Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 11:22 WIB | Selasa, 03 Mei 2016

Aktris Cate Blanchett Duta UNHCR

Artis dan duta PBB Cate Blanchett (kiri) baru-baru ini mengunjungi Yordania untuk bertemu keluarga pengungsi yang telantar akibat konflik di Suriah. (Foto: theguardian.com/UNHCR/Jordi Matas)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - PBB, pada Senin (2/5), menyatakan telah meminta aktris Australia pemenang Oscar, Cate Blanchett, untuk membantu meningkatkan kesadaran tentang penderitaan yang dialami pengungsi, di tengah krisis pengungsian global.

Badan PBB yang mengurusi pengungsi, UNHCR, menyebutkan, telah menunjuk Blanchett sebagai Duta UNHCR yang baru, peran yang sebelumnya diemban bintang film AS Angelina Jolie.

“Saya sangat bangga dapat menerima peran ini,” kata Blanchett dalam sebuah pernyataan, menekankan bahwa tidak pernah ada waktu yang lebih penting lagi untuk mendukung pengungsi dan menunjukkan solidaritas.

“Kami hidup di tengah krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan harus ada tanggung jawab bersama di seluruh dunia, “ katanya, seperti diberitakan AFP.

“Tahun lalu, rekor 60 juta orang di seluruh dunia mengungsi dari rumah mereka, dan lebih dari sepertiga di antaranya hidup sebagai pengungsi,“ kata UNHCR.

Namun, solidaritas baru-baru ini tampaknya berkurang di Eropa, contohnya, yang mengalami lonjakan xenofobia, karena didera krisis imigrasi terburuknya sejak Perang Dunia II.

“Rasanya kita seperti berada di persimpangan jalan, apakah kita akan memilih jalan yang penuh kasih atau sebaliknya memilih jalan yang tidak mempertimbangkan toleransi,“ kata Blanchett.

“Sebagai sebagai seorang ibu, saya ingin anak saya memilih jalan yang penuh kasih,” katanya.

Sebelum pengangkatan itu, Blanchett telah bekerja sama dengan UNHCR selama lebih dari satu tahun, untuk meningkatkan kesadaran pengungsi. Pada 2015, ia pergi ke Lebanon untuk bertemu pengungsi Suriah dan mendengar tentang pengalaman orang-orang tanpa kewarganegaraan sebagai bagian dari dukungannya untuk Kampanye #IBelong UNHCR.

Dia juga telah mendukung Hari Pengungsi Dunia, untuk krisis pengungsi Eropa, dan menghadiri Konferensi Perempuan Dunia di New Delhi mewakili UNHCR, dan dalam diskusi panel tingkat tinggi tentang krisis pengungsi global.

Filippo Grandi, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, mengatakan dia "sangat senang" Blanchett telah mengambil peran baru ini.

"Duta yang baik memainkan peran penting dalam menciptakan pemahaman publik yang lebih baik dan dukungan bagi pengungsi, dan tidak pernah memiliki kepentingan selain membangun jembatan tersebut," katanya, seperti dilansir dari unhcr.org.

"Dia telah menunjukkan komitmen yang besar dan kami berharap melihat dia menginspirasi lebih banyak orang dalam peran barunya," kata dia.

 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home