Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:10 WIB | Jumat, 07 Juli 2017

Acara Akhir Pekan 8 – 9 Juli 2017

Ilustrasi. Pertunjukan tari Bali Pradnya Preteka oleh LKB Saraswati. (Foto: indonesiakaya.com)

SATUHARAPAN.COM – Masih dalam suasana libur, ada beberapa acara yang digelar di Ibu kota antara lain:  pertunjukan tari, kamping indoor, kompetisi cosplay pemutaran film, dan  lomba lari, akan mewarnai akhir pekan Anda. Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu 8 Juli

Galeri Indonesia Kaya,  Pukul 15:00, Pertunjukan Tari  Pradnya Preteka oleh LKB Saraswati

Menampilkan karya – karya tari Bali kreasi baru popular dari beberapa seniman, antara lain Legong Abimanyu oleh Prof Dr I wayan Dibya, tari Satya Brastha oleh I Nyoman Cerita SST, MFIS, tari Kanyaka Sura oleh Tjokorda Istri Putra Padmini, tari Saraswati oleh Swasthi Wijaya Bandem, tari Rebong Puspamekar oleh Guruh Soekarno Putra, tari Sri Kamelawi oleh I Gusti Kompiang Raka.

Tari Bali yang dibawakan memang tergolong kreasi, baru namun tetap tidak meninggalkan pakem-pakem tari klasik Bali. Setiap tarian akan ditarikan oleh siswa – siswi Lembaga Kesenian Bali (LKB) Saraswati dari berbagai generasi, mulai dari usia anak – anak hingga dewasa.

Didirikan pada tanggal 3 April 1968 di kantor Direktorat Pembinaan Kesenian Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan nama Yayasan Kesenian Bali Saraswati. Pendirinya adalah komunitas kesenian Bali di Jakarta yang memiliki kepedulian terhadap kesenian Bali. Sejak berdiri telah membuka beberapa kursus tari dan gambelan Bali. Hingga kini telah membina tidak kurang dari 4725 orang penari Bali dan lebih dari 1500 kali mengadakan pergelaran baik di dalam maupun di luar negeri, antara lain ditunjuk untuk mewakili Indonesia dalam Festival Kesenian di Adelaide (1969), Festival Kesenian di Jerman Barat (1972), Asian Collection di Jepang (1989), Perayaan HUT RI di konsulat Jenderal RI di Los Angeles (2001), Pertukaran kebudayaan Indonesia di Beijing (2007). Didalam negeri terlibat aktif dalam pincak peringatan 50 tahun Kemerdekaan RI dan peringatan 100 tahun Kebangkitan Nasional.

Penjelajahan diluar kesenian tradisi, seperti bergabung dengan Guruh Gypsi, Swara Mahardika, Gong 2000. Bersama dengan Podjama, grup musik Jazz asal Swiss berkolaborasi membuat sebuah album yang diedarkan di Swiss. Selain itu juga melakukan kolaborasi dengan Richard Marx, Sadao Watanabe, Orkes Symphony Jakarta, Erwin Gutawa Orchestra, Elfa Secioria, Dwiki Dharmawan, Twilite Orchestra, Nusantara Symphony Orchestra memberikan pengalaman budaya yang bervariasi dalam perjalanan kiprah berkesenian LKB Saraswati.

Bersama Kompiang Raka, salah satu pendiri LKB Saraswati yang kini duduk sebagai Ketua sekaligus Direktur Artistik, telah menjelajahi berbagai forum pentas Internasional, antara lain : Australia, Jerman, Perancis, Hongkong, Thailand, Jepang, Cyprus, Malaysia, Belanda, Denmark, Norwegia, Italia, Swedia, Finlandia, Spanyol, Austria, Maroko, Mesir, Yunani, India, Amerika, Singapura, RRC, Korea dan Belgia.

@america Pacific Place, Pukul 14:00 - 20:30 WIB, Kompetisi Cosplay  Talking Marvellites #3.

Memanggil semua penggemar Marvel, Tidak sabar menunggu seri TV InHuman dan film Thor baru? Maka ikutilah perayaan seharian penuh, yang dipersembahkan untuk dunia superhero ini! Kenakan kostum karakter terbaikmu dan ambil bagian dalam kompetisi cosplay kami untuk memenangkan hadiah besar.

Galeri Salihara, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Pukul: 09.00 WIB–17.00 WIB, Pameran Satu Ruang 2017

Acara berlangsung pada (Kamis 6/7) – Sabtu (8/7)

Pameran Satu Ruang 2017, merupakan sebuah pameran yang menunjukkan sebuah bentuk kesadaran akan minimnya fasilitas untuk kaum difabel dalam lingkup pantai di Indonesia yang tertuang dalam 25 rancangan terbaik hasil kompetisi Satu Ruang. Kenali dan perdalam lebih jauh isu sosial ini melalui diskusi bersama pembicara-pembicara yang kompeten dalam bidangnya. Guest speaker: Gufroni Sakaril  DPP PPDI (Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia)“Pandangan dan Harapan Kaum Difabel terhadap Fasilitas Umum di Indonesia”, Guest speaker: Cosmas Gozali “Fasilitas Umum di Indonesia Terhadap Kebutuhan Penyandang Disabilitas dalam Lingkup Arsitektur”.

Contact person:LINE: natashabrenda, Hp: 087881816638, Instagram: @satu.ruang

Minggu, 9 Juli

Galeri Indonesia Kaya,  pukul 15:00,  Pertunjukan Magical Music oleh Cascade Trio & Robert Stevan

Acara musik chamber, yang berkolaborasi dengan magic dan light painting ini merupakan salah satu cara yang menarik dan kekinian untuk mengenalkan musik chamber kepada masyarakat luas. Ditemani dengan Robert Stevan, seorang ilusionis, Cascade Trio menggabungkan lagu-lagu Indonesia dengan ilusi ajaib untuk menghibur penonton.

Cascade Trio terbentuk di tahun 2013 di Yogyakarta. Sejak pertunjukan publik pertamanya di tahun 2014, trio ini telah bermain di banyak pertunjukan dan festival, baik di Indonesia maupun di mancanegara, seperti di Valencia dan Amerika. Trio ini beranggotakan Airin Efferin sebagai pianis, Ade Sinata sebagai pemain cello dan Lidya Evania Lukito sebagai pemain biola. Robert Stevan adalah seorang mentalis dan pelukis cahaya pertama di Indonesia. Tak hanya ilusi dan light painting, pria lulusan Prasetya Mulya ini juga memembantu orang-orang dalam motivasi maupun pelatihan public speaking.

Atrium f5, fX Sudirman, Jakarta , 11.00-18.00 WIB,  The First indoor Campground in Jakarta, Playcamp for Summer Champs.

Acara berlangsung pada Sabtu (8/7) – Minggu (16 /7)

Acara antara lain:  Indoor Camping Experience, Mini Fishing Pond, Art & Craft Playdate, Fun Cooking, and many more.

Biaya Pendaftaran: Grup Playdate: Rp210.000, All Days Access: Rp410.000

FX Sudirman bersama dengan Playdate Planner dengan bangga mempersembahkan "Playcamp for Summer Champs".Pendaftaran PLAYCAMP, akan dimulai pada 8-16 Juli 2017 dari jam 11 pagi sampai jam 6 sore di Atrium f5, fX Sudirman, Jakarta. Biaya reguler adalah Rp60.000 / hari untuk 1 anak dan 1 orang dewasa. Untuk harga khusus, Anda bisa mendaftar di paket spesial: Grup Playdate (untuk empat anak atau untuk empat hari / anak): Rp210.000, All Days Access (dari 8 hingga 16 Juli 2017 untuk 1 anak): Rp410.000

Info dan kontak: WA / SMS: 081808765073, Email: plannerplaydate@gmail.com, Facebook: Playdate Planner, Instagram: @playdate_planner, Google Translate for Business:Translator ToolkitWebsi

@america Pacific Place, 14:30 WIB - 20:30 WIB, Pemutaran Film Penerbangan, Aviation Film Fest Explore. Experience. Express.

Kamu sudah dengar? Simulator penerbangan F-16 asli akan hadir ke @america! Jadi mari melompat ke kursi pilot dan melayang tinggi dengan film-film terbaik Amerika mengenai penerbangan!

Markas Brigif Para Raider 17 Cijantung, Jakarta Timur, Lomba  Lari Kujang The Messenger Run 2017

Dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Kujang 1 Kostrad Cijantung Jakarta Timur akan menggelar Lomba Lari 8K memperebutkan total hadiah Rp 45 Juta. Lomba lari yang mengambil start dan finish di Markas Brigif Para Raider 17 Cijantung, Jakarta Timur ini mengambil tema “Kujang The Messenger Run 2017”.

Para pelari yang tampil harus membaca dan menghafal pesan yang ditampilkan di garis start. Kemudian, mereka wajib menuliskan kembali pesan yang diterima secara tepat di garis finish. Selain itu, katanya, para pelari akan melewati 9 rintangan dalam rute larinya dengan konsep “Kill The Messenger”. “Tercepat belum tentu menang”. Pelari tercepat apabila pesannya tidak tepat dianggap gagal dan pemenang akan jatuh ke pelari berikutnya yang menuliskan pesan dengan tepat.

Peserta dibagi dalam tiga kelompok yakni umum, TNI/Polri, dan pelajar putra-putri. Bagi yang berminat dapat langsung mendaftar secara online atau offline dengan biaya pendaftaran sebesar Rp150.000

Pendaftaran: Online (20 Mei-7 Juli 2017) : imroadrunner.com/situs/kujang-run-2017, Offline (15 Juni-7 Juli 2017) : Markas Brigif Para Raider 17, Cijantung, Jakarta

Info dan kontak: Telp 1: 082126853760 (Didik), Telp 2: 082292520909 (Fauzan), Telp 3: 08567834482 (Anggun) Website: imroadrunner.com

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja

Back to Home