Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 17:28 WIB | Jumat, 07 April 2017

Acara Akhir Pekan 8 - 9 April 2017

The Resonanz Children's Choir. (Foto: theresonanz.com).

SATUHARAPAN.COM – Pertunjukan musik, paduan suara, teater, monolog, pameran, serta acara kreativitas anak muda, akan mewarnai dan memeriahkan akhir pekan ini di Ibukota. Selain itu, perlu disimak pula acara yang berlangsung di Solo, yang menampilkan kesenian teater tradisional Jawa.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

 

 Sabtu, 8 April

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Pertunjukan Monolog Sang Singa Betina

Prasanti Andrini menggelar Pertunjukan Monolog “Sang Singa Betina” di Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, pukul 15.00.

Hajjah Rangkayo Rasuna Said, pejuang kemerdekaan asal Maninjau, Agam, Sumatera Barat, ditangkap dan dipenjara di usianya yang baru menginjak 22 tahun. Ia merupakan perempuan pertama yang terkena speek delicht (hukuman pemerintah kolonial bagi siapa pun yang menentangnya). Sama seperti Kartini, Rasuna punya kepedulian terhadap kaum perempuan, terutama kesadaran politis mereka untuk menentang Belanda.

Pidato-pidato Rasuna terkenal berani dan tajam, hingga ia dijuluki Singa Betina. Selepas dipenjara, Rasuna kembali menyuarakan kemerdekaan dan kesetaraan hak bagi kaum perempuan lewat tulisan-tulisannya. Monolog karya Wawan Sofwan ini merupakan penggalan riwayat hidup HR Rasuna Said, pahlawan nasional Indonesia yang memperjuangkan kemerdekaan dari tanah Minang.

Monolog “Sang Singa Betina” dibawakan oleh Prasanti Andrini, seorang aktor, model, penyanyi, dan penari. Ibu 2 anak ini sudah menggeluti dunia tari sejak tahun 1980-an. Prasanti kerap tampil membawakan tarian Jawa di berbagai acara di tanah air hingga tampil di Sydney Opera House Australia bersama Wayang Orang Indonesia Pusaka (2010).

Rolling Stone Cafe, Kemang, Jakarta, pukul 17.00- selesai: Pertunjukan Musik Souljah 19th Anniversary @ Rolling Stone Café

Souljah, band ternama asal Indonesia yang tetap konsisten mengusung aliran Jamaican Music, genap berusia 19 tahun, dan mengadakan pesta ulang tahunnya.  Perayaannya akan dikemas dengan konsep Konser Intim bertemakan Playful. Souljah akan membawakan lagu-lagu yang tidak pernah dibawakan pada konser-konser biasanya. Souljah juga turut mengundang beberapa artis/musisi yang akan berkolaborasi dengan mereka.

Souljah telah mengeluarkan  4 album, Breaking the Roots (2005), Bersamamu (2007), Mestakung (2009), This is Souljah (2014). Pada tahun ini Souljah akan membuat 17 video klip dari seluruh lagu dalam album This is Souljah yang sampai saat ini sudah terealisasikan 9 video klip.

Banyak ide dan konsep dipersiapkan dengan matang seperti mengadakan kuis di akun instagram @souljahmusik, lomba design baju bertemakan ulang tahun Souljah. Berbagai kejutan juga disiapkan untuk memanjakan pengunjung. Acara akan dimeriahkan pula dengan penampilan @gangstarastaofficial, @syderaofficial, @bigwavesounds

Tiket masuk: Rp 50.000.

Balai Soedjatmoko Solo, pukul 19.30: Pementasan Teater Gidag Gidig Lakon “Karewed”

Lakon ini bersumber dari Babad Jaka Tingkir yang ditulis Pakubuwana VI tatkala berada di Ambon, tempat pengasingan, sebagai ganjaran yang ditimpakan Pemerintah Belanda setelah Perang Diponegoro padam, pada pertengahan abad ke-19.

Lakon Karewed didasarkan pada cerita Jaka Karewed, yang kemudian disusun kembali menjadi sandiwara tutur. Cerita bermula dari desa, seorang tokoh bernama Joko Karewed, yang kesehariannya sebagai penggembala kambing. Peristiwa berkembang tatkala Karewed menemukan pohon mirip beringin kecil, dan akarnya melingkar seperti sumping. Rupanya benda itu sangat ajaib, karena bisa menjadikan tubuh Karewed hilang tak terlihat. Dengan benda ajaib itulah Karewed berkelana ke kota, hingga memasuki wilayah 'istana negara'.

Ia menyusup di berbagai tempat hingga ke tempat-tempat rahasia. Ulah Karewed yang menjahili situasi 'istana negara', akhirnya menjadikan suasana dalam tembok istana gemetar. Situasi keamanan negara dalam keadaan siaga. Pada akhir lakon, akhirnya Karewed tersandung dan berhasil dirangket, tetapi di saat itu pula diketahui bahwa Karewed adalah anak gelap penguasa istana.

Sandiwara tutur ini dimainkan oleh Teater Gidag Gidig, disampaikan dengan Bahasa Jawa. Naskah dan Sutradara: Hanindawan Sutikno.

Green Pramuka Square, pukul 13.00 WIB – selesai: Cosplay Show & Competition

Kompetisi dan show Cosplay digelar di Green Pramuka Square, Jakarta Timur, menampilkan Dewan Juri Cosplay Competition: Frea Mai, Erlan Bakabon, Zainal Naru. Acara ini dipandu MC & Special Performance by SPiCA (Angel & Sayuri).

Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran.

Hadiah Kategori Cosplay Armor:  Juara 1 Rp 1.500.000, Juara 2 Rp 1.000.000, Juara 3 Rp 750.000, dan Juara Harapan Rp 500.000.

Hadiah Kategori Cosplay Nn Armor: Juara 1 Rp 1.500.000, Juara 2 Rp 1.000.000, Juara 3 Rp 750.000, Harapan Rp 500.000.

Hadiah Costreet: Total Hadiah Rp 1.000.000, untuk 10 pemenang.

Tata Cara Pendaftaran: Untuk Lomba Cosplay Pendaftaran melalui email, kirim email berisi data diri (Nama, No HP, Kategori Cosplay, Nama & Asal karakter) dan sertakan foto kostum/gambar karakter ke cospjakarta@gmail.com dengan Subject “GPS Cosplay”.

Info dan kontak: Telp/WA: 083895216748 (Ferdi)

Jakarta Ecopark Ancol, BFF: Art, Music and Market Festival Ocean Ecopark

BFF adalah festival art, market, dan musik. Berbagai workshop dan karya dari seniman lokal, games, produk-produk karya anak bangsa, sampai kuliner nusantara bisa dinikmati bersama teman dan keluarga. Tidak lupa ada banyak musisi lokal dan internasional yang akan hadir meramaikan acara ini.

Artis-artis yang dijadwalkan tampil: Gold Room, RAC, Panama, Blind, Dipha Barus, Kahitna, Maliq & D’Essentials, Naïf, Naura, Sore, Teza Sumendra, White Shoes & The Couples Company, dan banyak lagi.

Info lebih lanjut :  https://bff.blibli.com/ Instagram: @bliblidotcom, Facebook: BliBli.com (@bliblidotcom), Twitter: @bliblidotcom.

 

Minggu, 9 April 2017

Galeri Indonesia Kaya,  pukul 15:00, Pembacaan surat Kartini Di Balik Layar Film Kartini oleh Legacy Pictures dan Grasindo

Acara kali ini berisi pembacaan penggalan surat Kartini oleh beberapa pemain Film Kartini, tokoh perempuan Indonesia, dan penulis perempuan Indonesia. Pembacaan surat-surat Kartini ini adalah rangkaian promosi Film Kartini yang akan dirilis di bioskop nasional serentak pada 20 April 2017 dan juga peluncuran buku yang berisi pembuatan film sejarah ini.

Legacy Pictures adalah rumah produksi yang telah melahirkan beberapa film nasional layar lebar. Legacy Pictures lahir untuk mendukung dan ikut membangun perkembangan perfilman Indonesia, serta bertekad membawa film Indonesia ke ajang internasional. Dengan tim yang berpengalaman di industri perfilman Indonesia dan internasional, Legacy Pictures berdedikasi memproduksi film layar lebar yang berkualitas dari berbagai genre, baik drama, komedi, action, horor hingga film epic.

Ciputra Artpreneur, pukul 16.00: Pertunjukan Paduan Suara “A Decade of Harmony” oleh The Resonanz Children’s Choir

Untuk merayakan ulang tahun ke-10, The Resonanz Children’s Choir menggelar konser yang bertajuk “A Decade of Harmony”.

The Resonanz Children’s Choir (TRCC) didirikan pada tahun 2007 oleh Avip Priatna di bawah naungan tunggal The Resonanz Music Studio, dan merupakan kelompok paduan suara terbaik di Indonesia yang telah menerima berbagai penghargaan di tingkat internasional seperti di Asia, Amerika, dan Eropa.

The Resonanz Children’s Choir akan menyanyikan lagu-lagu yang pernah mengantarkan mereka menjadi yang terbaik pada berbagai festival paduan suara internasional antara lain:  Yamko Rambe Yamko, Tancnota, Gnothi Safton, Der Wassermann (dinyanyikan di Venice, Italia 2016 - Claudio Monteverdi Choral Festival Internasional dan Persaingan), Musik Down In My Soul, 137 Hip Street, Bungong Jeumpa (dinyanyikan di California, Amerika 2015 - The Golden Gate International Choral Festival), Libertango, J'entend le moulin, Janger (dinyanyikan di Nyiregyhaza, Hongaria 2014 - 10 Cantemus International Choir Festival). Seluruh rangkaian lagu dalam konser ini akan diiringi oleh Jakarta Concert Orchestra, dengan konduktor Avip Priatna.

Harga: Mahasiswa Rp 200.000, Reg: Rp 300.000, Kelas II Rp 500.000, Kelas I Rp 1.000.000, VIP Rp 1.500.000, VVIP Rp 2.000.000.

Info lebih lanjut: theresonanz.com/ticketing, Website untuk informasi lebih lanjut: theresonanz.com/ticketing.

Gudang Sarinah Ekosistem, Jakarta, pukul 10.00-19.00: Pameran IKAT/eCUT 2017

Pameran IKAT/eCUT 2017 diselenggarakan Goethe-Institut Jakarta, buka setiap hari dari tanggal 9 Maret hingga 9 April 2017.

Acara : Fast Fashion, The Dark Side of Fashion oleh Claudia Banz, Slow Fashion Lab oleh Apriana Murwanti, Fringe Events dikurasi oleh Ika Vantiani

Acara ini gratis.

Info dan kontak: Facebook: Ikat/eCut, Website: goethe.de/indonesien/ikat

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home