Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 22:03 WIB | Senin, 13 Februari 2017

AMARI akan Gelar Konser Empat Musim di LIP Yogyakarta

Ilustrasi poster konser Empat Musim oleh AMARI Yogyakarta di Lembaga Indonesia Perancis (IFI-LIP) Jl. Sagan No. 3 Yogyakarta, Jumat (17/2). (Foto: AMARI Yogyakarta)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Mengangkat karya komponis jaman barok Antonio Vivaldi, Ansamble Musik Anak dan Remaja Indonesia (AMARI) Jogja akan menggelar konser Empat Musim di Auditorium Lembaga Indonesia Perancis (IFI-LIP) Jl. Sagan No. 3 Yogyakarta.

Empat Musim (Le quattro stagioni) adalah karya Antonio Vivaldi yang dibuat pada tahun 1723 terdiri dari empat konserto didesain dan diberi nama-nama musim. Setiap konserto terdiri dalam tiga bagian.

Empat Musim dipublikasikan pertama kali tahun 1725 dalam satu rangkaian yang terdiri dua belas konserto dengan judul Il cimento dell'armonia e dell'inventione. Melengkapi masing-masing irama, Vivaldi menulis rangkaian soneta untuk menyertai irama Empat Musim. Terdapat perbedaan pada perubahan tempo dalam permainan musik pada masing-masing konserto.

Musik dari setiap konserto beragam mewakili setiap musim semisal pada bagian awal  Concerto No. 4 pada F minor, Musim Dingin (L'inverno) dengan memberikan sentuhan suara gesekan string yang tinggi sebagai gambaran suara hujan es. Sementara pada Concerto No. 2 pada G minor, Musim Panas (L'estate) diberikan sentuhan hujan petir di bagian akhir.

Dihubungi satuharapan.com Senin (13/2), music director Fafan Isfandiar menjelaskan, tidak seperti konser AMARI sebelumnya yang diselingi improvisasi selama pementasan, Empat Musim akan mementaskan konser dalam komposisi aslinya.

Konser Empat Musim yang bekerjasama dengan Lembaga Indonesia Perancis (IFI-LIP) akan digelar pada Jumat (17/2) malam mulai pukul 19.00 WIB.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home