Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:14 WIB | Jumat, 03 Maret 2017

Acara Hiburan Akhir Pekan 4- 5 Maret 2017

Ilustrasi: Opera Ikan Asin. (Sumber: siteloket.com)

SATUHARAPAN.COM – Aneka acara seperti pertunjukan tari, teater, festival dan bazar makanan, orkestra, pertunjukan teater, festival, dan pameran seni, memeriahkan akhir pekan ini di Ibukota.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

 

Sabtu, 4 Maret

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00: Pertunjukan Tari Stand.Go.Go

Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, pada pukul 15.00 menyajikan Pertunjukan Tari Stand.Go.Go oleh Otniel Dance Community.

Stand.Go.Go terinspirasi dari kesenian tari Lengger Banyumas, nama yang diambil dari istilah nglenggeri  yang berarti gerakan khas geleng-geleng, karena penari Lengger mampu membuat penonton kagum dan terhibur dengan kesederhanaannya, hingga muncul kalimat geleng-geleng gawe geger.  Kesederhanaan yang disuguhkan melalui gelengan kepala, gerakan pundak dan pinggul itulah, yang akan ditampilkan dalam karya ini.

Interpretasi yang disuguhkan melalui karya Stand.Go.Go ini tetap akan membawa serta ciri khas dan estetika Lengger sebagai kesenian rakyat, dengan kemasan yang diperuntukkan bagi semua kalangan serta dibawakan dengan musik tari yang membuat semua, baik penari dan penonton geleng-geleng.

Pertunjukan ini merupakan salah satu komunitas terpilih di program Ruang Kreatif: Bincang Seni Pertunjukan Indonesia, program edukasi seni pertunjukan dari Galeri Indonesia Kaya yang mencangkup teori dan praktik dalam proses pembuatan seni pertunjukan.

Ciputra Artpreneur Theater: Opera Ikan Asin Teater Koma`s Produksi 147

Ciputra Artpreneur Theater di Jl Prof Dr Satrio, Karet Kuningan, Setia Budi, Jakarta Selatan, menyajikan “Opera Ikan Asin” Teater Koma`s produksi 147. Penampilan ke-1: Sabtu (4/3) pukul  19.30, Penampilan ke-2, Minggu (5/3), pukul 13.30.

Mekhit alias Mat Piso, raja Bandit, menikah dengan Poli. Ayah Poli, Natasasmita Picum, penguasa seluruh pengemis di Betawi marah, karena pernikahan dilakukan tanpa persetujuannya. Picum meminta Amalia istrinya, menyusun skenario agar Mekhit dapat dikirim penjara. Tapi, Mekhit selalu berhasil melarikan diri.

Kartamarma, polisi yang dikenal dengan julukan  Harimau Coklat, sebenarnya teman terbaik Mekhit. Mereka bekerja sama selama ini. Jadi, tidak heran Mekhit selalu berhasil lari dari kejaran polisi.

Natasasmita Picum akhirnya mengancam Kartamarma. Jika Mekhit tidak ditangkap, ia akan mengerahkan pasukan pengemis turun ke jalan untuk demonstrasi. Akhirnya Mekhit ditangkap dan dijatuhi hukuman mati. Tapi, sebelum ajalnya tiba, datanglah surat  keputusan dari Gubernur Jenderal. Apakah isi  surat tersebut?

Harga tiket: Kat 1: Rp 550.000, Kat 2 (Best View): Rp 850.000, Kat 3: Rp 450.000, Kat 4: Rp 300.000 ,Kat 5: Rp 200.000, Kat 6: Rp 150.000.

Informasi:  www.teaterkoma.org, Ticket Info: 0217359540, 0217350460, 082122777709.

Kuningan City, Jakarta Selatan: Pameran Urban Toy Stage 2017

SOTOY, kelompok pencinta dan desainer mainan urban, bekerja sama dengan Catalyst Arts untuk pertama kali mengadakan pameran dan bazar designer toys bertajuk Urban Toy Stage, di Kuningan City Jakarta Selatan, Jumat (3/3) –  Minggu (5/3).

Para desainer lokal Indonesia akan menampilkan desain mainan berbeda, lebih layak disebut karya seni dibanding alat untuk bermain.

Promotion Officer Urban Toy Stage Catherine Patricia mengatakan acara toy fair kali ini hadir dengan konsep segar yang menampilkan karakter mainan lokal kreasi desainer. Meskipun belum banyak diangkat, sebenarnya tidak sedikit juga desainer mainan lokal yang namanya sudah dikenal dan pernah pameran di luar negeri.

Salah satu contohnya adalah Paulus Hyu, peserta pameran Urban Toy Stage yang pernah melakukan pameran di Toy Art Gallery, Amerika Serikat.

Urban Toy Stage juga akan menampilkan desainer toys karya 42 visual artists dari Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Pekanbaru, Banjarmasin, dan Surabaya. Masing-masing akan membawa karakter toy yang menjadi ciri khas mereka maupun yang mereka custom dari karakter toy desainer lain.

Di samping itu juga akan ada toy makers market, agar penggiat urban toys bisa berinteraksi langsung dengan calon pembeli karya, dan beragam workshop kreatif seputar urban toys, seperti Mini Skull Jewelry, Character Modelling, How to Perfectly Apply Decal to Your Toys, dan DIY Toys using Kitchen Ingredients. Pengunjung dapat merasakan langsung serunya membuat karakter toy sendiri dan mencoba berbagai medium yang biasa digunakan untuk membuat toy.

Saat ini Urban Toy Stage juga sedang membuka Toy Custom Challenge lewat Instagram di mana siapa saja diajak untuk menggambar interpretasi mereka akan karakter yang dibuat SOTOY menggunakan perangkat digital. Gambar yang terpilih akan dipamerkan saat acara dan gambar terfavorit akan mendapatkan hadiah menarik.

Harga tiket masuk (HTM): Gratis.

Atrium Pasar MOI, Kelapa Gading, pukul, 10.00-22.00: Beach Party Food & Fashion Bazaar

Beach Party Food & Fashion Bazaar digelar pada Kamis (2/3) – Minggu (5/3) di Atrium Pasar MOI, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pukul, 10.00-22.00 WIB.

Akan ada Meet & Greet dan Talkshow dengan Haruka Nakagawa, anggota JKT 48, serta sesi foto dengan Haruka.

Jangan lewatkan lomba makan makanan pedas, dan lomba mewarnai untuk anak-anak.  Akan ada pula Foodhunting Food Blogger yang terpopuler yaitu  @jktfoodbang dan @anakjajan,  juga Accoustic Live dari JCMS band untuk menghibur Anda.

Info dan kontak  Telp 1: 081319511081, Telp 2: 08994049092,  Instagram: @weekendmarketjkt.

Minggu, 5 Maret

Galeri Indonesia Kaya,  pukul 15.00: Pertunjukan tari Bali Gebug Light-Bala Samar

Komunitas Seni SEKAR (Seniman Karangasem) menggelar pertunjukan tari Bali Gebug Light-Bala Samar di Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00.  

Gebug Light-Bala Samar merupakan tarian yang dipertunjukkan dalam panggung gelap. Ide itu terilhami beberapa pertunjukan sakral di Bali, di mana penari adalah medium oleh para dewa-dewi ataupun roh-roh halus yang disucikan turun ke dunia. Gebug Light- Bala Sama sendiri berbicara mengenai salah satu tradisi budaya Desa Seraya, Kabupaten Karangasem, yang dilaksanakan terkait saat mulai musim kemarau, yaitu Gebug Ende (Perang Rotan). Masyarakat Seraya mengadakan tradisi religius untuk memohon turunnya hujan.

Komunitas Seni Dewari Swari digagas sejak tanggal 19 Nopember 2015 oleh beberapa pemuda-pemudi kreatif di Banjar Mijil, Kecamatan Sidemen, Kabupaten Kaangasem. Berbagai event telah diikuti dalam menyukseskan segala bentuk kegiatan seni dari pemerintah kabupaten ataupun provinsi (Bali).  Anggota yang tergabung saat ini mayoritas berusia di bawah 20 tahun.

Karya-karya yang sudah ditampilkan oleh Dewari Swari yakni Makaro Lemah, 360,Teror dalam Diri Seni, Bestulilut, Pamedal, Gebug Bala Samar.

SEKAR terbentuk 6 Juni 2015 atas kesadaran tentang seni, seniman, kesenian, kesenimanan, daya dan budaya bukan tentang politik atau hal-hal yang menyangkut kepentingan pribadi dalam sebuah organisasi seni. Sebagian besar aktivitas dilakukan di Puri Gede Karangasem dan keanggotaan SEKAR untuk saat ini masih didominasi siswa-siswi SMA/sederajat yang memiliki spirit ‘Karangasem Muda, Kaya Seni dan Budaya’.

Kampus ITB Ganesha Bandung:  ITB DAY 2017

ITB Day 2017 meliputi antara lain: Workshop and Tour, Seminar Nasional, Galeri Karya Ganesha, Xplore Ganesha, Tour Laboratorium, Xpedisi 50, Laboratorium ITB Ganesha,  Edufair, Wahana Informasi Keilmuan & Kemahasiswaan, Bioskop AMI, Food & Beverages, Galeri Bisnis Ganesha, Wonderwall, Photobooth.

Harga Tiket Masuk (HTM): Gratis

Info dan kontak: Facebook: Aku Masuk ITB 2017, Twitter & Instagram: @akumasukitb,  Website: akumasuk itb.com

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home