Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 12:34 WIB | Kamis, 28 Mei 2015

AS akan Temui Iran di Jenewa Soal Nuklir

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry. (Foto: Huffingtonpost.com)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry akan melakukan perjalanan ke Jenewa akhir pekan ini untuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran di tengah dorongan untuk menyelesaikan kesepakatan nuklir pada 30 Juni.

“Kerry akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif, di Jenewa pada Sabtu (30/5),” ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Jeff Rathke kepada wartawan, Rabu (27/05).

Keduanya terakhir bertemu di New York pada akhir April lalu. Mereka akan kembali bertemu sebagai bagian dari negosiasi terkoordinasi P5+1 Uni Eropa yang sedang berlangsung,” ujar Rathke.

Pernyataannya mengacu kepada kelompok negara yang meliputi Inggris, Tiongkok, Prancis, Jerman, Rusia dan AS, yang telah memimpin pembicaraan untuk mengurangi ambisi nuklir Iran.

Perjalanan Kerry ke Jenewa dilakukan sebagai bagian dari lawatan terbarunya ke luar negeri yang akan singgah terlebih dulu ke Nigeria untuk menghadiri pelantikan Muhammadu Buhari sebagai presiden baru negara itu.

Setelah pembicaraan Jenewa, diplomat tertinggi AS itu akan melakukan perjalanan ke Spanyol dalam kunjungan pertamanya sebagai menteri luar negeri ke negara tersebut.

“Dia akan bertemu dengan Raja Felipe VI, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy, dan Menteri Luar Negeri Spanyol Garcia-Margallo untuk membahas berbagai isu bilateral dan global,” kata Rathke. (AFP/Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home