Google+
Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:44 WIB | Jumat, 08 Maret 2019

Acara Akhir Pekan 9 – 10 Maret 2018

Horas Samosir Fiesta 2019. (Foto: blog.darmawisataindonesia.co.id)

SATUHARAPAN.COM –  Pertunjukan tari dan seni, pameran kerajinan, Syariah Halal Festival, Indonesia Baloon Art Festival (IBAF), Bekasi Festival Kuliner Indomaret 2019, Bazaar Kuliner Betawi Ngeganyem, dan Jakarta Syariah Halal Festival, akan memeriahkan acara akhir pekan Anda di Ibu Kota pada bulan Maret ini.

Selain itu, beberapa acara digelar di beberapa daerah, antara lain Bandung Eksotika Batik Indonesia 2019, Banjarmasin, Sasirangan Festival 2019, di Medan dan SPlaza Medan Fair, Sumut Heritage, dan Horas Samosir Fiesta 2019 .

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta

Sabtu, 9 Maret

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15:00 WIB, Pertunjukan Tari Bokal oleh Wan Dance Studio

Bokal dalam (dialek Kampar) dapat diartikan sebagai bekal atau perbekalan. Bokal merupakan interpretasi akan makna dan filosofi dari sastra lisan dan silat yang terdapat di daerah Kampar. Bokal ditafsirkan sebagai sebuah upaya membentengi diri terhadap hal-hal yang bisa merusak sistem dan pemahaman, karya bokal jauh lebih kepada persiapan benteng diri menghadapi kehidupan berdasarkan  agama dan adat istiadat.

Bisikan sastra lisan yang mengalir di telinga dari mulai kita melihat dunia ini diinterpretasikan sebagai sebuah upaya penyelematan dini yang dilakukan oleh orang tua kita. Silat hadir sebagai sesuatu yang sangat kompleks sebagai sebuah bekal hidup, hal ini dapat dirasakan baik secara fisikal maupun nilainya, penyatuan dua objek yang secara maknawi mempunyai tujuan yang sama, coba ditafsirkan ke dalam karya Bokal.

Ide berdirinya Wan Dance Studio bermula dari melihat pesatnya perkembangan kreativitas seni, terutama seni tari di daerah Pekanbaru-Riau. Timbul rasa dan didorong oleh pengalaman yang pernah didapat hingga lahirlah kemauan dan kreativitas untuk dapat memelihara, mengembangkan, serta melestarikan seni budaya di daerah pada khususnya dan nasional pada umumnya.

Dari pemikiran dan pandangan yang sama Wan Harun Ismail SPd MSn (koreografer), Viogi Rupiyanto (komposer), dan teman-teman seniman lain berkumpul dengan membentuk sebuah komunitas seni. Pada tanggal 14 Februari 2014 di Kota Pekanbaru ditetapkan berdirinya komunitas tari ini yang diberi nama “Wan Dance Studio“.

 Atrium 1, Lippo Mall Puri, Jakarta,  Pameran Kerajinan Enchanting Batavia – Kampoeng Betawi

Acara berlangsung pada Selasa (5/3) – Minggu (10/3).

Khusus untuk merayakan peringatan 30 tahun Lippo Malls Indonesia, dihadirkan pameran Anna Avantie - Pasar Tiban "Kampoeng Betawi" hanya di Atrium 1, Lippo Mall Puri. Datang dan saksikan pameran di mana Anda dapat menemukan produk dan kerajinan fesyen Indonesia.

Info dan kontak: Facebook: Lippo Mall Puri, Twitter: @lippomallpuri, Instagram: @yourlippomallpuri

Cendrawasih Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Syariah Halal Festival (JashFest) 2019

Acara berlangsung pada Kamis (7/3) – Sabtu (9/3).

Jakarta Syariah Halal Festival 2019 adalah event yang berlangsung selama 3 hari, menjadi wadah edutaintment untuk pengenalan produk syariah, dan produk halal bagi masyarakat umum. Dan juga sebagai ajang pameran dan promosi bagi para pelaku usaha, guna mendukung terciptanya lifestyle ekonomi halal dan berlandaskan syariah. Jashfest 2019 mengambil tema “Arah Baru Pengembangan Ekonomi Syariah & Halal Industri".

Exhibitor: Pembiayaan Syariah, Financing Technology (Fintech), Produk Ö Produk Halal, Destinasi Halal, UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), Startup, Umroh & Haji

Konten acara: Exhibition, Conference

Workshop/Takshow (Mini Stage), Fashion Show, Live Performance,

Harga tiket masuk Gratis, Tiket Conference (Daily Pass/3 Days Pass) | Berbayar, Tiket Mini Stage (Per Topic) | Gratis & Berbayar

Tiket dapat diperoleh di: jashfest.id/tiket

Schedule conference: jashfest.id/conference

Info dan kontak: Instagram: @jasfest.id, Website: jashfest.id

Oval Atrium, Ciputra World Surabaya, Indonesia Baloon Art Festival (IBAF) 2019

Acara berlangsung pada Jumat (8/3) – Minggu (17/3), Senin - Jumat pukul 12.00 - 22.00 (last entry pukul 21.00), Sabtu - Minggu pukul 10.00 - 22.00 (last entry pukul 21.00).

Indonesia Baloon Art Festival (IBAF) 2019 adalah Balloon Art Exhibition pertama di Surabaya yang diselenggarakan oleh Adalima bersama Mynicorner dan Ciputra World Surabaya, yang menyuguhkan rangkaian instalasi terbuat dari +/- 180.000 balon rancangan komunitas #indoballoonartistclub bertema “Enchanted Forest” yang terbagi menjadi 5 zona, yaitu Fantasy Land, War Zone, Fairy Village, Dragon Dungeon dan Children Fantasy Activities.

Aktivitas : 8-17 Maret: Balloon Art Exhibition, 9 Maret: Balloon Art Competition (grup), 10 Maret: Balloon Art Competition (individu), 11-14 Maret: Balloon art workshops

Info dan kontak: Facebook: Ciputra World Surabaya, Instagram: @ciputraworldsby, Website: ciputraworldsurabaya.com

Bundaran Tarian Langit, Kota Harapan Indah – Bekasi, Festival Kuliner Indomaret 2019

Acara berlangsung pada pada Sabtu (9/3) - Minggu (10/3).

Menghadirkan 30 Menu Kuliner Spesial Serba Rp10.000!  Nikmati 11 Kuliner Jajanan Indomaret, antara lain: 10 Kreasi Es Krim Spesial , 9 Kreasi pasta dan masih banyak lagi.

Kupon presale serba Rp 5.000,- dengan i-saku bisa dibeli di Indomaret. Maksimal pembelian 5 kupon/member/hari

Yuk ajak keluarga dan semua teman kamu ke Festival Kuliner Indomaret ya

Info dan kontak: Facebook: Indomaret, Instagram: @indomaret

Parkir Outdoor Lobby Utama City Plaza – Jatinegara, Jakarta Timur, Pukul 10.00 – 22.00, Festival Budaya Urang Minang Baralek Gadang 2019

Acara berlangsung pada Jumat (8/3) – Minggu (10/3).

Saksikan kemeriahan dan kemegahan pertunjukan kesenian dan budaya Minangkabau mulai dari tradisional hingga modern. Dihadiri oleh pelaku seniman, tokoh publik, usahawan, social entrepreneur, dan dihibur oleh artis-artis Minang.

Menghadirkan konsep pasar kuliner tradisional tempo dulu, pengunjung akan dibawa bernostalgia ke zaman dahulu dengan mengkombinasikan dengan objek foto sehingga menjadi Social Media Friendly dan Instagramable bagi pengunjung.

Dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan dan kesenian lain: Permainan KIM, Parade Tambua Tasa, Tarian, Akustik Minang, Standup Comedy Minang, Sulap, BeatBox, Musikalisasi Puisi, Silat, Randai, Rabab, Saluang, dan lain-lain.

Diselingi oleh: Aneka Bazaar Kuliner, Produk UKM, Talkshow Artis Minang, Permainan Tradisional Minangkabau.

Catat tanggalnyo sanak, dan ajak kawan-kawan lainnyo bakumpua basamo dalam satu rasa, satu jiwa, satu hati, menyaksikan dan melestarikan kesenian budaya Minangkabau di tanah perantaun. "Dima Bumi Dipijak di Situ Langik Dijunjung".

Info: Bagi dunsanak Nan nio berpartisipasi/tampil mempertunjukkan bakat dan keterampilan untuk memeriahkan acara kito. Silakan WA/Call ke 081284501546 (Bobi)

Tiket Masuk Gratis dan Terbuka untuk Umum!

Powered by : 3M – Komunitas Muda Mudi Minangkabau. Komunitas Seni berbasis kreativitas bagi Generasi millenial Minangkabau @mudamudiminangkabau , @kabarantau

Atrium 3 (UG) Lippo Mall Puri Jakarta, Home Building Exhibition’s

Acara berlangsung pada Senin (4/3) – Minggu (17/3).

Wujudkan bangunan impianmu hanya di sini, Build a Home 2. Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 4 Maret hingga 17 Maret 2019 berlokasi di Atrium 3 (UG) Lippo Mall Puri.

Temukan berbagai perlengkapan rumahmu:

Info dan Kontak: Facebook: Lippo Mall Puri, Twitter: @lippomallpuri, Instagram: @yourlippomallpuri

Terrace Area Flavour Garden, Cibubur Junction, Bazaar Kuliner Betawi Ngeganyem  

Acara berlangsung pada Senin (4/3) – Minggu (10/3).

Siape di sini yang doyan ngeganyem alias kulineran? Yuk dateng ke Ngeganyem Bazaar Kuliner Betawi. Banyak makanan khas Betawi yang dijajakan lhooo.

Yuk, download Styles. Aplikasi info Mall dan promo Cashback. Belanja jadi lebih menguntungkan!

Menu kuliner: Kerak Telor, Toge Goreng, Gabus Pucung, Tahu Gejrot, Laksa, Nasi Uduk, Lontong Sayur, Gado Gado, Karedok, Rujak, Asinan Betawi, Lupis, Kue Cubit, Ongol-Ongol, Kue Pepe, Gulali, Selendang Mayang, Es Kopyor, Es Doger, Es Putu Mayang, dan masih banyak lagi

Info dan kontak: Facebook: Cibubur Junction, Twitter: @CJ_Lippomalls, Instagram: @cibuburjunction

@america Pacific Place, Pukul 15.30 - 17.30, Light of Hope for Little Heroes

@america merayakan hari yang menyenangkan dan memberi dengan pertunjukan boneka dan pertunjukan musik.

 Menampilkan: Maya Hasan (Harpist Indonesia)

Istana Plaza, Bandung, Eksotika Batik Indonesia 2019

Acara berlangsung pada Senin (4/3) – Minggu (4/10).

Buat kalian yang sedang berburu fashion item jangan lewatkan Eksotika Batik Indonesia

Temukan berbagai produk hijab, batik tenun, aksesoris dan kerajinan (craft) yang kamu sukai di sini.

Info dan kontak: Telp: 085100540794, Whatsapp: 082240096592

Siring Menara Pandang Banjarmasin, Banjarmasin Sasirangan Festival 2019

Acara berlangsung pada Rabu (6/3) – Minggu (10/3).

Event tahunan yang sangat ditunggu-tunggu seluruh masyarakat Kota Seribu Sungai akan segera digelar.

Agenda Banjarmasin Sasirangan Festival: Bazaar dan Expo – Menampilkan berbagai macam produk dengan bahan dan motif kain Sasirangan, Pesta Karnaval BSF – Para model memperkenalkan model unik kain Sasirangan kepada warga, Arak-arakan Kain Sasirangan – Warga Banjarmasin mengarak kain Sasirangan yang disambung untuk memeriahkan acara festival, tarian adat Banjarmasin – Tarian adat Banjarmasin yang menggunakan kostum Sasirangan, Peserta Anak-anak – Pawai Sasirangan juga diikuti oleh anak-anak yang mengenalkan kreasi kain Sasirangan, Kreasi Kain Sasirangan – Festival BSF juga memperkenalkan beragam kreasi pakaian dan kostum berbahan kain Sasirangan, Pawai Sasirangan – Ibu-ibu PKK menampilkan payung Sasirangan, Rangkaian Workshop & Lomba Banjarmasin Sasirangan Festival, Pelatihan Sasirangan Pewarna Alam, Forum Diskusi Sasirangan, Lomba Desain Motif Sasirangan, Lomba Fashion Show Sasirangan

Info dan kontak: Website: bsf.banjarmasinkota.go.id

Plaza Medan Fair, Sumut Heritage

Acara berlangsung pada Kamis (7/3) – Minggu (31/3)

Untuk pertama kalinya dalam 30 tahun, @lippomallsindonesia akan merayakan ulang tahunnya secara serentak di seluruh nusantara.

Di dekadenya yang ketiga, Lippo Malls Indonesia mengangkat tema Nusantara untuk perayaan ulang tahun “3 Dekade” Lippo Malls Indonesia.

Plaza Medan Fair dan Lippo Malls Regional Sumatera Utara, mengangkat Tema Sumut Heritage yang bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal dan melestarikan budaya bangsa.

Rundown acara: Vintage Festival pada Rabu (7/3) – Minggu (10/3), Donor Darah bersama YOAM pada Minggu (16/3), Beauty Class with Natasha Minggu (17/3), Wedding Nusantara Senin (25/3) – Minggu (31/3), Carnaval Lippo Malls Sumut Minggu (31/3)

Info dan kontak: Facebook: Plaza Medan Fair, Twitter & Instagram: @plazamedanfair

Minggu, 10 Maret

Galeri Indonesia Kaya, Pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Seni Hom Pim Pah oleh Guruh Se-Balane

Teks lagu Hom Pim Pah Alaihom Gambreng, atau sering disebut Hom Pim Pah ini, memiliki arti yang sangat dalam. Kata-kata ini adalah adaptasi dari kosakata bahasa Sansekerta yang membentuk kalimat dengan arti ‘dari Tuhan kembali ke Tuhan, mari kita bermain’.

Kedalaman arti kata dari wujudnya yang tampak bersahaja tersebut mencerminkan ajaran luhur bagi anak-anak untuk senantiasa melakukan perbuatan sekecil apa pun dengan penuh keseriusan dan berjiwa besar.

Konsep Hom Pim Pah dapat dikatakan sebagai  “dunia bermain-main” yang dilakukan secara sungguh-sungguh, karena dalam sebuah permainan pasti memiliki aturan-aturan yang sudah disepakati secara bersama.

Hom Pim Pah oleh Guruh Se-Balane merupakan bagian dari Ruang Kreatif: 

Danau Toba, Pulau Samosir Sumatera Utara, Horas Samosir Fiesta 2019

Acara berlangsung pada  Kamis (7/3) – Minggu (29/12).

Siapa yang tak kenal Danau Toba. Salah satu pesona keindahan yang dimiliki Indonesia dari Tanah Batak, Sumatera Utara. Tak hanya dikenal dengan keindahannya, Danau Toba juga memiliki unsur budaya yang sangat kental. Setiap tahunnya Danau Toba, tepatnya di Pulau Samosir, selau menggelar berbagai festival budaya yang menarik perhatian para wisatawan. Salah satunya, Horas Samosir Fiesta 2019 ini.

Horas Samosir Fiesta merupakan sebuah program pengembangan pemasaran pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Samosir. Event ini terdiri dari Event Budaya, Event Sport Tourism, dan Event Musik berskala Internasional.

Rangkaian Horas Samosir Fiesta akan dimulai dari tanggal 7 Maret 2019, dan akan berakhir hingga 29 Desember 2019. Tidak hanya menampilkan festival berskala nasional, Horas Samosir Fiesta juga menggelar festival berskala internasional, di antaranya; Samosir Music International Festival, Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia, dan Samosir Lake Toba Ultra Marathon.

Selain ketiga festival internasional tersebut juga akan ada festival lainnya, yaitu Toba Audax (7-11 Maret 2019), Sigale-gale Carnaval (31 Mei 2019), Festival Gondang Naposo (08-09 Juni 2019), Horja Bius (05-06 Juli 2019), Samosir Lake Toba Ultra (20-21 September 2019), Lake Toba Film Festival (15-16 November 2019), dan Chrismast Season (28-29 Desember 2019).

Gymnasium UPI Bandung, Pekan Olahraga Seni STBA (Posta)

Merupakan serangkaian kegiatan yang berisi perlombaan akademik, kesenian, dan olahraga tingkat SMA dan Umum kemudian diakhiri dengan acara malam puncak yang akan dimeriahkan oleh penampilan spesial dari guest star-guest star pilihan.

Acara ini mengangkat tema “The Highlight of Parahyangan” yang menonjolkan budaya dan kesenian yang dimiliki khususnya kebudayaan Sunda.

Harga Tiket Masuk (HTM): Presale Rp 10.000, OTS Rp 15.000

Info dan Kontak: Instagram: @official_posta

Savoy Homann Hotel Jl Asia Afrika Bandung, Pukul 07.00 – selesai, Workshop Fotografi “Art Deco in Bandung”

Harga tiket masuk  Rp 250.000.

Bertepatan dengan peringatan hari jadi Hotel Savoy Homann yang ke-80, hotel dengan gaya bangunan Art Deco ini akan kembali ke nama semulanya yakni Hotel Savoy Homann, setelah sempat bernama Hotel Bidakara Grand Savoy Homann.

Ngomong-ngomong soal Hotel Savoy Homann, tanggal 10 Maret 2019 nanti Your Bandung dan Kelas Garasi, bakal mendapat kesempatan untuk mengenal hotel ini dengan menjelajahi berbagai sudut bersejarah yang ada di dalamnya, dan salah satu tempat yang akan dikunjungi adalah kamar yang pernah ditempati oleh Presiden Pertama RI, Bung Karno.

Di samping itu, kita juga bakal belajar cara dan teknik memotret dengan baik bareng kang Dudi Sugandi Photostory. Untuk selengkapnya, cek informasi berikut ini ya:

.“Art Deco in Bandung” Photography Workshop

Dengan 250 ribu saja kamu bisa dapetin pengalaman unik meotret berbagai bangunan Art Deco di Bandung, Tour Sejarah di Savoy Homann dan bangunan Art Deco lainnya, Sertifikat, Door Prize, Goodie Bag, Coffee Break sama makan siang loh!

Info dan kontak: Gitta 082219001601, Irfan 085722730320

 

 

Editor : Sotyati

UKRIDA
Zuri Hotel
Back to Home