Google+
Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:11 WIB | Kamis, 28 Februari 2019

Aplikasi Infocaleg 2019, Cara Mudah Dapatkan Info Profil Caleg

Infocaleg 2019 sudah dapat diakses secara gratis melalui berbagai platform baik website (infocaleg.com), mobile device android (infocaleg 2019) maupun iOS (infocaleg 2019). (Foto: prasetya.ub.ac.id)

MALANG, SATUHARAPAN.COM – Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) sudah semakin dekat.

Menjelang pelaksanaannya pada (17/4/2019) mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menempuh beberapa cara untuk menyosialisasikan profil calon presiden beserta wakilnya, baik melalui informasi di website KPU maupun dengan pelaksanaan debat capres yang ditayangkan secara langsung melalui media televisi.

Meski demikian sosialisasi tentang caleg hingga saat ini masih kurang.

Bahkan di website KPU banyak terdapat data profil caleg yang tidak ditampilkan dengan alasan caleg bersangkutan tidak mau datanya dipublikasikan.

Selain itu, media berkampanye dengan banner, umbul-umbul dan spanduk juga masih belum mampu membantu masyarakat untuk mengenal caleg lebih jauh. Hal tersebut tentunya menyulitkan masyarakat dalam mencari informasi tentang caleg yang akan dipilihnya nanti pada Pileg 2019.

Untuk itu, mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya (Filkom UB) yang tergabung dalam Laboratorium Teknologi Media, Game dan Piranti Bergerak (Lab. MGM),  bersama-sama membuat sebuah aplikasi bernama Infocaleg 2019.

Mereka adalah Mohammad Arda Dwi Ardianto (2015) yang mengembangkan versi Website, Doni Putra Purbawa (2014) yang mengembangkan versi Android dan iOS, serta Yulius Firantoko (2014), yang mengerjakan User Interface.

Ketiganya berada di bawah bimbingan Ketua Lab MGM Dr Eng Herman Tolle ST MT. Selain ketiga mahasiswa tersebut, Herman juga dibantu sepuluh mahasiswa UB untuk mengupload data caleg ke aplikasi infocaleg 2019 agar siap dipublikasikan.

“Infocaleg ini sebenarnya sudah dibuat sejak 2014. Tapi pada versi pertamanya tersebut hanya berupa website. Kini Infocaleg 2019 sudah dapat diakses secara gratis melalui berbagai platform baik website (infocaleg.com), mobile device android (infocaleg 2019) maupun iOS (infocaleg 2019),“ kata Herman yang dilansir situs prasetya.ub.ac.id, pada Selasa (26/2).

Keunggulan Infocaleg 2019, buatan Lab MGM UB ini dibanding website atau aplikasi serupa, antara lain; akses yang lebih mudah bagi pengguna, karena data caleg telah dikategorikan per daerah pemilihan, dan dapat langsung diakses tanpa perlu mengunduh terlebih dulu.

Selain itu Infocaleg 2019 juga menyajikan hasil penelitian khusus sebagai pelengkap profil caleg, serta memiliki fitur Rating Profil Caleg. Dengan fitur rating ini masyarakat dapat berkontribusi langsung dalam sistem rating yang disediakan dalam aplikasi. Sistem rating ini dapat menentukan seberapa banyak dukungan masyarakat untuk caleg tersebut.

Fitur penelitian khusus pada infocaleg 2019 adalah informasi tambahan pada masing-masing caleg tentang rekam jejak caleg yang pernah dipublikasikan di media massa, misalkan tentang prestasi caleg bersangkutan, ataupun catatan kasus korupsi, yang di dalamnya caleg pernah terkait. Hal ini dapat membantu masyarakat untuk dapat mengetahui lebih jauh tentang caleg yang akan dipilihnya.

"Data hasil liputan khusus ini adalah data yang sudah pernah dipublikasi di media massa. Sehingga kami rasa tidak akan bermasalah. Kalau kami bisa akses di internet masyarakat sebenarnya juga bisa. Hanya saja kami membantu merangkumnya jadi satu sehingga lebih mudah diakses infonya. Masyarakat tidak perlu repot mencari satu per satu lagi," kata Herman.

 

 

 

 

 

 

Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home