Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 02:56 WIB | Minggu, 17 November 2013

Arab Saudi akan Bantu Filipina 10 Juta Dolar

Korban Topan Haiyan di Filipina. (Foto: dari alarabiya.net)

SAUDI ARABIA, SATUHARAPAN.COM - Kerajaan Arab Saudi berjanji akan memberikan bantuan ke Filipina sebesar 10 juta dolar AS untuk korban Topan Haiyan. Pihak kerajaan Arab Saudi mengumumkan hal tersebut pada Jumat (15/11). Bantuan akan diterima dengan baik oleh Filipina, demikian menurut pernyataan Duta Besar Filipina untuk kerajaan Arab Saudi, Ezzedin Tago, yang diposting di website kedutaan.

"Saya menerima panggilan (Jumat) dari Menteri Keuangan yang memberitahu saya perihal bantuan, dan diminta mencari cara bagaimana bantuan tersebut dapat menjangkau mereka yang membutuhkan bantuan kemanusiaan," tulis Dubes.

"Atas nama presiden, rakyat Filipina dan orang-orang di daerah bencana, kami mengucapkan terima kasih kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Abdullah bin Abdul Aziz al - Saud atas sumbangan untuk upaya bantuan korban," tambah pernyataan itu.

Bantuan internasional terus mengalir setelah PBB membuat seruan untuk membantu para korban Topan Haiyan.

"Seperti biasa, Arab Saudi berdiri dalam solidaritas dengan Filipina, terutama di saat bencana besar seperti apa yang telah melanda negeri kita sekarang," kata Arthur Ocampo, seorang expat Filipina yang tinggal di Dammam kepada alarabiya.net.

"Seperti kita ketahui, Tenaga Kerja Filipina di sini di kerajaan sangat memberikan kontribusi bagi perekonomian Arab Saudi. (Sumbangan tersebut) memperkuat ikatan kami dua negara selama empat dekade terakhir atau lebih," tambahnya.

Ocampo, telah bekerja di Arab Saudi selama 23 tahun hingga sekarang. Dia berjanji akan membantu, bersama dengan warga Filipina lain yang tinggal di Arab Saudi melalui kedutaan dan konsulat Filipina di sana.

Selain itu, banyak warga Saudi mengungkapkan solidaritas mereka pada Filipina dengan memposting pesan dukungan di media sosial dan mendorong satu sama lain untuk menyumbangkan lebih banyak bantuan uang.

Selain Arab Saudi, Uni Emirat Arab pada Minggu mengumumkan bahwa mereka akan menyumbangkan 10 juta dolar AS untuk program pemulihan di Filipina.

Back to Home