Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:26 WIB | Senin, 03 Februari 2020

Aceh Barat Siapkan Rp8,1 Miliar Bangun 95 Unit Rumah Dhuafa

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Aceh Barat, Bukhari. (Foto: Antara)

MEULABOH, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat sudah mengalokasikan anggaran sebesar Rp8,1 miliar di tahun 2020 untuk membangun 95 unit rumah bantuan yang diperuntukkan bagi kaum dhuafa atau masyarakat miskin tersebar di 12 kecamatan di daerah itu.

Bantuan tersebut untuk 85 unit yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) Tahun 2020 dengan alokasi anggaran sebesar Rp7,2 miliar lebih, sedangkan dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) sebanyak 10 unit dengan alokasi anggaran Rp910 juta.

“Sebelum dilakukan pembangunan, pemerintah daerah akan melakukan verifikasi untuk memastikan calon penerima layak atau tidak layak untuk mendapat bantuan,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Aceh Barat, Bukhari, Minggu (2/2) di Meulaboh.

Selain melakukan verifikasi data yang masuk melalui proposal, tim juga langsung melihat kondisi tempat tinggal warga yang memang layak dibantu sehingga dapat diusulkan juga bantuan rumahnya.

"Nama-nama yang telah diajukan melalui proposal ke Dinas Perkim dilakukan verifikasi kembali melalui tim terpadu, tujuannya untuk mengetahui calon penerima apakah memenuhi syarat atau tidak untuk dibantu,” kata Bukhari menambahkan.

Hal ini sesuai arahan Bupati Aceh Barat H Ramli MS agar penerima bantuan tepat sasaran dan tidak jatuh kepada orang yang tidak berhak.

Selain melihat kondisi fisik rumah, tim juga menilai kondisi sosial dan ekonomi keluarga serta aset yang dimiliki.

Proses verifikasi faktual berlangsung mulai tanggal 30 Januari 2020 dan diperkirakan berakhir pada tanggal 20 Februari 2020 mendatang.

Hingga Minggu sore, telah melakukan verifikasi di 12 desa di Kecamatan Sungai Mas yakni Desa Kajeung, Tungkop, Sarah Perlak, Sakuy, Gleng, Gaseu, Geudong, Tutut, Gunong Buloh, Tanoh Mirah, Sipot dan Ramiti.

Disebutkannya, hasil verifikasi tersebut selanjutnya akan dilaporkan ke Bupati H Ramli MS untuk ditentukan kembali terhadap calon penerima yang layak atau tidak untuk mendapat bantuan.

"Semoga di akhir masa pemerintahan Bupati H Ramli MS bantuan RTLH ini dapat mencapai 10.000 unit sesuai yang ditarget Bupati H Ramli MS," harapnya. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home