Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 13:50 WIB | Jumat, 12 Agustus 2016

Agenda Hiburan Akhir Pekan 13 – 14 Agustus

Duo Endah N Rheza yang akan tampil di Galeri Indonesia Kaya, melantunkan lagu-lagu perjuangan dengan aransemen khas. (Foto: Galeri Indonesia Kaya)

SATUHARAPAN.COM – Semarak memperingati ulang tahun Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia semakin terasa menjelang detik-detik peringatan pada 17 Agustus.

Salah satu pergelaran yang mengawali rangkaian peringatan ulang tahun Kemerdekaan RI ialah pameran lukisan dan foto koleksi Istana Kepresidenan di Galeri Nasional Indonesia. Suasana peringatan kemerdekaan juga terlihat di tempat-tempat hiburan dan tempat wisata.  

Berikut pilihan Redaksi satuharapan.com tempat-tempat hiburan yang menghadirkan pameran dan pertunjukan yang dapat menemani pencinta seni dan hiburan di Jabodetabek melewatkan akhir pekan ini. 

Bentara Budaya Jakarta: Pameran Lukisan Hardi

Bentara Budaya Jakarta menggelar pameran lukisan karya pelukis Hardi, yang dibingkai dalam tajuk  “Seni, Politik dan Humanisme Hardi 65 Tahun”. Pameran yang dibuka oleh Mensesneg Pratikno, berlangsung  12 – 20 Agustus 2016 pukul 10.00 – 18.00 WIB.

Angka 65 bagi Hardi merupakan angka yang penuh makna dan harapan.  Selain untuk menandai pertambahan usia, juga untuk merefleksikan kembali perjalanan hidup baik sebagai pribadi maupun sebagai seniman.

Tema “Seni, Politik dan Humanisme” dipilih sebagai perenungan atas hasil karya yang selama ini sudah dihasilkan setelah mengikuti dinamika sosial politik di Indonesia.  Pergaulan Hardi tidak hanya lekat dengan dunia seni namun juga di kalangan politik sejak zaman Orde Baru, hingga ia sering disebut sebagai pelukis sosial.

Karya yang dipamerkan antara lain 50-an karya lukis di atas kanvas, 65 skesta, kain print, keris serta jangker hasil desain sang pelukis.

Galeri Indonesia Kaya: Endah N Rhesa

Pada Sabtu, 13 Agustus, pukul 15.00, Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta Pusat, menggelar pertunjukan “Indonesia Romantis oleh Endah N Rhesa”.

Dalam pergelaran merayakan kemerdekaan Indonesia itu, pasangan suami-istri yang tergabung dalam grup musik Endah N Rhesa, akan membawakan lagu-lagu perjuangan dengan aransemen yang unik khas duo romantis ini.

Endah N Rhesa merupakan duo musisi Indonesia yang beranggotakan Endah Widiastuti (vokal dan gitar) dan Rhesa Aditya (bass). Musik mereka bergenre Folk, Jazz, Blues, Rock N Roll dan Ballads, dan hingga saat ini duo ini telah merilis empat album.

Melodi-melodi manis bass dan gitar yang romantis akan mengajak penonton menyuarakan cinta kepada Indonesia. Berbagai lagu dengan tema kebangsaan, perjuangan dan optimisme akan disuguhkan sebagai penyemangat untuk kita menghargai perjuangan para pahlawan.

Galeri Indonesia Kaya: Alunada

Pada Minggu, 14 Agustus, pukul 15.00, Galeri Indonesia Kaya di Jakarta menghadirkan sajian musik khas Indonesia oleh kelompok musik Alunada, “Surat Cinta untuk Pahlawan”.

Alunada akan mengungkapkan ekspresi cinta kepada para pahlawan dalam nada dan kata-kata, untuk mengenang perjuangan mereka dalam merebut kemerdekaan.

Kelompok musik Alunada dibentuk pada 2008 oleh Mia Ismi (pemain biola, penyanyi), Dhany Nugraha (gitaris, perkusionis), dan Ronald Wilson (pianis). Hingga 2014, ketiga personel Alunada terlibat dalam berbagai kompetisi musik, baik nasional maupun internasional. Pada 2015, Berto Pah (pemain sasando) bergabung untuk menguatkan unsur tradisi dalam musik Alunada.

Pengalaman keempat personel Alunada sebagai delegasi musisi Indonesia ke mancanegara semakin merekatkan kelompok musik ini menuju satu visi. Bersama-sama, mereka ingin membawa musik khas Indonesia ke telinga dan hati para penikmat musik dunia.

Galeri Nasional Indonesia: Pameran Koleksi Seni Rupa Istana Kepresidenan

Galeri Nasional Indonesia di Jl Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, menggelar pameran sejumlah koleksi lukisan dan foto-foto kepresidenan. Pameran bertajuk "17|71: Goresan Juang Kemerdekaan", menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia tersebut diresmikan pada 1 Agustus 2016 dan dibuka untuk umum tanggal 2 hingga 30 Agustus 2016.

Erasmus Huis: Pameran PannaFoto

Pusat Kebudayaan Belanda, yang lebih dikenal dengan nama Erasmus Huis, menampilkan Pameran Panna Foto berjudul “Wisdom”, yang dibuka pada Kamis (4/8) dan berlangsung hingga 23 Agustus 2016.

Pameran digelar untuk memperingati 10 tahun berdirinya PannaFoto Institute, menampilkan karya para mentor, alumni, dan teman. 

Di samping pameran, acara lain juga akan digelar seperti ceramah umum, presentasi foto, dan diskusi tentang isu-isu aktual yang berkaitan dengan dokumenter foto dan perceritaan visual di Indonesia.

Taman Mini Indonesia Indah: Kesenian Daerah

Pencinta kesenian tradisional dapat menikmati atraksi Parade Reog Ponorogo se-Jabodetabek, yang berlangsung Sabtu, 13 Agustus.

Pada Minggu, 14 Agustus 2016, Anjungan Jawa Timur menyajikan Pergelaran Kesenian Daerah Duta Seni Kabupaten Lamongan, dimulai pukul 10.00 sampai selesai. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home