Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 21:07 WIB | Kamis, 24 Januari 2019

Arcandra Bantah Pertamina Bangkrut karena BBM Satu Harga

Arcandra Tahar. (Foto: Dok. Satuharapan.com)

PADANG, SATUHARAPAN.COM - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar membantah informasi yang menyatakan kebijakan BBM Satu Harga membuat Pertamina bangkrut.

"Beredar di whatsapp grup BBM Satu Harga membangkrutkan Pertamina, itu tidak benar karena biayanya kecil," kata dia di Padang, Kamis (24/1).

Pernyataan tersebut disampaikan Arcandra pada kuliah umum dengan tema Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Energi Nagari di Universitas Bung Hatta yang dihadiri Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wali Kota Padang Mahyeldi dan undangan lainnya.

Menurut dia, dari 131 titik BBM Satu Harga di seluruh Indonesia, biayanya kurang dari Rp800 miliar per tahun dan angka itu masih kecil dibandingkan keuntungan yang diperoleh Pertamina.

Pemerintah menargetkan 170 titik di seluruh Indonesia agar warga di Papua, Mentawai dan pulau terluar bisa menikmati harga yang sama, kata dia.

Ia menyampaikan sejak Indonesia merdeka baru kali ini warga pulau terluar bisa menikmatinya.

"Jadi sekali lagi tidak benar kalau BBM satu harga bikin Pertamina bangkrut, kecuali bagi mereka yang percaya dengan whatsapp grup," ujarnya.

Arcandra juga menyampaikan bulan depan pihaknya akan meresmikan BBM Satu Harga di Mentawai, Sumatera Barat.

"Dulu sebelum kebijakan ini di Papua warga setempat harus mengeluarkan uang Rp100 ribu untuk membeli satu liter BBM dan di Mentawai sekitar Rp25 ribu, dengan adanya kebijakan ini warga bisa membeli seharga Rp6.450," ujarnya. (ANTARA News)

 

Editor : Melki Pangaribuan


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home