Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 08:12 WIB | Rabu, 27 Mei 2015

Aceh Utara Berikan Pendidikan Anak Rohingya

Sejumlah siswa memberikan donasi uang untuk pengungsi Rohingya di SD Islam Terpadu Bina Amal, Semarang, Senin (25/5). Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebut jumlah pengungsi Rohingya yang berada di Indonesia sekitar 12 ribu jiwa saat ini masih diverifikasi untuk menunggu penempatan di negara ketiga. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

LHOKSEUMAWE, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh akan mencarikan solusi, untuk memberikan layanan pendidikan dan tempat bermain bagi anak-anak pengungsi Rohingya.

Kepala Bagian Humas Kabupaten Aceh Utara, Amir Hamzah di Lhokseumawe, Selasa (26/5) mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera memindahkan para pengungsi Rohingya yang berada TPI Kuala Cangkoi, Kecamatan Lapang, Kabupaten Aceh Utara akan segera dipindahkan di tempat yang lebih bagus.

“Nantinya kalau sudah dipindahkan ke tempat yang lebih bagus, kita akan berikan layanan pendidikan kepada anak-anak pengungsi Rohingya tersebut,” ujar Amir Hamzah, tanpa menyebut secara detail kemana akan dipindahkan.

Amir menambahkan, mengenai bagaimana format pendidikannya kita akan membahas bersama-sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Utara dan dengan pihak-pihak terkait lainnya.

Pendidikan memang sangat penting karena itu merupakan sebagai hak dasar, selama ini mereka belum tentu bisa mengecap pendidikan dengan baik. Maka kita dari Pemerintah Kabupaten Aceh Utara berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pendidikan.

Ia menambahkan, kita juga akan melakukan kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memberikan ahli bahasa, sehingga dalam mengikuti proses pendidikan para anak-anak Rohingya dapat memahaminya.

Ia menambahkan, dalam memberikan materi pendidikan nantinya akan disesuaikan dengan usia masing-masing, misalnya akan diberikan pendidikan PAUD bagi mereka yang masih kecil-kecil dan juga akan diberikan pula materi pendidikan agama.

“Selama mereka masih berada di Aceh Utara, kita akan memberikan pelayanan dengan baik, terutama fasilitas kesehatan dan sarana prasarana penting lainnya. Karena proses penampungan ini masih membutuhkan waktu yang lama. Kita berharap nantinya ada solusi-solusi yang terbaik bagi mereka,” ujar Kepala Bagian Humas Pemkab Aceh Utara. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home