Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:56 WIB | Selasa, 25 Oktober 2016

Aktivis Perang Anti-Vietnam Tom Hayden Tutup Usia

Tom Hayden. (Foto: The Daily Beast)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Aktivis perdamaian Tom Hayden, yang pandangan radikalnya menjadi bagian penting dalam gerakan Perang anti-Vietnam pada 1960-an, meninggal dunia dalam usia 76 tahun.

Istri Hayden, aktris Kanada sekaligus penulis Barbara Williams, mengatakan kepada CNN bahwa dia meninggal pada Minggu (23/10) malam di UCLA Medical Center di Santa Monica, California, akibat komplikasi yang berhubungan dengan serangan stroke pada 2015. Dia juga meninggalkan seorang putra hasil pernikahan dengan Barbara, Liam.

Di Twitter, akun resminya menyebutkan Hayden adalah seorang “radikal era 1960-an yang menjadi pemimpin gerakan liberal.”

Hayden adalah anggota “Chicago 7” yang didakwa dalam tuduhan federal karena konspirasi dan penghasutan kerusuhan atas demo Perang anti-Vietnam di Konvensi Nasional Demokrat pada 1968. Tuduhan tersebut dicabut setelah pengajuan banding.

Dia menjadi legislator negara bagian California selama hampir dua dekade, baik di Majelis Negara Bagian dan di Senat. Hayden pernah menikah dengan aktris sekaligus aktivis politik Jane Fonda, pada 1973 sampai 1990. Pasangan itu memiliki dua anak. (AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home