Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:14 WIB | Rabu, 31 Oktober 2018

Aplikasi Ponsel Pintar bagi Evakuasi Tsunami

Ilustrasi. Aplikasi ponsel pintar bagi evakuasi tsunami. (Foto: nhk.or.jp)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Para peneliti Jepang mengatakan, mereka telah mengembangkan sebuah aplikasi ponsel pintar yang akan membantu mengevakuasi warga yang berada di wilayah padat penduduk apabila terjadi tsunami.

Aplikasi baru tersebut, dikembangkan bersama-sama oleh sebuah tim peneliti dari Institut Riset Internasional Ilmu Bencana Universitas Tohoku dan Laboratorium Fujitsu, bekerja sama dengan kota Kawasaki, di dekat Tokyo.

Wilayah pantai Kawasaki diperkirakan akan terkena tsunami setinggi hingga 3,7 meter, ketika gempa kuat menghantam. Sekitar 340.000 warga akan terpaksa mengungsi dari wilayah tersebut.

Para peneliti tersebut mengatakan, aplikasi ponsel pintar itu menggunakan data Global Positioning System (GPS) untuk mencari rute tersingkat menuju tempat evakuasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Pengguna aplikasi ini, dapat berbagi informasi mengenai wilayah yang kebanjiran atau gedung-gedung yang runtuh dengan mengunggah komentar dan foto.

Tim penelitian itu berencana melakukan latihan pada bulan Desember di Kawasaki, untuk menguji aplikasi tersebut serta menganalisis data dari uji coba itu. (nhk.or.jp)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home