Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 17:21 WIB | Jumat, 27 November 2015

Armada Transportasi Swasta Singapura Tambah Armada bagi Difabel

Ilustrasi: Seorang penumpang difabel dengan kursi roda di Singapura dibantu oleh seseorang saat menuruni bus tingkat. (Foto: straitstimes.com).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM - Perusahaan transportasi swasta Singapura, SBS Transit merencanakan  menambah lima unit  bus yang ramah bagi difabel.

Menurut keterangan resmi SBS Transit seperti diberitakan Media Corp, hari Kamis (26/11) di Singapura menyebut kelima bus tersebut  akan beroperasi mulai Kamis (3/12) karena bertepatan dengan Hari Difabel Internasional. 

Menurut keterangan resmi SBS Transit layanan baru itu akan meningkatkan jumlah armada bus yang ramah terhadap difabel menjadi  204 unit.  

Beberapa waktu lalu Perdana Menteri (PM) Singapura, Lee Hsien Loong menyebut Singapura saat ini membenahi diri menuju model masyarakat inklusif di mana semua orang boleh berkontribusi bagi negara, termasuk kaum difabel.

“Kita semua memiliki banyak hal  untuk dikontribusikan,” kata Lee saat dia dan istrinya, Ho Ching, menghadiri acara  Purple Parade di Hong Lim Park, Singapura, hari Sabtu (31/10).

Dalam acara Purple Parade kira-kira 7000 orang hadir, yang unik dari acara tersebut yakni setiap orang yang hadir harus  mengenakan kacamata ungu melambangkan mata yang terbuka untuk orang-orang dengan kebutuhan khusus di masyarakat.

“Saya pikir kita harus menghargai difabel dan bekerja sama secara optimal dengan mereka, kita  bisa mengambil keuntungan dari itu sehingga kita bersama-sama akan membuat Singapura lebih baik,” kata  Lee, kala itu.

Lee mengatakan setiap orang mempunyai keistimewaan sendiri dan boleh melakukan sesuatu untuk memberi sumbangan kepada masyarakat.

Kementerian Transportasi Singapura telah menghabiskan dana kurang lebih 1,5 juta dolar Singapura (4,14 miliar rupiaih) untuk kaum difabel  melalui program Outreach Family Charity.

Menteri Senior Negara Singapura Josephine Teo mengatakan saat ini Singapura mengembangkan gerbong khusus di Mass Rapid Transit yang dikenal dengan Purple Parade (parade ungu). Dalam parade tersebut disosialisasikan bahwa di setiap rangkaian MRT yang beroperasi, akan ada satu gerbong khusus berwarna ungu untuk difabel.

Saat mengunjungi  Stasiun MRT Ang Mo Kio  hari Jumat (23/10) Teo membagi-bagikan kartu khusus ke orang-orang di Singapura yang akan dapat memanfaatkan gerbong warna ungu. (channelnewsasia.com/ berita.mediacorp.sg).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home