Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:24 WIB | Selasa, 11 Oktober 2016

Alumni IPB Siap Distribusikan Benih Padi Unggulan

Ilustrasi: Panen perdana produksi benih padi IPB 3S dan IPB 4S di KP Pusakanegara, Subang (19/5/2015). (Foto: bbpadi.litbang.pertanian.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – “Alumni Institut Pertanian Bogor siap mendistribusikan benih padi unggul IPB 3S ke berbagai wilayah di Indonesia,“ kata Ketua Umum Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (HA IPB) Bambang Hendroyono.

"Himpunan Alumni IPB sangat mendukung pengembangan dan penyebarluasan benih padi IPB 3S," kata Bambang lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin (10/10).

Dia berharap, upaya dan komitmen HA IPB dalam mendukung pengembangan benih padi IPB 3S bermanfaat untuk almamater dan masyarakat luas.

Bambang mencontohkan, Dewan Pengurus Cabang Himpunan Alumni  (DPC HA) IPB Subang, sudah berhasil menanam padi benih IPB 3S dengan produktivitas tinggi, lebih dari delapan ton/hektare atau di atas rata-rata produktivitas padi varietas lain.

Menurut dia, keberhasilan DPC Subang harus diteruskan sehingga manfaat benih padi unggul semakin tersebar dan berkontribusi terhadap program swasembada pangan nasional.

Benih padi unggul IPB 3S, kata dia, merupakan inovasi IPB yang jika dikembangkan lagi mempunyai keunggulan potensi hasil panen mencapai 11,2 - 13,4 ton/hektare.

Kelebihan lain, benih padi tersebut memiliki umur tanam pendek sekitar 112 hari, tahan kekeringan, tahan penyakit tungro dan serangan hawar daun bakteri Patotipe III, tekstur nasi pulen dan cocok ditanam di berbagai jenis lahan.

Kendati demikian, Bambang mengatakan pengembangan IPB 3S terkendala ketersediaan benih sumber. Untuk itu, dia mendorong Himpunan Alumni IPB untuk menjadi pelaku gerakan kemandirian pangan secara nasional.

"DPP HA IPB harus menjadi mitra almamater dan pemerintah provinsi masing-masing untuk menerapkan teknologi dan inovasi IPB sebagai bentuk upaya bersama mencapai kemandirian pangan," kata Bambang yang juga SekretarisJenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home