america Pacific Place, Pukul 18.30 – 20.30, Konser Piano U.S. Hispanic Heritage North Meets South

Rayakan warisan Hispanik A.S. dengan pianis Amerika Latin, Jose Riveros. Manjakan diri dengan Jazz Amerika dan musik Rakyat Chili. Rasakan ritme yang menyatukan semangat dua budaya: Amerika Latin dan Amerika Serikat melalui musiknya.

Area Parkir Gedung Marketing Gallery Menara Jakarta, Pukul.  11.00 – 19.00 WIB, Octoberfest Lomba Fashion Show Princess dan Bazaar Baby, Kids, and Toys

Ayo ramaikan Octoberfest di Marketing Gallery Menara Jakarta, ada aneka lomba setiap minggunya, Bazaar setiap weekend selama Oktober, dan dimeriahkan oleh jajanan fantastis Foodtruck.

Untuk Minggu pertama kita ada Loma Fashion Show “Princess” buat adik-adik, segera daftar diri kalian di nomor telepon yg tertera. Dan juga ada Bazaar Baby, Kids, and Toys.

Jadi jangan lupa ajak buah hati anda untuk ikut Lomba dan belanja di Marketing Gallery Menara Jakarta. Dan tentunya ada Promo Heboh Dari Menara Jakarta Hunian di Atas Mall.

Usia 3 – 6 Thn : Sabtu 7 Oktober 2017 Pukul 13.00 WIB s/d selesai

Usia 7 – 9 Thn : Minggu 8 Oktober 2017 Pukul 13.00 WIB s/d selesai

Biaya pendaftaran Gratis :

Mulai Tanggal 28 September 2017 – 6 Oktober 2017 (Jam kerja 09.00 s.d 16.00 WIB),

*lomba terbukauntuk umum

Info dan kontak: WA 085779656224, WA 085260427082

021 – 2928 8000

Lotte Mart Bintaro, Mulai pukul 11.30 WIB, Student Competition

Acara: Lomba Mewarnai Mom & Kids, biayan pendaftaran Rp. 50.000, Kategori A : PG TK B : SD 1- 3, Membawa peralatan + perlengkapan Meja sendiri, Lomba Balita Ceria, pendaftaran Rp 80.000, Show di atas panggung, Lomba Fashion, pendaftaran Rp 80.000, Kategori A : TK B : SD 1-6 C : SMP – SMA, Lomba Foto, pendaftaran Rp 80.000, Kategori A : TK B : SD 1-6 C : SMP – SMA, Mengumpulkan Foto Cetak 4R

Pengumuman lomba foto jam 15.00 wib Bagi peserta yang kalah akan tetap mendapatkan piala penghargaan.  

Info dan kontak: Tesa 0821-41800202

Line Up Foodtruck:

ChicknRoll, DK, NK, D’Bwok, Kaaramel Juice, Mililea, Docco, BNK, Fast Van, Es Goyang Kampoeng, KFC.

CP : Hada 085260427082

Minggu, 8 Oktober

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00, Pertunjukkan Teater Tari Gayatri Reinkarnasi oleh Sha Ine Febriyanti

Seorang penari perempuan sangat mengagumi sosok Gayatri Rajapatni, ia meyakini bahwa Bhiksuni itu tidak pernah sepenuhnya mati. Konsep ‘kelahiran kembali’ dalam Agama Budha, Punabbhava, membuatnya tertarik untuk menelusuri kesejarahan perempuan yang baginya memiliki pengaruh besar pada kemaharajaan Majapahit. Ia percaya siklus reinkarnasi selalu berkaitan dengan masa kehidupan sebelumnya. Narasi dari cita-cita Gayatri yang kuat tentang persatuan Nusantara membuatnya berhadapan pada bayang-bayang sejarah itu sendiri; cita-cita Kertanegara, Raden Wijaya, Jayanagara, Palapa, Adhityawarman, Bubat dan keruntuhan Majapahit.

Perempuan penari itu mencari Gayatri melalui logika karma, dan berusaha mempersembahkan sebentuk tarian Moksha untuknya.

Sha Ine Febriyanti, seorang pekerja seni, aktris teater, film dan sutradara Indonesia. Mengawali karir sebagai model pada 1992. Pada 1999 mulai merambah dunia seni peran dan mengakrabi teater saat mendapat kepercayaan memerankan Miss Julie, tahun 1999 dan 2013, Opera Primadona tahun 2000, Gandamayu, tahun 2012. Pada tahun 2013 - 2014 berkolaborasi dengan David Bobbee sutradara asal Prancis dalam Warm dan Drop.

Peraih beasiswa Asian Film Academy (2012) di Busan, Korea Selatan dan nominasi pemeran wanita terbaik Festival Film Indonesia 2016, Aktris terbaik IMA 2016, Aktris terpuji FFB 2016 ini, bersama beberapa kawan volunteer, sejak tahun 2012 mendirikan Rumah Ilmu sebagai wadah kreatif bagi anak - anak di sekitar rumah untuk berbagi, belajar, dan bermain bersama mengenal seni dan budaya seperti tari, musik, teater, film, gambar, silat, dan lain - lain. Rumah Ilmu terbuka untuk siapa saja yang memiliki energi yang sama untuk berbagi ilmu.

Bentara Budaya Bali, Pukul 18.00 WITA,  International Short Film Festival 3rd Minikino Film Week 2017  

Acara berlangsung pada Minggu  (8/10) – Senin (9/10)

Sejumlah film pendek akan ditayangkan di Bentara Budaya Bali serangkaian Minikino Film Week (MFW) tahun 2017. Festival Film Pendek Internasional di Bali yang dimulai sedari tahun 2015 ini merupakan kerjasama Minikino dengan sejumlah lembaga. Adapun kerjasama dengan Bentara Budaya Bali adalah kali yang ketiga.

Tahun ini MFW digelar pada 7 hingga 14 Oktober 2017,  menampilkan  209 film-film pendek dari Indonesia, Asia Tenggara dan Internasional yang dikemas dalam 42 program. Khusus untuk pemutaran film di Bentara Budaya Bali akan dihadirkan film-film terpilih dari: Dreams of Tomorrow; Amazing Stories; Indonesia Raja 2017 Sumbawa; Indonesia Raja 2017 Banjarmasin; dan S-Express 2017 Thailand.

MFWdirancang sebagai Festival Film Pendek Internasional yang masuk ke dalam keseharian masyarakat, dimana layar-layar film dikembangkan untuk memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mengalami kembali suasana menonton film bersama, selanjutnya membangun ruang untuk membicarakan pengalamannya kembali, dan menjadi lebih kritis terhadap apa yang baru saja mereka tonton.

Atrium Mall of Indonesia GF Mall of Indonesia (MOI) Jakarta,  Festival Hobbycon

Acara berlangsung pada Sabtu (7/10) – Minggu (8/10)

Punya hobi atau bakat yang ingin kamu salurkan tapi bingung bagaimana? Yuk ikutan HOBBYCON 4.0.

Ikutilah Beauty Class Ft. MUAJKT MUA @makeupbynabilla dengan tema  Day to Night Makeup, pada Sabtu (7/10) , dan pada Minggu (8/10) dengan tema: Smokey Eyes Makeup MUA @npumakeup.

Contact person : 0821-1291-9191 (Natalia), KPopHolic (KPop Dance Competition), Contact person : 0813-8451-1233

Info dan kontak: Facebook: mall of Indonesia, Twitter/Instagram: @mallofindonesia, Website: mallofindonesia.com

Kartika Expo Center, Balai Kartini,  Pameran Make Up International Makeup Artist Expo (IMAE) 2017

Acara berlangsung pada Jumat (6/10) – Minggu (8/10)  

Harga tiket masuk: Rp100.000

IMAE atau International Make-Up Expo adalah pameran pertama di Indonesia yang menggabungkan keseluruhan pameran make up, pertunjukan make-up dan lokakarya make-up. IMAE hanya menghadirkan artis make-up terbaik, merek kecantikan dan akademi yang terkenal secara lokal dan internasional. IMAE adalah acara yang paling ditunggu untuk semua penggemar kecantikan di Indonesia. Selain belanja surga IMAE juga akan menjadi pusat pendidikan dan jaringan.

Tahun ini, IMAE akan mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah influencer kecantikan Internasional seperti JC Makeupmaster dan Belladelune. Untuk menambah kegembiraan ada banyak pilihan make up workshop yang dipimpin langsung dengan Indonesian Makeup Artist seperti Rama Jee, Reza Azru, Carolina Septerita dan Candra Zhang. IMAE juga memiliki antrean make-up show, meet and greet dihadirkan dan lomba makeup. Jika Anda menyukai make-up dan semua hal yang terkait, inilah satu-satunya peristiwa yang tidak boleh Anda lewatkan.

Info dan kontak: Email: info@imaeofficial.com, Facebook: IMAE Jakarta, Instagram: @imaeofficial, situs web: imaeofficial.com

Area Fountain Stage Lantai 1 Beachwalk Shopping Center Kuta Bali,  Festival Gebyar Wisata

Di bulan Oktober 2017 ini Beachwalk Shopping Center menghadirkan Gebyar Wisata. Melalui acara ini Pengunjung dapat mengeksplore lebih dalam mengenai destinasi pariwisata yang ada di pulau Bali. Gebyar Wisata diadakan pada Jumat (6/10) – Minggu (8/10) di area Fountain Stage Lantai 1. Bagi para Pengunjung yang ingin mengetahui berbagai macam destinasi dan sedang merencanakan liburan jangan sampai melewatkan acara ini.

Disamping itu, Beachwalk Shopping Center juga mengadakan kegiatan regular yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Setiap hari Kamis Beachwalk dan HIPMI Gianyar bekerjasama mengadakan “Ubud Cultural Experience”. Pada acara ini pengunjung dari mancanegara dan domestik dapat menikmati berbagai macam kesenian traditional bali terutama di wilayah Ubud seperti tarian bali, membuat canang, dan masakan traditional Jaja Bali. Selain itu terdapat acara “Meet the Bird Stars” pada Minggu (8/10) di Deck Stage, Beachwalk lantai 1. Pengunjung Beachwalk dapat bertemu dan berinteraksi secara langsung dengan burung-burung eksotis dari Bali Bird Park.

Pada Bulan Oktober, Beachwalk Shopping Center meluncurkan kartu Corner Club sebagai bentuk program kepada para loyal customer Beachwalk. Melalui program loyalitas ini Customer dapat mengumpulkan dan menukarkan poin dengan berbagai macam hadiah serta voucher menarik. Selain peluncuran “Corner Club”di bulan ini Beachwalk Shopping Center juga meluncurkan website dengan tampilan konsep baru. Dengan adanya tampilan serta fitur tambahan untuk memudahkan Customer dalam mengakses website, seperti fitur floor map yang interaktif sehingga lebih mudah dalam mengetahui lokasi dan store apa saja yang ada di Beachwalk. Customer dapat mengakes website tersebut di www.beachwalkbali.com.

Balai Soedjatmoko Solo, Pukul 09.00 - 21.00 WIB, Pameran Grafis  Boundary of Freedom Karya Pemenang II Kompetisi International Trienal Seni Grafis Indonesia V 2015

Pameran berlangsung: Minggu (8/10) – Kamis (12/10)

Kompetisi Trienal Seni Grafis diselenggarakan oleh Bentara Budaya sejak tahun 2003. Kompetisi digagas sebagai upaya terus menggalakkan seni grafis konvensional  di Indonesia. Pada tahun kelima, yaitu pada tahun 2015, kompetisi dibuat berskala internasional.  Trienal Grafis  V 2015 diikuti seniman grafis dari  20 negara, yaitu Amerika Serikat, Argentina, Australia, Belgia, Brasil, Bulgaria, Kanada, Italia, India, Indonesia, Jepang, Jerman, Malaysia, Mesir, Polandia, Puerto Rico, Spanyol, Swedia, Thailand,  Turki.

Karya Puritip terpilih sebagai Pemenang II oleh para juri yang terdiri dari Aminudin TH Siregar, Tisna Sanjaya, Bambang Bujono, Devy Ferdianto, dan Syahrizal Pahlevi. Karya Puritip yang dipamerkan di Balai Soedjatmoko ini terpilih dalam kompetisi Trienal Grafis V merujuk pada tema kompetisi “Dunia dalam Karantina“. Tema besar tersebut berangkat dari sejumlah permenungan, antara lain tentang dampak globalisasi pada kehidupan. Globalisasi dikhawatirkan akan memberi dampak yang negatif pada kehidupan manusia di masa depan.

Assembly Hall, Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) dan The Square Ballroom at ICBC Center, Pukul 10.30 – 17.00, Study in Japan Fair Jakarta & Surabaya oleh Japan Student Services Organization (JASSO)

Acara berlangsung di Jakarta & Surabaya, pada Sabtu (7/10) dan Minggu (8/10)

Harga Tiket Masuk (HTM): Gratis

Ada informasi mengenai beasiswa dan pendidikan di Jepang. Jika kalian tertarik mengenai pendidikan di Jepang, silahkan datang dan konsultasi langsung dengan perwakilan dari Universitas yang hadir pada acara tersebut.

Info dan kontak: Telp: 021-2521912, Email: info@jasso.or.id

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

Back to Home