Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 03:54 WIB | Jumat, 05 Juni 2020

Angela Merkel Tegaskan Tak Calonkan Lagi Sebagai Kanselir Jerman

Kanselir Jerman, Angela Merkel. (Foto: dok. AFP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Kanselir Jerman, Angela Merkel, mengatakan pada hari Kamis (4/6) bahwa ia "sama sekali tidak" berencana untuk terpilih kembali untuk masa jabatan kelima meskipun popularitasnya sangat besar. "Tidak, sama sekali tidak," kata Merkel kepada wartawan dari penyiaran publik ZDF, tentang keputusannya yang "sangat tegas".

Kanselir berusia 65 tahun itu menikmati popularitas tak tertandingi di negara asalnya, dengan 71 persen orang mengatakan mereka puas dengan kepemimpinannya dalam jajak pendapat oleh penyiaran publik ARD yang juga diterbitkan Kamis.

Peringkatnya telah naik karena Jerman telah relatif lebih kecil dalam menderita akibat krisis pandemi virus corona ketimbang beberapa tetangga Eropa.

Partai konservatif CDU, partainya Merkel, akan memilih seorang pemimpin baru pada akhir 2020 yang kemudian akan menjadi kandidat yang diduga untuk menggantikannya dalam pemilihan di federal pada musim gugur tahun depan.

Kandidat penggantinya, termasuk saingannya yang bersejarah, Friedrich Merz, dan juga Armin Laschet, Perdana Menteri negara bagian Rhine-Westphalia Utara, wilayah Jerman yang paling padat penduduknya.

Sementara itu beberapa pengamat menyoroti kinerja kuat Perdana Menteri Bavaria, Markus Soeder, melalui upaya mengatasi pandemi. Sebagai pimpinan regional CDU, dan sekutu partai CSU, dia bisa diajukan dalam lingkaran calon di federal tahun depan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home