Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 13:19 WIB | Selasa, 30 Agustus 2016

Ahok: Pendapatan ERP Bisa Subsidi Transportasi Umum

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menilai, langkah penggunaan sistem jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) dinilai lebih bermanfaat. Pasalnya, pendapatan dari ERP bisa digunakan untuk subsidi transportasi umum di Ibukota.

"ERP efektif karena ada uang yang masuk. Itu yang akan kami subsidi balik ke transportasi, kalau ganjil genap kan nggak ada subsidi baliknya," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, hari Selasa (30/8).

Ahok mengharapkan, jika semua berjalan dengan baik, seluruh angkutan umum di Jakarta bisa digratiskan. Apalagi ERP juga dinilai berhasil di negara tetangga, Singapura.

"Saya bilang sudahlah, teknologi baru kan kita belum tahu. Lebih baik meniru teknologi yang sudah puluhan tahun di pasang Singapura atau di Eropa itu saja, dan teknologinya harus open, sistem terbuka," katanya.

Saat ini, ERP memasuki proses lelang. Jika tidak ada kendala, ditargetkan bisa terpasang pada tahun 2017. Ratusan perusahaan sudah mendaftar prakualifikasi lelang ERP yang dibuka sejak tanggal 29 Juli lalu.

"ERP sekarang sedang proses lelang, mungkin tahun depan bisa jalan. Karena yang paling efektif pembatasan kendaraan sebenarnya memang dengan ERP," ujar Ahok. (beritajakarta.com)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home