Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 16:57 WIB | Jumat, 03 Juli 2015

Alasan Kristenisasi, Acara Kamp Gereja Dibubarkan

Ilustrasi. Salah satu kegiatan outbond di Bumi Perkemahan Wonogondang Cangkringan, Sleman, DIY. (Foto: web Wonogondang)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Front Jihad Islam (FJI) dengan dukungan polisi membubarkan acara berkemah 1.500 Siswa Kristen usia SD dan SMP di Bumi Perkemahan Wonogondang di Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

Anggota FJI mengklaim bahwa acara yang diselenggarakan oleh sebuah gereja dari Surakarta, Jawa Tengah itu tidak dilengkapi dengan izin penuh dari polisi.

“Penduduk setempat gelisah pada kegiatan kristenisasi dan kegiatan yang tidak sah,” kata komandan FJI cabang Yogyakarta Abdul Rohman kepada The Jakarta Post pada Kamis (2/7).

Kejadian itu berlangsung pada Rabu saat acara ini akan dimulai. Puluhan anggota FJI dan orang-orang dari kelompok Islam lainnya tiba di lokasi dan menuntut untuk melihat izin dari penyelenggara.

Para anggota kelompok intoleran ini juga menurunkan spanduk, memblokir jalan, dan mencegah peserta dari luar kota masuk daerah perkemahan yang terletak di kaki Gunung Merapi.

Kamp, bertema “Reclaiming His Love,”—Memperbarui Kasih-Nya—diselenggarakan oleh gereja Advent di Surakarta dan dijadwalkan berlangsung pada 1– 5 Juli.

Peserta datang dari berbagai kota di luar Yogyakarta, dan dari kabupaten sejauh Jawa Tengah, Jawa Timur, Jakarta dan Sumatera.

“Kalau izin sudah dikantongi, acara itu dapat diselenggarakan,” kata Abdul, yang mengaku bahwa ia datang ke lokasi atas undangan warga lokal Wonogondang.

Secara terpisah, Kepala Kepolisian Resort Sleman Ajun Komisaris Besar Faried Zulkarnean mengatakan bahwa ia mengerahkan 80 personel polisi setelah menerima informasi bahwa FJI dan kelompok Muslim lainnya akan bertemu di lokasi.

“Kami tiba untuk memberikan keamanan bagi setiap peserta berkemah,” kata Faried.

Dia mengatakan bahwa tampaknya penyelenggara berkemah belum dilengkapi dengan izin lengkap dari polisi. Hanya memiliki izin dari Kepolisian Sektor Cangkringan.

“Ini adalah kegiatan keagamaan yang melibatkan peserta dari luar provinsi. Mereka harus memberi tahu Polres Sleman, Polda Yogyakarta, Mabes Polri, dan Kementerian Agama,” kata Faried.

Selama mediasi antara FJI dan acara penyelenggara, Faried meminta penyelenggara untuk memenuhi persyaratan perizinan.

   Baca juga:

Penyelenggara meninggalkan lokasi pada Kamis pagi. Sejauh ini belum satu pun dari mereka bisa dihubungi.

Manajer Bumi Perkemahan Wonogondang Bambang Kotir menjelaskan bahwa ia telah mengatur izin untuk acara hanya sampai Polsek Cangkringan.

“Penyelenggara mengklaim mereka telah meminta izin dari pejabat polisi di Mabes Polri, dan bahwa mereka telah menerima izin verbal, tetapi tertulis belum,” kata Bambang.

Dia menambahkan bahwa warga yang mendukung tur, penginapan, dan makanan di sekitar lokasi menyesal dengan pembatalan ini. Menurut rencana, para peserta akan menikmati kunjungan alam dan belajar bagaimana membuat batik.

Sementara itu, aktivis Sobat Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (Sobat KKB) Dwi Rusbiyati menyatakan penyesalan atas insiden tersebut. Dia mengatakan bahwa polisi Yogyakarta harus lebih bersedia untuk melindungi kelompok minoritas.

“Jika ada sesuatu yang kurang dalam prosedur perizinan, polisi seharusnya membantu untuk menyelesaikannya,” kata Dwi.

Dwi menambahkan bahwa klaim FJI bahwa kamp merupakan upaya kristenisasi adalah ketakutan tak berdasar yang tidak bisa dibuktikan, karena acara ini hanya ditujukan untuk siswa SD dan SMP.

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home