Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 20:13 WIB | Kamis, 27 September 2018

Aksi Global Kelompok Lintas Iman untuk Perangi Perubahan Iklim

Ilustrasi. Seruan bagi komunitas agama untuk berubah demi kehidupan lebih baik, demi generasi masa depan, demi semua ciptaan. (Foto: Life is for Living/Shutterstock)

SATUHARAPAN.COM – Didukung oleh banyak kelompok agama di seluruh dunia, termasuk Dewan Gereja Dunia (World Council of Churches/WCC), kampanye “Living the Change” menyerukan kepada orang-orang beriman untuk merefleksikan jejak ekologis mereka dan mengambil tindakan untuk menekannya.

“Hari ini semua orang perlu melakukan apa yang mereka bisa, sebagai lembaga dan individu,” kata Pdt Henrik Grape, Koordinator Kelompok Kerja WCC tentang Perubahan Iklim. “Sebagai orang beriman, kami ingin mewujudkan keinginan untuk bertindak dengan juga berkomitmen untuk berubah; untuk benar-benar menjalani perubahan itu,” katanya.

Dengan mengunjungi situs web kampanye, orang dapat dengan mudah mencari tahu lebih banyak dan berkomitmen pada sesuatu yang lebih relevan dalam konteks dan keadaan mereka sendiri.

Sebagai mitra kampanye Living the Change, WCC mengundang konstituennya untuk mengambil bagian dalam aksi global antaragama ini, yang menunjukkan bahwa komunitas agama di seluruh dunia bersedia untuk berubah demi apa yang menyebabkan orang miskin, berubah demi generasi masa depan, dan ciptaan.

Para pemimpin agama juga didorong untuk berdiri dan berkata, “Saya berkomitmen untuk…”, sebagai cara untuk memberi contoh bahwa itu bisa dilakukan.

Selama beberapa dekade, WCC telah menyoroti pentingnya menekuni perubahan iklim secara serius. Melalui kerja advokasi, WCC dan kelompok agama lain telah mencoba selama bertahun-tahun untuk mempengaruhi para pembuat keputusan untuk bertindak demi keadilan iklim. Sampai taraf tertentu pesan telah sampai kepada para pemimpin dan Perjanjian Paris 2015 adalah tanda akan harapan.

Namun, masih ada rasa urgensi untuk bertindak yang agaknya tertinggal.

“Jadilah bagian dari perubahan yang ingin Anda lihat. Sekarang ada kemungkinan untuk mengambil bagian dalam gerakan global untuk perubahan dan berkomitmen terhadap perubahan dalam hidup Anda,” tutup Grape. (oikoumene.org)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home