Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Reporter Satuharapan 11:15 WIB | Rabu, 11 Juli 2018

Aktor Hollywood Matt Damon Blusukan di Batang dan Kendal

Aktor, produser film, dan penulis skenario film-film Hollywood, Matt Damon (kanan), bersam Gary White, dalam kapasitas sebagai pendiri Water.org, melihat manfaat bantuan air bersih di Batang dan Kendal, Jawa Tengah, awal Juli 2018 ini. (Foto: one.org)

BATANG, SATUHARAPAN.COM – Bintang Hollywood Matt Damon, blusukan ke beberapa desa di Batang dan Kendal, Jawa Tengah, pada 4-5 Juli lalu. Sebelumnya, Selasa (3/7), secara tak terduga aktor, produser film dan penulis scenario berusia 47 tahun itu berkunjung ke sebuah koperasi di Jagakarsa, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Matt Damon datang bukan untuk syuting film, tetapi untuk melihat langsung fasilitas air bersih dan sanitasi yang merupakan bagian kerja sama otorita setempat dengan Water.org.

Water.org, yang Matt Damon dan Gary White menjadi pendirinya, adalah sebuah badan yang memusatkan perhatian pada upaya penyediaan air bersih dan sanitasi di banyak negara.

Sejak didirikan 25 tahun lalu, sudah lebih dari 12 juta orang mendapat manfaat dari berbagai program Water.org, yaitu dapat mengakses air bersih dan memiliki fasilitas sanitasi yang memadai.

Cek Fasilitas Air Bersih dan Sanitasi

Didampingi Direktur Operasional Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), lembaga keuangan mikro yang menjadi mitra Water.org, Matt Damon dan Gary White mengunjungi Desa Kertosari, di Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Dengan seksama, seperti dilaporkan Eva Mazrieva dari VOA, keduanya menyimak cerita anggota-anggota Komida tentang fasilitas air bersih dan sanitasi yang berdampak positif pada keluarga mereka.

Salah seorang anggota, Wanuti, bahkan mengajak keduanya datang ke rumahnya. Dengan bersemangat ibu tiga anak yang berusia 35 tahun itu menunjukkan fasilitas sanitasinya yang baru, yang dibangun dengan pinjaman dari Komida.

Sebelumnya, Wanuti dan ketiga anaknya harus antre panjang untuk mandi dan buang hajat di kamar mandi umum. Namun, kini berkat kredit sanitasi dari koperasi, keluarga Wanuti memiliki fasilitas sanitasi dan kamar mandi yang disebutnya “lebih bermartabat”.

Dalam keterangan pers yang didapat VOA, dari Desa Kertosari, Matt Damon dan rombongan singgah ke Desa Denasri Kulon, yang masih terletak di Kabupaten Batang.

Direktur PDAM Yulianto yang ikut mendampingi mereka menjelaskan peningkatan sambungan saluran air bersih sejak bekerja sama dengan Water.org pada 2016, kini sudah mencapai 41.527 sambungan rumah tangga. Semula PDAM menargetkan 2.900 sambungan baru, tetapi kini mereka berhasil melampaui target dan menjangkau 3.457 sambungan saluran air yang baru ke rumah-rumah.

“Jason Bourne” Kunjungi Pesantren Sabillun Najah

Puas mendengar cerita warga yang mendapat sambungan saluran air bersih yang baru, pemeran utama serial “Bourne” ini bertolak ke Psantren Sabillun Najah di Desa Selopanjang Barat, di Kabupaten Batang.

Di pesantren yang asri, Matt Damon dan Gary White mendapat pengalaman yang sama sekali berbeda. Cerita santri-santri pesantren sungguh membesarkan hati karena kini mereka tidak perlu lagi berjalan jauh hanya untuk mendapatkan air bersih. Berkat program “WaterConnect” yang disediakan PDAM Batang bekerja sama dengan Water.org, para santri kini memiliki lebih banyak waktu untuk belajar dan bermain.

Tak puas mendengar jawaban itu, Matt Damon masih menanyakan beberapa hal kepada para santri, antara lain soal kebersihan dan higienitas.

Selain melihat langsung implementasi program WaterConnect, lengkap dengan ketersediaan fasilitas air bersih dan sanitasi, Matt Damon juga datang ke BPR BKK Kendal guna membahas produk pinjaman berbasis komunitas.

BPR BKK Kendal adalah program lain yang digagas Water.org untuk membantu menyediakan akses pembiayaan bagi Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) di desa untuk memperluas jaringan air bersih bagi warga yang membutuhkan, terutama mereka yang berpendapatan rendah.

Secara keseluruhan, kunjungan Matt Damon dan Gary White, dua pendiri Water.org, di Jakarta dan Jawa Tengah memberi gambaran lebih dalam tentang kondisi akses air bersih dan fasilitas sanitasi sesungguhnya di Indonesia, serta jalinan kerja sama yang dijalin dengan badan keuangan mikro, perusahaan air, dan warga setempat untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih baik. (voaindonesiacom)

Editor : Sotyati

Back to Home