Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:28 WIB | Kamis, 21 Agustus 2014

AS Ajak Warga Irak dan Suriah Usir NIIS

Seruan pada selebaran dijatuhkan dengan helikopter di kota Mosul
Presiden AS, Barack Obama. (Foto: Ist)

MOSUL, SATUHARAPAN.COM – Helikopter militer Amerika Serikat menjatuhkan selebaran di kota Mosul, provinsi Niniweh, Irak bagian utara, menurut sumber lokal yang dikutip situs berita iraqinews.com.

Selebaran yang dijatuhkan hari Ranu (20/8) malam itu berisi ajakan agar warga Irak untuk mendukung Pasukan Keamanan Irak  dalam melawan Negara Islam Irak dan Suriah (NIIS) yang telah menyerang wilayah mereka.

Sumber itu mengatakan,"Pada Rabu malam helikopter Amerika menjatuhkan selebaran di Mosul untuk membujuk penduduk kota membantu pasukan keamanan Irak dalam memerangi NIIS dan  mengusir mereka dari kota untuk memulihkan keamanan dan stabilitas di provinsi itu."

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, meminta rakyat Irak dan Suriah untuk mengusir organisasi NIIS dari kedua negaran itu. NIIS juga disebut ISIL (Islamic State of Iraq and Levant)

Dalam pidato yang disiarkan televisi, Obama berbicara tentang pembunuhan wartawan AS, James Foley, dan tentang serangan udara ke posisi NIIS di Irak utara.

Obama mengatakan, "Rakyat Irak  yang mendukung kami harus mengusir para teroris Negara Islam."  Dia juga mengatakan, "Suriah juga mengusir mereka, karena mereka tidak semestinya hidup dalam bayang-bayang teroris."

“ISIL mengklaim akan melawan Amerika dan Barat, namun pada kenyataannya mereka meneror tetangga mereka,” kata Obama. Dia juga mengatakan, "Kami akan terus menghadapi terorisme dan menggantinya dengan harapan."


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home