Loading...
EKONOMI
Penulis: Martha Lusiana 17:27 WIB | Selasa, 26 Mei 2015

Amerika: UKM Penting dalam Perdagangan Antarnegara

Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert O. Blake di Universitas Al-Azhar Jakarta, Selasa (26/5). (Foto: Martha Lusiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Robert O. Blake, memandang usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki peran penting dalam sektor perdagangan antarnegara.

“UKM merupakan sumber utama inovasi dan penciptaan lapangan kerja,” ujar Blake. Ia mengatakan, meski bukan perusahaan yang besar, UKM siap mendapatkan yang terbaik dari sistem perdagangan terbuka.

Bahkan, Blake melanjutkan, UKM mengambil porsi bisnis yang besar di Indonesia dan AS. Menurut catatannya, di AS, 98 persen eksportir adalah UKM. Perdagangan adalah sumber pertumbuhan bagi pelaku usaha kecil dan menengah dan bagi perekonomian secara umum.

Ia menuturkan, bagi pelaku usaha, perdagangan menciptakan peluang untuk inovasi atau ekspansi ke wilayah-wilayah baru.

“Para produsen dapat meningkatkan kemampuan teknologi dan mengambil keuntungan dari pasar baru untuk produknya. Mereka dapat meningkatkan efisiensi dan teknologi demi melayani pelanggan, baik di dalam negeri maupun luar negeri,” kata Blake, di Universitas Al-Azhar Jakarta, Selasa (26/5).

Sementara itu bagi pemerintah, ia melanjutkan, perdagangan dapat menciptakan peluang untuk memperluas sekaligus meningkatkan ketahanan ekonomi suatu negara.

Dengan memperluas perdagangan melalui kegiatan ekspor dan impor, hubungan antarnegara dapat mengarah positif. Menurut Blake, negara-negara dapat saling membantu bila sedang menghadapi kejadian tak terduga, seperti bencana alam, sehingga ekonomi negara tetap stabil.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home