Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:54 WIB | Kamis, 25 Juni 2020

Amerika Serikat: Terserah Israel Memutuskan Sendiri untuk Aneksasi Tepi Barat

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo, mengatakan bahwa terserah pada Israel untuk membuat keputusan sendiri tentang apakah akan mencaplok (aneksasi) bagian-bagian wilayah Tepi Barat yang diduduki, sebagaimana dijanjikan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, untuk melakukannya.

Berbicara kepada wartawan hari Rabu (24/6), Pompeo mengatakan memperluas kedaulatan Israel adalah keputusan "bagi Israel untuk membuatnya."

Dengan tenggat waktu yang dikatakan Netanyahu pada 1 Juli yang semakin dekat, para pembantu Presiden AS, Donald Trump, memulai diskusi pada hari Selasa (23/6) tentang apakah akan memberi Netanyahu lampu hijau untuk melakukan aneksasi yang mendapat kecaman dari Palestina, dan sekutu AS, Arab Saudi dan Uni Eropa.

Pompeo berbicara beberapa saat setelah Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) dan Liga Arab, selama sidang Dewan Keamanan PBB, bergabung untuk menyerukan agar Israel membatalkan rencananya untuk mencaplok bagian-bagian Tepi Barat yang diduduki.

Negara-negara Arab, terutama sekutu AS, Jordan, telah menyatakan kekhawatiran atas indikasi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bahwa dia akan bergerak maju segera pekan depan untuk mencaplok banyak wilayah Tepi Barat yang diduduki. Dan dikatakan bahwa hal itu akan membunuh prospek perdamaian. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home