Loading...
HAM
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:39 WIB | Rabu, 20 Juni 2018

Amerika Keluar dari Dewan HAM PBB

Ilustrasi. Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley berbicara dalam pertemuan Dewan Keamanan tentang situasi antara Israel dan Palestina, Jumat, 1 Juni 2018 di markas besar PBB. (Foto: nwitimes.com/ AP/ Mary Altaffer)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Amerika hari Selasa (19/6) mengumumkan resmi keluar dari Dewan HAM PBB, dan menuduh Dewan itu “sejak lama telah menjadi pelindung pelanggar hak asasi manusia dan tempat kotor yang penuh bias politik.”

Wakil tetap Amerika untuk PBB Nikki Haley mengumumkan hari Selasa (19/6) di Departemen Luar Negeri Amerika, AS telah memberi badan HAM "peluang demi peluang" untuk melakukan perubahan. Dia mengecam dewan karena "bias kronisnya terhadap Israel" dan mengeluhkan fakta bahwa keanggotaannya termasuk para pelaku pelanggaran hak asasi manusia seperti Tiongkok, Kuba, Venezuela, dan Republik Demokratik Kongo

Kata Haley lagi, setahun yang lalu ia telah menjelaskan garis-garis besar prioritas Amerika untuk mendorong pelaksanaan HAM yang baik, “dan saya telah menyatakan Amerika akan tetap menjadi anggota Dewan HAM itu apabila reformasi-reformasi yang mendasar telah dilakukan.”

“Tetapi, rezim-rezim yang paling kejam di dunia terus saja tidak mendapat sorotan, dan Dewan HAM ini terus mempolitikkan dan mengambinghitamkan negara-negara yang punya catatan HAM yang positif dalam usaha untuk mengalihkan perhatian dari negara-negara yang melanggar prinsip HAM itu,” kata Nikki Haley.

“Karena itu, seperti kami katakan tahun lalu, kalau kami tidak melihat kemajuan apapun, Amerika secara resmi menyatakan diri keluar dari Dewan HAM PBB ini,” kata Haley.

Sekretaris Negara Mike Pompeo, muncul bersama Haley di Departemen Luar Negeri, mengatakan tidak ada keraguan bahwa dewan pernah memiliki "visi yang mulia."

"Tapi hari ini kita harus jujur, "kata Pompeo." Dewan Hak Asasi Manusia adalah pembela hak asasi manusia yang buruk. "

Pengumuman itu datang hanya satu hari setelah kepala hak asasi manusia PBB, Zeid Ra'ad al-Hussein, mencela pemerintahan Trump, karena memisahkan anak-anak migran dari orang tua mereka. Namun, Haley mengutip keluhan AS yang lama bahwa dewan 47-anggota itu bias terhadap Israel. Dia telah mengancam tarik keluar sejak tahun lalu kecuali dewan membuat perubahan yang dianjurkan oleh AS.

Langkah ini, memperluas pola pemerintahan Trump yang melangkah mundur dari perjanjian dan forum internasional di bawah kebijakan Presiden Trump.

Sejak Januari 2017, pemerintahan Trump telah mengumumkan penarikannya dari Kesepakatan Iklim Paris, meninggalkan organisasi pendidikan dan budaya AS dan menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Langkah-langkah lain yang juga diperdebatkan adalah memasukkan potongan tarif pada baja dan aluminium terhadap mitra dagang utama, mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan memindahkan Kedutaan Besar AS di sana dari Tel Aviv.

Oposisi terhadap keputusan tersebut, muncul cepat dari para pembela hak asasi manusia, yakni kelompok  Save the Children, Freedom House, dan United Nations Association-USA .

Mereka mengatakan keputusan itu "kontraproduktif terhadap keamanan nasional Amerika dan kepentingan kebijakan luar negeri dan akan membuatnya lebih sulit untuk memajukan prioritas hak asasi manusia, dan membantu korban pelecehan di seluruh dunia," kata organisasi itu dalam pernyataan bersama.

Ditambahkan Kenneth Roth, direktur eksekutif Human Rights Watch: "Semua kebijakan Trump tampaknya peduli membela Israel." (voaindonesia.com/startribune.com)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home