Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:17 WIB | Sabtu, 23 November 2013

Angkat Semangat Korban, Filipina Gelar Nonton Bareng Pertarungan Pacquaio

Manny Pacquiao. (Foto: alarabiya.net)

TACLOBAN, SATUHARAPAN.COM - Berharap dapat mengangkat semangat ribuan korban kehilangan tempat tinggal akibat topan mematikan di Filipina, operator televisi kabel pada Sabtu (23/11) menyiapkan layar TV dalam sebuah Astrodome, dekat gereja dan landmark lain di kawasan yang hancur menyiarkan pertarungan "pahlawan" tinju Filipina, Manny Pacquiao.

Para pejabat mengatakan bahwa penayangan Pacquaio di Tacloban dan tempat-tempat lain dilanda Topan Haiyan dua pekan lalu akan membantu menginspirasi korban untuk berjuang bangkit kembali pasca kehancuran yang menewaskan tidak kurang dari 5.235 orang.

Pejabat TV kabel, Allan Larano mengatakan ia dan teknisi lainnya dari operator kabel terbesar di negara itu, Sky Cable, sedang menyiapkan layar lebar di Astrodome Tacloban, juga di sekitar tenda-tenda pengungsian dan di dalam toko di lantai dasar.

Warga Filipina sendiri mengharapkan Pacquiao memenangi pertarungan tinju. Besok Minggu (22/11) Pacquiao comeback ke ring melawan Brandon Rios di Macau. Ini akan menjadi laga pertama Pacquiao sejak kalah KO dari Juan Manuel Marquez tahun lalu, yang bulan lalu kalah angka dari Timothy Bradley.

Analis tinju Ronnie Nathanielz mengatakan bahwa Pacquiao selalu mendedikasikan pertarungannya untuk Filipina, tapi pertarungan hari Minggu "memiliki makna khusus karena kehancuran."

"Kinerja yang mengesankan Pacquiao akan mengangkat semangat rakyat, tidak peduli apapun hasilnya, " kata Nathanielz.

Kepala pertahanan sipil Eduardo del Rosario mengatakan bahwa menang atau kalah, Pacquiao adalah "kesempatan yang sangat, sangat welcome bagi kita untuk bersantai dan bersatu sebagai bangsa."

"Setidaknya kita akan melihat semangat Filipina berjuang untuk negara kita," kata dia.

Di Tacloban, Anatolio Cabalida fan Pacquiao menunggu-nunggu pertarungan.

"Dia idola saya, "kata petenis berusia 70 tahun.

Dioscoro Balano mengatakan dia berharap dapat menonton laga dengan tetangga yang memiliki generator.

"Jika ia menang, itu akan menjadi dorongan besar pada moral para korban topan," kata dia.

Kopral tentara Joseph Reyes menantikan Pacquiao menyumbangkan kemenangan untuk para korban topan.

Larano mengatakan dua tim TV kabel lainnya sedang mempersiapkan layar TV yang lebih kecil di dekat sebuah gereja dan ibukota propinsi Leyte.

Penyiar televisi GMA Filipina juga akan memasang layar besar di balai kota Tacloban dan di taman, kata jaringan Wakil Presiden Rikki Escudero.

"Kami sangat gembira, setidaknya kami dapat memberikan layanan kepada masyarakat," ujar Escudero.

Angin kencang dan badai tsunami merubah banyak kota menjadi puing-puing. Lebih dari 5.000 orang tewas dalam jalur topan, setidaknya 1.700 dari Tacloban, salah satu kota yang paling hancur. Para pejabat memperkirakan jumlah korban tewas terus meningkat.

Tacloban masih dalam reruntuhan, tanpa listrik. Beberapa daerah lain telah menerima aliran air bersih dan toko-toko serta pompa bensin sudah mulai buka kembali.

Pacquiao, merupakan salah satu atlet berbayaran tertinggi di dunia, dia juga anggota terkaya dari Kongres Filipina. Ia mewakili provinsi selatan derah tempat tinggalnya di Sarangani, istrinya, Jinkee adalah wakil gubernur. Dia juga seorang anggota kehormatan militer Filipina yang diberi pangkat kolonel. Provinsinya tidak terpengaruh oleh topan.

Pacquiao berjanji akan membawa bantuan pada kunjungannya ke lokasi bencana setelah pertarungan.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home