Google+
Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 20:15 WIB | Kamis, 20 Desember 2018

Arus Mudik Natal Meningkat di Pelabuhan Biak-Papua

Lonjakan penumpang kapal laut KM Sinabung menjelang H-5 hari raya Natal di pelabuhan Biak, Papua. (Foto: Antaranews Papua/Muhsidin)

BIAK, SATUHARAPAN.COM - Arus mudik dengan KM Sinabung di Pelabuhan Biak Numfor, Papua pada H-5 Natal 2018 meningkat signifikan, mencapai di atas 1.000 orang, Kamis (20/12).

Pantauan Antara di Pelabuhan Biak, Kamis, puncak arus mudik untuk penumpang KM Sinabung tujuan ke arah barat, Manokwati-Sorong, Bacan-Tidore-Ternate-Bitung, Banggai-Bau-bau, Makassar, dan Surabaya diperkirakan terjadi Kamis ini.

Seribuan penumpang yang berangkat dan turun di Pelabuhan Biak didominasi penumpang dari Pelabuhan Jayapura.

Layanan arus mudik Natal dan Tahun Baru di pelabuhan setempat ditinjau Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Biak Numfor Fransisco Olla, Kepala Syahbandara Otoritas Pelabuhan A. Muis Marasabessy, dan kepala KP3 setempat di atas KM Sinabung.

"Meski penumpang ramai tetapi aktivitas turun dan keberangkatan penumpang KM Sinabung di Pelabuhan Biak berjalan lancar," ungkap Martius, salah seorang penumpang kapal itu dengan tujuan Manokwari.

Ia mengakui pembelian tiket penumpang KM Sinabung untuk rute keberangkatan Kamis ini, masih dapat dibeli sebelum keberangkatan di kantor PT Pelni di Jalan Sudirman Distrik Biak Kota.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Biak, pihak PT Pelni menyediakan empat kapal angkutan Natal dan Tahun Baru ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Biak Fransisco Olla menyebut hasil rapat koordinasi penyelenggara angkutan mudik Natal dan Tahun Baru 2019 di Pelabuhan Biak, disiapkan empat kapal Pelni yang beroperasi melayani penumpang di pelabuhan setempat.

Keempat kapal Pelni itu, KM Sinabung, KM Ciremai, KM Tidar, dan KM Labobar.

Hingga Kamis, layanan angkutan kapal di Pelabuhan Biak berjalan lancar, sesuai dengan jadwal keberangkatan kapal tujuan Biak-Manokwari dengan KM Sinabung serta rute Biak-Serui dengan KM Labobar.

 

 

Editor : Melki Pangaribuan

Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home