Loading...
DUNIA
Penulis: Bob H. Simbolon 13:28 WIB | Jumat, 21 Oktober 2016

AS: Duterte Belum Ajukan Permintaan Resmi untuk Berpisah

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Kiri) dan Zhang Dejiang, Ketua Panitia Tetap Kongres Rakyat Nasional China, mengadakan pertemuan di Balai Agung Rakyat (20/10). Beijing, China. (foto: REUTERS/Wu Hong)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Juru Bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat John Kirby mengatakan perpisahnya Filipina dengan Amerika Serikat sangat bertentangan karena selama ini telah terjalin hubungan yang erat dengan masyarakat Filipina.

"Kedekatan bukan hanya dengan masyarakat tetapi dengan berbagai tingkatan dan bukan hanya dekat dari perspektif keamanan saja," kata John Kirby di Washington pada hari Jumat (21/10).

Dia mengatakan pihaknya akan meminta penjelasan mengenai pernyataan dari Presiden Filipina yang memiliki keinginan untuk tidak bekerja sama dengan Amerika Serikat.

“Kami akan mengirim Asisten Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Daniel Russel ke Filipina untuk memenuhi kunjungan yang sudah lama dijadwalkan." kata dia

Sementara itu, Juru Bicara Gedung Putih Amerika Serikat Eric Schultz mengatakan pemerintah Amerika Serikat belum menerima pemberitahuan  mengenai niatan Presiden Filipina Rodrigo Duterte untuk tidak bekerja sama lagi dengan Amerika Serikat.

“Kami belum menerima permintaan resmi dari pejabat Filipina untuk berbagai isu dimana kami melakukan kerjasama bilateral,” kata jurubicara Gedung Putih Eric Schultz kepada wartawan.

Sebelumnya, Presiden Filipina Rodrigo Duterte pada pertemuan pemimpinan Tiongkok pada Forum Bisnis di Beijing mengumumkan perpisahaan dari Amerika Serikat baik dari militer maupun ekonomi.

“Amerika sudah kalah. Saya sudah menyesuaikan dengan aliran ideologi Anda, dan kemungkinan saya juga akan pergi ke Rusia untuk bicara dengan Putin dan memberitahu dia bahwa ada tiga negara menantang dunia, China, Filipina, dan Rusia,” kata Duterte. (Voa Indonesia)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home