Loading...
HAM
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:13 WIB | Selasa, 18 Oktober 2016

AS Bukukan Kenaikan Jumlah Imigran Anak Tak Berpendamping

Ilustrasi. Sekelompok imigran dari Honduras dan El Salvador yang melintasi perbatasan AS-Meksiko secara ilegal dihentikan di Granjeno, Texas. (Foto: dailymail.co.uk)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM  - “Jumlah anak-anak tak berpendamping yang secara ilegal memasuki Amerika Serikat (AS) melalui perbatasan bagian selatan telah meningkat 49 persen dalam setahun terakhir, “ kata pejabat di Washington pada Senin (17/10).

Kementerian Keamanan Dalam Negeri (DHS) melaporkan, bahwa 56.692 anak yang melakukan perjalanan tanpa pendampingan orang dewasa, telah dicegat di perbatasan Meksiko pada September, dibandingkan dengan jumlah 39.970 pada tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, 408.870 orang dewasa dan anak-anak telah dicegat di perbatasan itu, naik 23 persen dibandingkan tahun sebelumnya, menurut DHS.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson mengatakan, bahwa jumlah imigran tak berpendamping, yang sementara masih meningkat, adalah sebagian kecil dari jumlah yang memasuki AS dari sekitar 1980 sampai 2008.

“Demografi imigrasi ilegal di perbatasan selatan kami berubah secara signifikan selama 15 tahun terakhir,” kata Johnson dalam sebuah pernyataan.

Jumlah imigran Meksiko dan orang dewasa lajang, jauh lebih sedikit berusaha melintasi perbatasan tanpa izin, tetapi lebih banyak keluarga dan anak-anak tak berpendamping yang  mencoba melarikan diri dari kemiskinan dan aksi kekerasan di Amerika Tengah. (AFP/Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home