Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 16:43 WIB | Kamis, 09 Maret 2017

Anies Ingin Bentuk Ekosistem Kesehatan yang Baik

Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Anies Baswedan (kiri) dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Sandiaga Salahuddin Uno (kanan) saat debat putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta, di Hotel Bidakara, Jakarta, hari Jumat (27/1). (Foto: Dok. satuharapan.com/ Dedy Istanto)

JAKARTA,SATUHARAPAN.COM – Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan mengatakan bahwa kompleksitas masalah kesehatan di Jakarta selama ini belum diselesaikan dengan baik.

Semua stakeholder, kata Anies seolah-olah bekerja di wilayahnya masing-masing. Bahkan pemerintah seolah mengetahui dan dapat mengatasi semua masalahnya sendirian.

“Pendekatannya akan beda. I am not a superman. So don't expect, I can do anything. Kita harus membentuk ekosistem kesehatan yang baik. Semua stakeholder harus terlibat,” kata  Anies saat berdiskusi dengan Relawan Kesehatan (Rekan Indonesia) di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, hari Kamis (9/3).

Pada bidang kesehatan, Anies akan melakukan pendekatan gerakan dengan mengajak seluruh pihak terkait untuk terlibat, mulai dari perencanaan musyawarah hingga pelaksanaan. Hasil keputusan musyawarah dapat institusionalisasikan melalui Perda atau Pergub.

“Pemprov akan membuat solusi atas apa yang terjadi di masyarakat. Kita melihat peraturan Undang-Undang. Tapi harus lihat juga kondisi masyarakat. Nah, kita bisa memberikan solusi yang belum dilindungi Undang-Undang,” kata dia.

Mantan Menteri Pendidikan ini mengatakan bahwa pendekatan gerakan memiliki semangat yang sama dengan gotong royong di zaman dulu.

“Saya berharap saat bertugas mengubah kembali bagaimana melihat solusi atas masalah. Solusinya ada di luar, di masyarakat itu sendiri. Tidak selalu datang dari pemerintah,” kata dia. (PR)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home