Loading...
INDONESIA
Penulis: Martha Lusiana 18:17 WIB | Rabu, 03 Juni 2015

Amerika Puji Upaya Indonesia terhadap Rohingya

Imigran Rohingya menerima sarapan di penampungan sementara di Kuala Langsa, Provinsi Aceh di Indonesia pada Senin (25/5). (Foto: ibtimes.com/reuters)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Amerika Serikat (AS) memuji upaya yang dilakukan pemerintah dan masyarakat Indonesia dalam berbagai tindakan kemanusiaan dan bantuan terhadap warga Rohingya yang mendapatkan perlakuan diskriminatif di negara asalnya.

"Pemerintah AS sangat menghargai upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi setelah mengikuti pertemuan antara Asisten Menteri Luar Negeri AS, Anne Richard, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di kantor Wapres, Jakarta, Rabu (3/6).

Menurut Menlu, pembicaraan yang dilakukan kedua belah pihak adalah mengenai kerja sama yang dapat dilakukan dalam menangani pengungsi Rohingya.

Sementara itu, Asisten Menlu AS Anne Richard, menyatakan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, baik kepada para individu seperti nelayan yang telah membantu pengungsi, maupun ke sejumlah organisasi seperti Palang Merah Indonesia.

Pemerintah AS, ujar dia, juga melihat berbagai upaya positif yang dilakukan untuk memberikan bantuan kepada pengungsi Rohingya. "Indonesia juga tidak menempatkan mereka (pengungsi Rohingya) di tempat tahanan," katanya.

Untuk itu, ia mengemukakan, Indonesia telah melakukan tindakan kemanusiaan yang sesungguhnya sehingga dapat menjadi model untuk negara-negara di belahan dunia lainnya.

Sebelumnya, Asisten Menlu AS Anne Richard pada Selasa (2/6) juga telah bertemu dengan nelayan yang menyelamatkan pengungsi Rohingya setelah perahu mereka tenggelam di perairan Aceh. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home