Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 09:01 WIB | Minggu, 04 Oktober 2015

AS Hujani Bom Rumah Sakit MSF Afganistan, 19 Tewas

Rumah sakit MSF di Kunduz pada Sabtu (3/10) dihujani bom oleh pasukan AS-Afganistan. (Foto: MSF)

SATUHARAPAN.COM – Dokter Tanpa Perbatasan (Médecins Sans Frontières/MSF) mengatakan sedikitnya 19 orang, termasuk 12 dari stafnya, telah tewas akibat pengeboman, Sabtu (3/9) terhadap rumah sakit di kota Kunduz, Afganistan.

Di antara korban jiwa dalam serangan Sabtu subuh ini termasuk tiga anak. Serangan ini juga melukai 37 orang, termasuk 19 staf MSF, 18 pasien dan pengasuh, menurut amal MSF.

Dalam sebuah pernyataan pada Sabtu, kantor Presiden Ashraf Ghani mengatakan Jenderal Angkatan Darat John Campbell, kepala pasukan pimpinan Amerika di Afganistan telah meminta maaf atas insiden tersebut.

Pejabat MSF sebelumnya mengatakan kepada Reuters bahwa mereka “panik menelepon” NATO dan Washington DC, saat hujan bom menimpa rumah sakit selama “hampir satu jam”.

Koalisi pimpinan AS juga telah mengakui meluncurkan serangan udara “terhadap individu yang menyerang mereka”.

“Serangan tersebut telah mengakibatkan kerusakan jaminan untuk fasilitas medis terdekat. Kejadian ini sedang diselidiki.”

Sebelumnya, NATO mengatakan bahwa serangan udara AS “mungkin telah” menyerang rumah sakit, yang dijalankan oleh badan amal medis dari Prancis ini. NATO menambahkan bahwa serangan itu mungkin telah mengakibatkan kerusakan parah.

Rumah sakit MSF dipandang sebagai penyelamat medis kunci di Kunduz, yang sudah berjalan “melebihi kapasitas” dalam beberapa hari terakhir pertempuran. Terutama setelah Taliban menguasai ibukota provinsi ini selama beberapa hari.

Pusat trauma di sini adalah satu-satunya fasilitas medis di wilayah yang dapat menangani luka berat.

“Pada 02:10 [Sabtu, pukul 06.00 WIB] waktu setempat ... pusat trauma MSF di Kunduz diserbu beberapa kali selama pengeboman yang berkelanjutan dan rusak sangat buruk,” kata MSF dalam sebuah pernyataan, Jumat waktu Prancis (atau Sabtu pagi WIB).

Pada saat pengeboman, ada 105 pasien dan perawat mereka dan lebih dari 80 MSF staf internasional dan nasional yang hadir di rumah sakit, kata badan amal. Padahal koordinat rumah sakit diketahui oleh militer AS dan Afganistan.

MSF mengatakan telah memberi koordinat rumah sakit untuk pasukan Afganistan dan AS beberapa kali untuk menghindari terjebak dalam baku tembak.

“Walaupun MSF berada di tengah konflik, lokasi-lokasi yang tepat telah disampaikan kepada semua pihak pada beberapa kesempatan selama beberapa bulan terakhir, termasuk yang terakhir pada 29 September,” menurut perwakilan MSF Afganistan.

Pengeboman dilaporkan berlangsung selama lebih dari 30 menit kantor militer AS dan Afganistan di Kabul dan Washington pertama kali diberi tahu.

“MSF mendesak mencari kejelasan tentang apa yang terjadi dan bagaimana hal mengerikan ini bisa terjadi,” kata MSF.

Setelah serangan itu, badan amal medis mendesak semua pihak yang terlibat dalam kekerasan untuk menghormati keselamatan fasilitas kesehatan, pasien, dan staf.

Berbicara kepada Al Jazeera, juru bicara Taliban Zabiullah Mujahid mengatakan bahwa tidak ada pejuang Taliban yang ada di rumah sakit pada saat serangan udara.

“Kami mengutuk pengeboman di rumah sakit. Ini adalah serangan yang dilakukan pada orang-orang yang tidak bersalah.” Zabiullah mengatakan kepada Al Jazeera.

“Mujahidin kami tidak dirawat di pusat trauma MSF karena berlaku kondisi militer. Serangan tersebut oleh pasukan AS telah terjadi di Afganistan selama bertahun-tahun sekarang. Serangan ini sekali lagi adalah warna kejam dari penjajah ke Afganistan ,” dia menambahkan.

Rumah sakit MSF adalah satu-satunya fasilitas dari jenisnya di seluruh wilayah timur laut Afganistan.

Namun, juru bicara kementerian dalam negeri Afganistan mengklaim pejuang menyerang pasukan keamanan dengan tembakan dan granat dari daerah dekat rumah sakit.

“Menurut informasi kami, Taliban bersembunyi di gedung rumah sakit dan daerah sekitarnya saat menyerang pasukan kami,” kata Sediq Sediqqi.

“Kami menilai dan mengevaluasi kerusakan untuk fasilitas medis. Namun, dalam hal apa pun, keselamatan warga sipil datang pertama,” tambah juru bicara itu.

Perawat di rumah sakit, yang terluka parah dalam serangan udara, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa staf medis klinik tidak mendukung pihak siapa pun yang berkonflik.

“Kami di sini untuk membantu dan mengobati warga sipil,” kata Abdul Manar.

“Beberapa wanita dan anak-anak juga tewas dalam serangan itu. Saya bisa mendengar mereka berteriak minta tolong dalam rumah sakit saat terbakar oleh pengeboman. Kami ketakutan dan tidak mampu berkata-kata.”

Pertempuran untuk Kunduz

Perkembangan itu terjadi sehari setelah pemerintah Afganistan mengklaim berhasil telah merebut kembali bagian dari Kunduz dari pejuang Taliban, yang telah menguasai kota strategis sejak Senin.

Namun, Taliban mengklaim tetap mengendalikan sebagian besar Kunduz. Kunduz sedang menghadapi krisis kemanusiaan, dengan ribuan warga sipil yang terperangkap dalam baku tembak antara pasukan pemerintah dan pejuang Taliban.

Kerugian tepat dalam pertempuran itu tidak diketahui, namun MSF mengatakan setidaknya 60 orang tewas dan 400 terluka.

Saat pertempuran menyebar ke provinsi Badakhshan, Takhar, dan Baghlan, kekhawatiran meningkat bahwa perebutan Kunduz hanyalah langkah pertama strategi Taliban untuk memperketat cengkeraman di Afganistan utara.

Pasukan Afganistan, yang didukung oleh pasukan khusus NATO dan serangan udara AS, telah mendatangi rumah-rumah di Kunduz dalam upaya untuk mengusir pejuang Taliban keluar dari kota.

Reporter Al Jazeera, Qais Azimy, melaporkan dari Puli Khumri, sekitar 130 km dari Kunduz, mengatakan pertempuran berat masih berlangsung di pusat kota Kunduz.

“Sumber dalam kota melaporkan bentrokan berat antara Taliban dan tentara Afganistan. Tidak ada garis antara kedua belah pihak, sehingga pertempuran tersebut berlangsung dari jalan ke jalan pada saat ini.”

“Orang-orang di dalam kota menderita. Ada kekurangan makanan, air, dan listrik,” kata wartawan kami.

Serangan Taliban di Kunduz, keberhasilan taktis terbesar mereka sejak tahun 2001, menandai pukulan besar bagi pasukan Afganistan—dahulu didukung AS—yang sebagian besar telah berjuang sendiri sejak Desember lalu.

Korban sipil dan militer yang disebabkan oleh pasukan NATO telah menjadi salah satu isu yang paling diperdebatkan dalam kampanye 14 tahun terhadap Taliban, memprovokasi kritik publik dan pemerintah yang keras.

Pasukan NATO pimpinan AS mengakhiri misi tempur mereka di Afganistan Desember lalu, meskipun begitu kekuatan sisa 13.000 tetap untuk pelatihan dan operasi kontraterorisme.

Namun telah terjadi eskalasi dalam serangan udara oleh pasukan NATO dalam beberapa bulan terakhir setelah penarikan. (Aljazeera)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home