Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:24 WIB | Rabu, 19 Februari 2020

Al Sabaab Serang Militer Somalia, 12 Tewas

Pasukan keamanan berjaga di puing-puing kendaraan setelah serangan bom kendaraan di ibu kota Somalia, Mogadishu, pada 8 Januari 2020. (Foto: dok. dari AP)

MOGADISHU, SATUHARAPAN.COM-Militan anggota kelompok teroris Al Shabaab menewaskan sedikitnya 12 tentara Somalia dan secara singkat menguasai pangkalan militer itu di barat daya ibu kota pada hari Rabu (19/2), kata para pejabat.

Seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan diri di pangkalan militer El Salini sebelum orang-orang bersenjata menyerbu dan secara singkat menduduki tempat itu, kata polisi. Militer merebut kembali pangkalan itu setelah bala bantuan datang.

"Mereka mengambil pangkalan dan mengambil senjata dan amunisi, ini termasuk senjata anti-pesawat yang ditempatkan pada (kendaraan) pickup," kata Nur Ahmed, seorang perwira polisi dari Afgoye di wilayah Shabelle bawah.

Perwira militer lainnya, Ismail Ali, mengatakan 12 tentara tewas dan komandan pangkalan itu terluka. Pihak kelompok Al Shabaab mengaku bertanggung jawab atas serangan itu.

"Kami mengambil pangkalan. Kami mengambil dua (kendaraan) pickup dengan senjata antipesawat. Kami menghancurkan empat kendaraan militer lainnya," kata Abdiasis Abu Musab, juru bicara operasi militer Al Shabaab, mengatakan kepada Reuters. Dia mengatakan para penyerang telah membunuh 15 tentara.

Al Shabaab telah memerangi pemerintah Somalia yang didukung PBB selama lebih dari satu dekade. Negara di Tanduk Afrika itu telah berada di tengah-tengah perang saudara sejak 1991, setelah panglima perang menggulingkan seorang diktator, tetapi kemudian saling berhadapan dalam perang. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
7 Dasawarsa BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home