Loading...
INDONESIA
Penulis: Prasto Prabowo 11:05 WIB | Selasa, 28 Januari 2014

Alutsista Baru, Korps Marinir Terima Total 54 Unit Tank Amfibi BMP-3F

Korps Marinir TNI AL menerima puluhan tank amfibi BMP-3F buatan Rusia. (Foto : garudamiliter.blogspot.com)

SITUBONDO, SATUHARAPAN.COM – Tahun 2014 ini masih menjadi tahun panen alat utama sistem senjata (alutsista) bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Setelah TNI AU menerima pesawat tempur/latih taktis T-50i Golden Eagle dan melengkapi satu skadron penuh Sukhoi Su-27/30 kini giliran Korps Marinir TNI AL. Tank amfibi BMP-3F sebanyak 37 unit melengkapi 17 unit yang telah datang tahun 2010 lalu. Korps Marinir resmi mengoperasikan total 54 tank amfibi canggih ini. Selain 54 unit Tank BMP-3F, Korps Marinir juga menerima satu unit kendaraan recovery BREM-L.  Tank BMP-3F ini selain bekemampuan tempur, juga bisa digunakan untuk mengangkut 7 personel pasukan tempur bersenjata lengkap.

Acara serah terima 37 tank BMP-3F ini dilakukan di area titik tinjau T12, Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Korps Marinir TNI AL Karang Tekok, Asem Bagus, Situbondo Jawa Timur pada 27 Januari 2014. Seperti dilansir arc.web,id, acara didahului dengan simulasi latihan tempur puluhan tank BMP-3F menyerbu musuh. Masing-masing tank menembakkan meriam ke sasaran musuh. Para hadirin yang terdiri dari Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko, Kepala Staf TNI AL Laksamana Marsetio, Dubes Rusia untuk Indonesia Mikhail Galuzin, serta pejabat negara lainnya menyaksikan serunya simulasi tempur yang dilakukan oleh Korps Marinir tersebut.

Sebelum serah terima, dilakukan pendidikan dan pelatihan pengoperasian BMP-3F selama 5 bulan di pabrik tak ini di Kurganmashzavod, Kurgan, Rusia. Para prajurit Korps Marinir tiba pada pertengahan bulan Juni 2013 lalu dan selesai melaksanakan pelatihan pada bulan November 2013. Materi pelajaran yang diterimakan dalam bentuk teori di kelas, praktek lapangan di pabrik, serta praktek uji coba senjata, mengemudi di darat, laut, serta praktek melaksanakan evakuasi tank di Ground Test Facility yang berjarak sekitar 30 km di luar kota Kurgan, Rusia.

Selain itu dilakukan pula latihan pengetahuan tentang pengawakan dan pengoperasian kendaraan tempur BREM-L sebagai kendaraan recovery. BREM-L dilengkapi berbagai peralatan seperti crane kapasitas 11 ton, peralatan las aluminium, potong plat, dan peralatan perbengkelan lainnya untuk mendukung pemeliharaan menyeluruh BMP-3F.

Spesifkasi teknis tank BMP-3F adalah :

Berat : 18,7 ton
Tinggi : 2,4 meter
Lebar : 3 meter
Panjang : 7,14 meter
Mesin : UTD-29M diesel 500 hp (375 kW)
Senjata : 1 buah meriam kaliber 100 mm, 1 buah meriam 2A70 kaliber 30 mm dan 3 buah 7,62 mm machine gun
Suspensi : torsion bar
Kru : 3
Kemampuan angkut pasukan : 7

 

Editor : Prasto Prabowo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home