Google+
Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 21:39 WIB | Selasa, 20 November 2018

AS Mulai Operasikan Jaringan 5G di Beberapa Kota Besar

Kongres Ponsel dunia di Shanghai Tiongkok memamerkan jaringan 5G. Tiongkok mengungguli AS dalam mengembangkan jaringan 5G, yang saat ini baru beroperasi di beberapa kota besar AS. (Foto: VOA)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Kota-kota seperti Houston, Indianapolis, Los Angeles atau Sacramento, kini dapat mengakses jaringan 5G. Sementara di kota-kota lain, tampaknya masih harus bersabar karena jaringan 5G belum sepenuhnya beroperasi.

Masa depan terbentang luas di Monaco, kota beriklim tropis di mana jaringan 5G kini dapat digunakan secara luas. Sejumlah antenna memungkinkan Monaco menjawab tuntutan kebutuhan jaringan 5G.

Pejabat Monaco Telecom Patrick Bouffel mengatakan, “Kami sedang dalam proses memasang antena di hampir semua atap rumah karena tujuan kami adalah membuat jaringan ini ada di seluruh Monaco. Antena yang Anda lihat di belakang saya ini juga masih dalam proses pemasangan. Dengan antena-antena ini, cakupan 5G ada di mana-mana.”

Apakah itu jaringan 5G? Singkatnya ini adalah jaringan yang membuat piranti nirkabel Anda memiliki kemampuan yang jauh luar biasa, lebih cepat dan lebih efesien.

Pejabat lain Monaco Telecom Martin Perronet mengatakan, “Jaringan 5G ini sepuluh kali lebih kuat sehingga memungkinkan kami menyediakan cakup bagi lebih banyak orang. Jaringan 5G mengurangi waktu tunggu koneksi hingga sepuluh kali, sehingga kita jadi lebih cepat terhubung. Ini sangat penting untuk piranti-piranti canggih yang baru seperti “connected cars” atau kendaraan yang dilengkapi dengan akses internet dan membutuhkan jaringan nirkabel super cepat. Jaringan 5G juga memungkinkan setidaknya sepuluh kali lebih banyak koneksi per meter per segi, dan ini merupakan faktor penting dalam revolusi teknologi.”

Sudah ada beberapa produk 5G di pasaran, tetapi jaringan yang mereka butuhkan masih belum cukup berhasil.

Para pakar mengatakan seperti kehidupan kita, rumah dan mobil menjadi semakin terhubung, dan kita membutuhkan bandwith baru untuk mengoperasikan semua hal itu.

Beberapa kota di Amerika sudah mengoperasikan jaringan 5G tetapi kecepatan layanannya masih belum sempurna, setidaknya hingga akhir tahun depan atau bahkan tahun 2020.

Selain Monaco, beberapa negara lain yang siap mengoperasikan jaringan 5G adalah Korea Selatan, Tiongkok, Jepang dan tentu saja – Amerika. (VOA)

 

Editor : Melki Pangaribuan

Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home