Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 07:55 WIB | Selasa, 07 Maret 2017

Air India Sukses Penerbangan Dunia dengan Seluruh Staf Perempuan

Kru perempuan Air India berfoto setelah menyelessaikan penerbangan dari New Delhi ke San Francisco International Airport (SFO). (Foto: twitter.com/flysfo)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM - Maskapai penerbangan nasional India mengklaim pada Senin (6/3), bahwa mereka menetapkan sebuah rekor baru dengan penerbangan fase pertama di dunia yang seluruh awak pesawatnya perempuan.

Air India mengatakan bahwa Boeing 777 melakukan perjalanan dari Delhi ke San Francisco dan melakukan perjalanan pulang dengan seluruhnya awak perempuan pada pekan lalu, dalam sebuah penerbangan pertama mengelilingi dunia.

Maskapai tersebut, yang pada masa lalu mendapatkan kritik karena melarang puluhan awak kabin perempuan untuk terbang terkait berat badan mereka, mengatakan bahwa mereka sudah meminta Guinness World Records untuk memvalidasi rekor tersebut.

"Semua orang yang terlibat dalam operasi penerbangan itu -dari pilot ke petugas check-in hingga awak kabin- seluruhnya staf perempuan kami," kata juru bicara G P Rao kepada AFP.

Rao mengatakan bahwa pengendali lalu lintas udara di penerbangan akhir ke Delhi, yang kembali pada 3 Maret, adalah perempuan.

Maskapai tersebut akan mengoperasikan lagi "penerbangan perempuan" pada pekan ini untuk merayakan Hari Perempuan Internasional pada Rabu (8/3), kata Rao.

Pada tahun lalu maskapai negara tersebut mengatakan bahwa mereka melakukan penerbangan non-stop selama 17 jam untuk menciptakan sebuah rekor baru dalam penerbangan yang seluruh stafnya perempuan. 

Beberapa tahun terakhir Air India melakukan beberapa inisiatif untuk memperbaiki keluhan pada kesetaraan gender.
 
Bulan Januari lalu Air India merilis kursi khusus untuk perempuan di penerbangan domestik setelah muncul banyaknya laporan pelecehan seksual oleh penumpang. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home