Loading...
BUDAYA
Penulis: Bayu Probo 20:06 WIB | Selasa, 14 Juli 2015

Amanda Seyfried Menyoal Ketidakadilan Gender Industri Film

Amanda Seyfried. (Foto: AFP)

LOS ANGELES, SATUHARAPAN.COM – Amanda Seyfried mengungkapkan bahwa ia dibayar hanya 10 persen dari aktor pembantu prianya dalam sebuah film dengan anggaran besar. Judulnya tidak ia sebut. Padahal, saat itu ia dan sang aktor, sama-sama terkenal di Hollywood.

Bintang film Mamma Mia!, Mean Girls, Ted 2, dan Les Misérables ini mengatakan kepada Sunday Times, Sabtu (11/7) bahwa jalan masih panjang untuk mempersempit kesenjangan pembayaran dalam industri film berdasarkan gender. “Beberapa tahun yang lalu, di salah satu film beranggaran besar, saya mendapati saya dibayar 10% dari bayaran aktor pria pasangan saya. Padahal, kami cukup setara dalam status,” katanya kepada surat kabar dari Inggris ini.

   Baca juga:

“Saya kira orang berpikir bahwa hanya karena saya bukan orang yang sulit dan melakukannya dengan hati, saya hanya dibayar sedikit ... Ini bukan tentang berapa banyak yang Anda dapatkan, ini tentang keadilan,” katanya, menambahkan bahwa para aktris “harus berani memutuskan tentang hal ini”.

Seyfried bergabung dengan daftar para aktor yang mengeluh tentang ketidaksetaraan bayaran di Hollywood. Saat pidato penerimaan penghargaan sebagai aktris pendukung terbaik di Oscar tahun ini, Boyhood Patricia Arquette mengatakan: “Sudah waktunya untuk memiliki kesetaraan upah untuk semua.”

Desember lalu, hacker menyusupi sistem email di studio Sony dan mengungkapkan kesenjangan yang lebar antara gaji pria dan wanita di Hollywood. Bintang laki-laki Christian Bale dan Bradley Cooper dibayar 9% dari keuntungan film American Hustle, sementara Amy Adams dan Jennifer Lawrence masing-masing menerima 7%—meskipun fakta bahwa Lawrence adalah pemenang Oscar.

Pada Mei, setelah peretasan email Sony, pemenang Oscar Charlize Theron menjelaskan rekayasa kenaikan gaji $ 10 juta (Rp 134 miliar) yang membuat bayarannya dia setara dengan aktor pembantu Chris Hemsworth untuk prekuel Snow White, The Huntsman. “Saya berpikir tentang kejadian di luar sana—mendapati bayaran Jennifer [Lawrence] dan Amy [Adams] dibandingkan dengan aktor pria rekan mereka ... Padahal, mereka bekerja sangat baik,” dia berkata. “Ya, itu membuatku marah.”

Bintang Twilight Kristen Stewart dan Far from the Madding Crowd Carey Mulligan menyebut Hollywood sebagai bersifat sangat seksis dan “menjijikkan”. Baru-baru ini, Rose McGowan menjadi berita utama setelah menulis melalui Twitter tentang permintaan pada aktris untuk memamerkan belahan dada mereka dengan bra push-up dalam film yang dibintangi Adam Sandler. Dia kemudian mengungkapkan bahwa dia telah dipecat oleh agennya akibat kehebohan ini. (theguardian.com)

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home