Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 06:14 WIB | Selasa, 10 November 2020

Arkeolog Israel Temukan Koin dari Zaman Fatimiyah di Kota Tua Yerusalem

Sebuah kendi tembikar kecil dengan empat koin emas murni yang ditemukan di dalamnya oleh Otoritas Kepurbakalaan Israel dipajang di situs penggalian penyelamatan arkeologi di Kota Tua Yerusalem, pada hari Senin (9/11/2020. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Arkeolog Israel telah menemukan empat koin emas murni di Kota Tua Yerusalem yang dicetak leih dari 1.000 tahun yang lalu, sebuah penemuan langka dari era pergolakan politik di wilayah tersebut.

Otoritas Barang Antik Israel (IAA) mengatakan koin-koin itu digali dalam pekerjaan penggalian di dekat Tembok Barat, yang merupakan situs paling suci tempat orang Yahudi dapat berdoa.

Koin-koin tersebut, yang tersimpan dalam kendi kecil, "dalam pengawetan yang sangat baik dan segera dapat diidentifikasi bahkan tanpa pembersihan," kata spesialis IAA, Robert Kool dalam sebuah pernyataan.

Koin tersebut berasal dari tahun 940-an hingga 970-an, "masa perubahan politik radikal", di Yerusalem dan wilayah sekitarnya, kata Kool menambahkan.

Selama periode itu, kekhalifahan Sunni Abbasiyah yang berkantor pusat di Baghdad, kehilangan kendali atas Yerusalem, karena persaingannya dengan Dinasti Syiah Fatimiyah Afrika Utara, yang jatuh pada abad ke-12.

"Ini adalah pertama kalinya dalam lima puluh tahun bahwa koin emas dari periode Fatimiyah ditemukan di Kota Tua Yerusalem," kata Kool.

Ekskavator Israel terakhir kali menemukan emas dari periode Fatimiyah tak lama setelah Perang Enam Hari tahun 1967, yang membuat Israel menguasai Yerusalem timur dari Yordania, sebelum mencaploknya. (AP)

Editor : Sabar Subekti

UKRIDA
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home