Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:32 WIB | Senin, 24 Februari 2020

Alkitab Langka King James Dijual Rp 1 Miliar, Tertarik?

Ilustrasi. King James Bible. (Foto: kiro7.com)

OAKWOOD, SATUHARAPAN.COM - Bibliofil dan penggemar sejarah dapat berkumpul untuk melihat koleksi toko buku asal Ohio, Amerika Serikat (AS) yang akan menawarkan edisi pertama langka King James Bible (KJV).

KJV Bible akan dijual minggu ini dengan harga $85.000 atau setara Rp 1.168.561.248.

“King James Bible berbeda karena bukan hanya terjemahan Alkitab ke dalam bahasa Inggris yang paling berharga dan tahan lama, tetapi juga salah satu karya monumental sastra Inggris,” kata Owen Kubik, presiden perusahaan itu dalam sebuah pengumuman, Rabu pekan lalu.

Alkitab KJV dikembangkan oleh para sarjana di bawah otoritas Raja James I Inggris dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1611.

"Ini masih banyak digunakan di gereja-gereja saat ini dan dikenal karena beberapa prosa yang paling indah dalam bahasa Inggris," kata Kubik seperti dilansir dari kiro7.com, hari Jumat (21/2).  

“Kata-kata Alkitab King James bergema sepanjang hidup kita hari ini. Banyak orang mungkin tidak menghadiri gereja, tetapi mereka mengenali ayat-ayat seperti 'Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku,' dan 'Pada mulanya, Allah menciptakan langit dan bumi.'”

Kubik mengatakan bahwa toko tersebut menjual edisi pertama yang langka dan asli yang dicetak pada tahun 1611.

Kubik mengatakan melalui email kepada Dayton Daily News bahwa buku itu berasal dari milik seorang kolektor pribadi di Texas.

"Kami dirujuk oleh keluarga kolektor, karena kami terkenal dalam perdagangan buku langka atau kuno," katanya. "Aku sudah melakukan ini selama 35 tahun hingga sekarang."

Jika buku tidak dijual di Oakwood, toko akan memamerkannya di Pameran Buku Antik New York mulai 5 hingga 8 Maret 2020 di Park Avenue Armory di East Side.

"Kami berharap untuk menjualnya di NYC tetapi ingin agar orang-orang Dayton terlebih dahulu melakukannya," kata Kubik.

Ada dua versi edisi pertama yang beredar, ia menjelaskan dalam rilisnya: “Great He Bible” dan “Great She Bible,” referensi yang salah ketik dalam satu versi pada Ruth 3:15, di mana kata ganti “dia” (laki-laki) digunakan sebagai ganti “dia” (perempuan).

Kata Kubik, “Kami memiliki versi 'Great She'.”

Alkitab akan dipajang di Kubik Fine Books, 24 Park Ave., Oakwood, mulai siang hingga 4 sore, setiap hari Senin hingga Sabtu minggu ini.

Toko buku kubik didirikan pada tahun 1985. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi toko buku online di www.kubikbooks.com.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home