Loading...
MEDIA
Penulis: Bayu Probo 20:19 WIB | Jumat, 25 April 2014

AS Prihatin dengan Penangkapan Jurnalis Azerbaijan

Rauf Mirkadyrov. (Foto: Asbarez.com)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM –  Amerika Serikat mengatakan bahwa pihaknya prihatin dengan penangkapan seorang jurnalis terkemuka di Azerbaijan yang telah dituduh sebagai mata-mata Armenia.

“Kami mengikuti laporan perkembangan Rauf Mirkadyrov dengan saksama, pendeportasiannya dari Turki dan penangkapannya di Azerbaijan,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki, Kamis (24/4).

Pihak kejaksaan Azerbaijan mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin bahwa Mirkadyrov telah didakwa dengan pengkhianatan tingkat tinggi setelah dia “direkrut oleh dinas rahasia Armenia pada 2008 dan menyajikan informasi kepada Yerevan tentang rahasia negara Azerbaijan.”

Mirkadyrov adalah koresponden politik untuk surat kabar independen Zerkalo yang berbahasa Rusia, atau Mirror, yang diterbitkan di Azerbaijan.

Dia ditahan pada Minggu di ibu kota Baku, Azerbaijan setelah dideportasi di hari sebelumnya dari Turki, di mana ia telah ditempatkan selama beberapa tahun.

Amerika Serikat “terusik oleh penangkapannya yang mendadak saat tiba di Baku,” kata Psaki.

“Kami juga terganggu dengan tuduhan bahwa penangkapannya dikaitkan dengan pemberitaan kritisnya tentang pemerintah Azerbaijan atau partisipasinya dalam program people to people yang bertujuan untuk meredakan ketegangan dan membangun kepercayaan di wilayah tersebut .” (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home