Loading...
DUNIA
Penulis: Dany Brakha 14:04 WIB | Rabu, 17 April 2013

AS Kembali Diserang : Surat Beracun Dikirim Ke Gedung Capitol Hill

Roger Wicker. (foto: Guardian)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM - Sebuah surat misterius yang mengadung racun dikirimkan untuk salah satu anggota senat Amerika Serikat. Kejadian ini berdekatan dengan peristiwa pemboman di acara Boston Marathon (15/04).

Selasa siang (17/04) seorang senator partai Republik AS asal Mississippi yang bernama Roger Wicker mendapat kiriman surat beracun yang tidak diketahui pengirimnya. Berdasarkan lansiran CNN laju surat tersebut dapat digagalkan oleh fasilitas sirkulasi surat Gedung Capitol Hill.

“Masalah ini sedang diselidiki oleh kepolisian dan FBI”, kata Roger Wicker. Dia menambahkan, “kami sangat berterimakasih atas ketekunan dan kerja keras para penegak hukum sehingga komplek Capitol Hill ini tetap aman. Saya dan istri sangat menghargai dukungan dan doa saudara semua”.

Semenjak terjadi serangan virus antrax melalui surat yang menyebabkan diberhentikannya Kongres tahun 2001, tiap surat yang ditujukan untuk penghuni Capitol Hill harus melewati pemeriksaan rutin. Ketua Komite Keamanan Dalam Negeri AS Michael McCaul mengatakan, “sistem keamanan ini bekerja sehingga surat yang positif mengadung racun itu tidak sampai ke kantor senator”.

Kejadian ini mengingatkan insiden serupa yang pernah terjadi seperti serangan kepada senator Tom Daschle, Vermont Sen, Patrick Leahy dan lainnya (2001). Ditemukannya surat beracun di ruang kantor senator Bill First (2004).

Dampak racun risin dapat menyebabkan mual, muntah, diare, pendarahan lambung dan shock. Dengan dosis tertentu dapat menyebabkan kematian dalam waktu tiga sampai lima hari. Risin menyebabkan pendarahan internal, kematian jaringan, dan kegagalan fungsi organ utama. Racun ini populer di kalangan internasional di era 80an.

Editor : Yan Chrisna


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home