Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:07 WIB | Jumat, 17 Februari 2017

AS dan Rusia Sepakat Tingkatkan Komunikasi Militer

Joseph Dunford. (Foto: sputniknews.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Militer Amerika Serikat (AS) dan Rusia sepakat “meningkatkan komunikasi” setelah pertemuan antara dua pimpinan mereka di Azerbaijan pada Kamis (16/2), kata Pentagon.

Pemimpin Kepala Staf Gabungan AS Joseph Dunford dan Pemimpin Kepala Staf Gabungan Rusia Valery Gerasimov membahas hubungan militer antara kedua negara itu serta keamanan di Eropa, Timur Tengah dan tempat-tempat lainnya selama pertemuan mereka di ibu kota Baku.

Kedua pihak “sudah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan keselamatan operasional kegiatan militer guna mengurangi prospek krisis dan menghindari risiko insiden yang tidak diinginkan,” kata Pentagon dalam sebuah pernyataan. “Para pemimpin lebih lanjut sepakat untuk meningkatkan komunikasi terkait langkah-langkah stabilisasi tersebut.”

Amerika Serikat dan Rusia sudah menjaga saluran komunikasi militer permanen sehubungan dengan operasi udara mereka di Suriah untuk menghindari insiden antarpesawat mereka.

Pertemuan tatap muka terakhir antara perwira militer tertinggi AS dan Rusia berlangsung pada Januari 2014 antara Gerasimov dan pendahulu Dunford, Martin Dempsey.

Pertemuan di Baku berlangsung di tengah spekulasi luas mengenai masa depan hubungan AS-Rusia setelah pemilihan Presiden Donald Trump.

Trump mengatakan dia ingin meningkatkan hubungan dengan Moskow, memicu kecemasan di antara banyak pejabat AS yang menganggap Rusia sebagai ancaman utama keamanan nasional AS, seiring memanasnya skandal atas hubungan antara tim Trump dengan Rusia saat kampanye presiden. (AFP)

 

Back to Home