Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 08:25 WIB | Selasa, 24 Maret 2015

Alat Deteksi Sidik Jari Tanpa Sentuh

Forensic Hyperspectral Imager. (Foto: waseda.jp)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Para peneliti Jepang menyatakan telah mengembangkan sebuah alat baru yang dapat mendeteksi sidik jari tanpa menyentuh permukaan jari.

 Tim yang terdiri atas peneliti Universitas Waseda, Institut Riset Nasional untuk Ilmu Kepolisian, dan sebuah perusahaan swasta tersebut, mengembangkan alat yang disebut “Forensic Hyperspectral Imager” itu.

 Alat tersebut mampu mendeteksi sidik jari dalam satu menit dengan menangkap pantulan sinar laser hijau khusus dari lemak dan protein.

Para peneliti tersebut mengungkapkan, mereka menggunakan teknik penginderaan jarak jauh yang dikembangkan untuk pengamatan bumi dari satelit.

Alat tersebut sangat ringkas, yang cukup satu koper saja sehingga tidak repot membawanya, seperti dikemukakan Profesor Sota Takayuki dari Sekolah Tinggi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dengan metode identifikasi yang canggih, alat ini mampu meningkatkan kemampuan tim forensik dalam menciptakan keamanan di masyarakat dengan mendeteksi tersangka dan menahannya.

Mereka akan mencoba meningkatkan kegunaan alat tersebut dan memangkas biaya produksi dan menargetkan aplikasi sebenarnya dalam dua tahun mendatang. (nhk.or.jp/waseda.jp)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home