Google+
Loading...
FOTO
Penulis: Melki Pangaribuan 15:50 WIB | Rabu, 15 Februari 2017

Ahok-Djarot Menang di TPS Tempat Jokowi Mencoblos

Ahok-Djarot Menang di TPS Tempat Jokowi Mencoblos
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan surat suara yang telah dicoblos dan Ibu Negara Iriana memasukkan surat suara dalam kotak surat suara Pilkada DKI di Tempat Pemungutan Suara (TPS) IV Gambir, Jakarta Pusat, hari Rabu (15/2) pagi. (Foto-foto: Melki Pangaribuan)
Ahok-Djarot Menang di TPS Tempat Jokowi Mencoblos
Nama Ir. Joko Widodo disebut lebih dulu, lalu kemudian disusul istrinya Iriana menuju bilik suara.
Ahok-Djarot Menang di TPS Tempat Jokowi Mencoblos
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menggunakan pakaian adat Jawa, surjan dan blankon.
Ahok-Djarot Menang di TPS Tempat Jokowi Mencoblos
Di luar tenda TPS IV ada maskot ondel-ondel Betawi dan pengamanan dari personel Kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Paspampres tampak ikut menjaga TPS.
Ahok-Djarot Menang di TPS Tempat Jokowi Mencoblos
Keduanya terdaftar dalam pemilih tetap nomor 269 dan nomor 270.
Ahok-Djarot Menang di TPS Tempat Jokowi Mencoblos
Presiden dan Ibu Negara membubuhkan tinta di jari tangan mereka.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - Djarot Saiful Hidayat unggul telak memperoleh sebesar 153 suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) IV Gambir, Jakarta Pusat, hari Rabu (15/2) siang.

TPS IV Gambir merupakan tempat pencoblosan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana.

Perolehan suara Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni sebanyak 48 suara, Basuki Tjahaja Purnama - Djarot Saiful Hidayat sebanyak 153 suara, dan Anies Rasyid Baswedan - Sandiaga S. Uno sebanyak 77 suara dengan total 278 suara pemilih sah dan tiga suara tidak sah.

Jumlah total pengguna suara sebesar 281 suara dari 493 daftar pemilih tetap (DPT) atau sebanyak 212 DPT tidak menggunakan hak suara mereka di TPS IV.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana sebelumnya menggunakan hak suaranya dalam Pilkada DKI di TPS IV Gambir, Jakarta Pusat, hari Rabu (15/2) pagi.

Joko Widodo datang sekira pukul 10.02 WIB dengan mengenakan batik coklat lengang panjang dan Iriana juga mengenakan pakaian corak coklat terang dan bawahan batik. Keduanya terdaftar dalam pemilih tetap nomor 269 dan nomor 270.

Jaga Persatuan

Jokowi sempat duduk mengantre seperti warga DPT lainnya. Nama Ir. Joko Widodo disebut lebih dulu, lalu kemudian disusul istrinya Iriana menuju bilik suara. Usai mencoblos, Presiden menyempatkan bersalaman dengan petugas KPPS dan pengawas TPS IV.

"Saya dan istri sebagai warga DKI Jakarta telah menggunakan hak pilih untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta," kata Jokowi usai mencoblos di TPS IV, Gambir, Jakarta, hari Rabu (15/2).

Presiden  berharap pilkada yang tidak hanya di DKI tetapi juga di seluruh Indonesia berjalan dengan penuh kegembiraan. Karena menurutnya, pilkada merupakan pesta demokrasi rakyat.

"Jangan sampai perbedaan pilihan politik memecah kita, memecah persatuan kita, dan kita harapkan semuanya bisa kembali setelah pilkada ini sebagai saudara, kita semuanya menjaga persatuan dan kesatuan kita," imbaunya.

Ondel-ondel, Surjan, dan Blankon

TPS IV Gambir berlokasi di Jalan Tanah Abang Timur Dalam, nomor 15, Gambir, Jakarta Pusat atau menempati halaman parkir kantor Dewan Nasional Indonesia untuk Kesejahteraan Sosial (DNIKS).

Ada 493 warga yang terdaftar sebagai pemilih tetap di TPS ini yang terdiri dari laki-laki sebanyak 251 jiwa dan perempuan 242 dengan keterangan status perkawinan 307 jiwa, belum kawin 157 jiwa, dan pernah kawin 29 jiwa.

Pemungutan suara dilakukan pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 13.00 WIB.

Pengamatan satuharapan.com yang menarik di lokasi TPS IV ialah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menggunakan pakaian adat Jawa, surjan dan blankon sementara di luar tenda ada maskot ondel-ondel Betawi.

Selain itu sejumlah personel pengamanan dari Kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Paspampres tampak ikut menjaga TPS.

 

Back to Home