Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:09 WIB | Rabu, 12 Agustus 2015

Afrika Menuju Benua Bebas Polio

Ilustrasi: Afrika akan menjadi bebas polio. (Foto: who.int)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Afrika menandai tanggal 11 Agustus 2015 sebagai hari bebas polio, sejak kasus polio terakhir terdeteksi satu tahun lalu di benua itu. Badan Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, tidak ada lagi  kasus polio di tanduk Afrika, sejak kasus terakhir ditemukan di Somalia Tengah pada 11 Agustus 2014. Meskipun belum disertifikasi secara  resmi sebagai  negara bebas polio, ada kemajuan penting menuju pemberantasan polio di benua itu.

Nigeria akan menjadi negara endemik terakhir di wilayah Afrika, yang sejak tahun lalu hingga tanggal 24 Juli 2015 tanpa kasus polio. Jika hasil laboratorium menunjukkan dalam beberapa minggu mendatang belum ada yang mengkonfirmasi terjadinya kasus baru di Nigeria, dan apabila Badan Kesehatan Dunia wilayah Afrika telah mengawasi secara ketat selama dua tahun tanpa kasus polio, maka sertifikasi sebagai negara bebas polio dapat diberikan Africa Regional Certification Commission.

Penilaian dan pengawasan wabah polio di beberapa negara di tanduk Afrika selesai pada Juni 2015, sebuah tim penilai menyimpulkan bahwa penyebaran di Kenya dan Ethiopia juga telah terhenti. Walaupun di Somalia telah terdeteksi penyebaran yang rendah, namun hal ini tidak boleh diabaikan. Tim menyimpulkan, kegiatan penanggulangan wabah harus terus dilakukan di seluruh negeri.

Afrika akan bebas polio, dan jauh meninggalkan benua Asia, mengingat di dua negara penularan polio tidak pernah terputus, yakni di Pakistan dan di Afghanistan. (who.int)

Editor : Sotyati

Back to Home